Sunday 6 April 2014

RAGAM JENIS IKAN KAKAP BUDIDAYA | nahjoy.com - Blog Jenis - Jenis Ikan

RAGAM <b>JENIS IKAN</b> KAKAP BUDIDAYA | nahjoy.com - Blog Jenis - Jenis Ikan


RAGAM <b>JENIS IKAN</b> KAKAP BUDIDAYA | nahjoy.com

Posted: 26 Feb 2014 08:34 PM PST

RAGAM IKAN KAKAP BUDIDAYA

Nama "kakap" ternyata mewakili beberapa jenis ikan. Ikan bernilai ekonomi tinggi ini banyak hidup di perairan Indonesia, namun hanya 5 jenis yang bisa dibudidayakan.

Kakap salah satu komoditas perikanan laut yang laku diperdagangkan, baik dalam bentuk segar maupun olahan. Untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat, budidayanya mutlak diperlukan. Namun usaha budidaya ini tidak mudah, karena belum semua jenisnya bisa dikembangbiakkan.

Umumnya masyarakat mengenal dua "golongan" kakap, yaitu kakap merah dan kakap putih. Ternyata kedua "golongan" tersebut terdiri dari beberapa spesies yang masing-masing memiliki ciri khas.

Kakap Putih

Di pasar internasional ia disebut seabass. Saat ini ada dua jenis yang bisa dikembangbiakkan, yaitu kakap pelak (Lates calcarifer) dankakap batu (Psammoperca waigiensis). Ciri umumnya, bentuk tubuh memanjang agak pipih, lengkung punggungnya tinggi dan menurun tajam ke arah kepala, serta tidak mempunyai gigi.

kandungan gizi ikan kakap, jenis ikan kakap, klasifikasi ikan kakap, gambar ikan kakap, manfaat ikan kakap, gambar ikan kakap, ikan kakap asam manis, morfologi ikan kakap merah, ikan kakap putih

Kakap pelak (Lates calcarifer)

Ciri khususnya, kakap pelak memiliki garis rahang melewati mata. Mata itu lebih kecil dibandingkan dengan mata kakap batu. Panjangnya bisa mencapai 170 cm. Tubuh bagian atas berwarna cokelat kehitaman, sedang bagian bawahnya keperakan. Sirip ekor dan sirip duburnya berwarna hitam. Benihnya sudah bisa diproduksi secara massal dengan perkawinan.

Kakap batu mempunyai ciri-ciri mata besar, garis rahang hanya sampai garis tengah mata, warna tubuh bagian atasnya cokelat kemerahan, serta ada sedikit warna perak pada kepala dan perutnya. Ukuran tubuhnya relatif kecil, panjang hanya sampai 32 m.

Baca Juga Artikel Tambak dan Budidaya Ikan Lainnya :

Habitat kakap pelak meliputi perairan laut, payau, dan sungai-sungai. Biasanya ikan ini bisa ditangkap dengan jaring, sero, bagan, bubu, dan pancing. Sementara kakap batu umumnya hanya menghuni perairan laut dan tidak dapat ditangkap dengan sero dan bagan.

Kakap Merah. Baca Ke –> Page / Halaman 2

. Tags:

No comments:

Post a Comment