Sunday 13 April 2014

Jenis Ikan yang terbaik dan aman bagi ibu Hamil - Blog Jenis - Jenis Ikan

<b>Jenis Ikan</b> yang terbaik dan aman bagi ibu Hamil - Blog Jenis - Jenis Ikan


<b>Jenis Ikan</b> yang terbaik dan aman bagi ibu Hamil

Posted: 06 Apr 2014 06:23 AM PDT

 Ikan yang baik bagi ibu hamilBagi seorang ibu yang sedang hamil, mencukupi kebutuhan gizi yang baik sangat diperlukan. Ibu hamil sangat memerlukan gizi untuk mempertahankan vitalitas dan kekebalan tubuh, sementara bayinya memerlukan nutrisi yang cukup untuk perkembangan yang baik. Dalam hal ini Ikan adalah makanan yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Ikan terutama kaya akan asam lemak omega 3, yang sangat diperlukan bagi perkembangan otak bayi. Sementara bagi si Ibu, omega 3 juga diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya. Tak hanya itu saja, ikan juga merupakan salah atau sumber protein hewani selain daging dan telur. Secara umum semuanya diperlukan untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan manusia.

Baca juga :

Pada dasarnya semua jenis ikan baik bagi kesehatan manusia, khususnya bagi perkembangan janin dan kesehatan bumil. Namun sayangnya, para ahli menemukan bahwa beberapa jenis ikan laut termasuk makanan laut lainnya mengandung polutan yang disebut dengan merkuri.
Ikan yang mengandung merkuri yang tinggi berpotensi merugikan perkembangan sistem saraf pusat bayi, baik dikonsumsi ibu yang sedang menyusui, lebih-lebih bagi ibu yang sedang mengandung.

Merkuri bisa terbentuk pada lingkungan secara alami, dan terakumulasi dalam sebuah rantai makanan akuatik. Di banyak negara bahkan sudah ditemukan bahwa polusi juga dapat meningkatkan kadar merkuri. Namun, sebagian besar ikan yang hidup di perairan laut samudera hindia yang meliputi Australia memiliki tingkat merkuri yang sangat rendah. Tingkat rendah merkuri dari ikan yang hidup diwilayah tersebut tidak menimbulkan risiko kesehatan bagi masyarakat umum. Namun bagi Wanita hamil, menyusui, dan anak-anak di bawah enam perlu membatasi asupan makanan laut tertentu lainnya untuk mengurangi kadar merkuri.

Fakta merkuri

  • Semua ikan mengandung tingkat kadar merkuri, dan ini terjadi secara alami didalam lingkungan perairan.
  • Khususnya bagi Wanita hamil dan menyusui, wanita yang berencana hamil, dan anak-anak di bawah enam tahun dan harus membatasi mengkonsumsi beberapa jenis ikan yang dikenal tinggi merkuri tidak lebih dari satu porsi setiap dua minggu. Hal ini seperti Ikan seperti hiu, ikan todak, makarel raja, dan ikan marlin, sangat dikenal tinggi kadar merkuri – termasuk jenis ikan karang seperti kerapu.
  • Semua jenis ikan lainnya yang dikategorikan amanpun tetap harus dibatasi, yang direkomendasikan adalah 2 sampai 3 kali perminggu.
  • Merkuri tidak akan berkurang dengan teknik mengolah seperti pengalengan, pendinginan, atau memasak.

Manfaat Ikan bagi kesehatan, khususnya ibu hamil, ibu menyusui, wanita mau hamil, dan anak-anak.

  • Ikan sangat kaya akan nutrisi sehat, yang merupakan bagian penting dari diet seimbang terutama untuk wanita hamil dan menyusui.
  • Ikan mengandung asam lemak Omega – 3, yodium, vitamin B12, yang penting untuk perkembangan sistem saraf pada janin dan anak-anak.
  • Ikan juga mengandung protein tinggi dan rendah lemak jenuh.
  • Penelitian menunjukkan bahwa Omega 3 dalam bentuk alami lebih mudah diserap, daripada dalam bentuk suplemen.
  • Meningkatkan kecerdasan anak

Jenis ikan yang baik dan aman bagi ibu hamil

Masih banyak ikan yang mengandung Omega – 3 tinggi dan aman bagi wanita hamil dan menyusui.
Ikan dan makanan laut yang kadar merkuri rendah meliputi: lobster berduri, ikan forel, cumi-cumi, ikan putih, kepiting, ikan lele, mullet, Ikan teri, udang karang, ikan salmon, tiram dan tilapia. Termasuk Salmon Atlantik, salmon kaleng, tuna kalengan dalam minyak, ikan haring dan sarden, juga relatif rendah merkuri.

Baca juga : Khasiat ikan Gabus bagi Balita

Meskipun beberapa jenis ikan diketahui mengandung merkuri yang rendah, konsumsi tetap harus dibatasi untuk 2-3 kali dalam seminggu.


<b>Jenis</b>-<b>Jenis</b> Makanan Terbaik <b>Ikan</b> Nila - Hewan

Posted: 04 Apr 2014 03:56 PM PDT

Home » Ikan » Jenis-Jenis Makanan Terbaik Ikan Nila

Jenis-Jenis Makanan Terbaik Ikan Nila – Makanan adalah suatu kebutuhan yang paling wajib bagi kebutuhan mahluk hidup yang ada di alam semesta ini, karena tanpa makanan mahluk tidak akan mampu bertahan hidup cukup lama dan selain itu makanan juga harus yang mempunyai kandungan gizi dan mineral yang baik dan berguna bagi tubuh.

Jenis-Jenis Makanan Terbaik Ikan Nila

Seperti hal nya manusia makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung kandungan gizi dan mineral yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita dan begitu pula dengan ikan, ikan memerlukan makanan yang sehat agar ikan mampu bertahan hidup selain itu jika di beri makanan terbaik pasti hasil budidaya ikan nya pun akan sangat menguntungkan. Dan berikut ini adalah makanan terbaik untuk ikan peliharaan anda.

1. Makanan Nabati

Makanan nabati adalah jenis makanan yang di butuhkan oleh tubuh ikan, dimana makanan nabati ini berupa tumbutumbuhan yang kasar dan besar misal nya : sayuran, kangkung, daun talas, eceng gondok, dan daun pepaya, nah itu adalah jenis makanan yang dapat di jaikan sebagai manakan nabati yang dapat di  erikan secara langsung pada ikan  tersebut.

Selain itu ada juga yang dapat di gunakan atau di berikan untuk ikan sebagai makanan tambahan seperti : bungkil kelapa, dedak halus, daun singkong, bungkil kacang, dan tepung daun turi.

2. Makanan campuran

Makanan campuran ini adalah makanan yang di hasilkan dari campuran antara makanan nabati dan hewani, namun ikan nila tidak memakan makanan hewani tapi jika sudah menjadi makanan campuran ikan nila menyukai jenis makanan ini, dan contoh makanan ini yaitu : limbah industri pertanian, kotoran manusia dan hewan, cacing, larva, serangga, lumut, dan ganggang algae.

3. Plankton

Plankton adalah jenis mahluk hidup yang ada di air yang di hasilkan dari berbagai bahan yang terdapat di air, adapun contoh plankton yaitu : Artemia, calanus, cyclops,trigiopus, moina, brachionus, spirulina, isochrysis, tetraselmis, chorella, dan skeletonema.

4. Detritus

Jenis makanan ini berasal dari tumbuhan atau dari hewan yang telah hancur seperti kotoran hewan dan manusia, bakteri, protozoa, cendwan, limbah pertanian, alga dan lain-lain

Jenis-Jenis Makanan Terbaik Ikan

Nah itulah Jenis-Jenis Makanan Terbaik ikan Nila, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Cat : Ikan, tags: , ,

1 comment:

  1. Ternyata banyak ikan yang baik dan tidak baik yang harus dikonsumsi dan dihindari selama melakukan program kehamilan alami ya bun.

    Terima kasih atas info makanan terbaiknya, jadi bisa nambah catatan :)

    salam blog walking

    ReplyDelete