Tuesday 29 April 2014

Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Ikan Kembung - Iwak.Info - Blog Jenis - Jenis Ikan

Mengenal Lebih Dekat <b>Jenis</b>-<b>Jenis Ikan</b> Kembung - Iwak.Info - Blog Jenis - Jenis Ikan


Mengenal Lebih Dekat <b>Jenis</b>-<b>Jenis Ikan</b> Kembung - Iwak.Info

Posted: 25 Apr 2014 12:00 AM PDT

Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Ikan Kembung - Assalammu'alaikum, bekerja memang akan banyak menyita waktu kita dan tentunya juga menyita pikiran dan energi yang tidak sedikit, dan itu juga yang teman teman semua rasakan, namun walaupun di antara teman teman ada yang sudah tidak sekolah dan sudah memasuki dunia kerja, namun kewajiban untuk belajar tidak pernah terhenti luangkan lah sedikit waktu teman teman untuk mengevaluasi seberapa jauh daya simpan otak anda, karena sebenarnya banya sekali informasi yang harus teman teman ketahui sebenarnya. Seperti hal nya tema yang akan iwak.info bahas pada kesempatan kali ini. kemaren kita telah kenyang membahas "ikan gurami" dari itu sekarang kita akan membahas topik lain, namun masih dari dunia ikan. dan topik kali ini aadalah ikan kembung.

Ikan Kembung

Ikan Kembung merupakan nama dari sekelompok jenis ikan yang tergolong dan termasuk ke dalam marga Rastrelliger yanf berasal dari suku Scombridae. Meskipun memiliki ukuran tubuh yang kecil, sebenarnya ikan kembung ini masih memiliki kekerabatan dengan banyak ikan seperti ikan tenggiri, ikan tongkol, ikan tuna dan ikan madidihang serta ikan makerel. Di daerah Ambon, ikan kembung ini telah dikenal dengan nama lain yaitu lema atau ikan tatare, dan  di daerah Makassar, orang disana menyebutnya dengan ikan banyar atau ikan banyara. Ikan Kembung termasuk dalam ikan pelagis kecil yang mempunyai nilai ekonomis atau nilai jual yang menengah, sehingga ikan kembung ini terhitung sebagai komoditas perdagangan ikan laut yang penting bagi nelayan nelayan lokal tanah air. Ikan Kembung biasa dijual dalam keadaan segar atau harus diproses dulu menjadi bentuk lain yaitu ikan pindang atau pun ikan asin agar lebih tahan lama dan tidak cepat busuk.

Di Daerah perairan laut Nusantara telah dikenal tiga spesies dari ikan kembung, yakni:

  • Rastrelliger brachysoma (Bleeker, 1851), atau biasa dikenal dengan ikan kembung perempuan
  • Rastrelliger faughni Matsui, 1967, ikan ini yang biasa dikenal dengan ikan kembung
  • Rastrelliger kanagurta (Cuvier, 1817), ikan ini dikenal dengan ikan kembung lelaki

Pasti informasi ini bermanfaat untuk teman teman semua jika teman teman mau menelaah lebih jauh, makanya teman teman harus tersu belajar ya, semangat selalu

advertisements

No comments:

Post a Comment