Tuesday 14 October 2014

Jenis-jenis Ikan Lele | Binatang.NET - Blog Jenis - Jenis Ikan

<b>Jenis</b>-<b>jenis Ikan</b> Lele | Binatang.NET - Blog Jenis - Jenis Ikan


<b>Jenis</b>-<b>jenis Ikan</b> Lele | Binatang.NET

Posted: 30 Aug 2014 07:53 PM PDT

Ikan Lele

Ikan lele ( Clarias Sp.) merupakan ikan budidaya yang tersebar di perariran asia dan afrika. Pada dasarnya ikan lele banyak sekali jenisnya namun hanya sedikit ikan lele yang layak di budidaya dan di konsumsi di perairan indonesia.

Di indonesia terdapat dua species dari ikan lele yang biasa di budidayakan masyarakat yaitu species Clarias Batrachus dan Clarias Gariepinus. Dari dua species ini ada beberapa yang di kategorikan lele dengan kualitas unggul, yaiut Lele Sangkuriang, Lele Dumbo,dan lele phyton.

Berikut penjelasan lengkap mengenai kekurangan dan kelebihan masing-masing ikan lele tersebut:

1. Ikan Lele Lokal

Ikan Lele Lokal

Lele lokal ( Clarias Batrachus ) merupakan lele yang paling banyak di kenal oleh masyarakat sebelum kehadiran lele Dumbo. Pada saat ini setelah mengenal lele dumbo, para petani sangat jarang sekali membudidayakan lele lokal karena pertumbuhan lele lokal yang kurang cepat . Lele lokal umur 1 tahun masih kalah besar dengan lele dumbo umur 2 bulan. Oleh karena itu untuk menekan biaya produksi masyarakan lebih memilih lele dumbo di banding lele lokal.

Lele lokal di indonesia yang paling banyak di budidayakan yaitu lele lokal yang berwarna hitam. Selain warna hitam lele lokal juga ada yang berwarna putih , belang putih dan berwarna merah, namun lele tersebut jarang di pakai untuk di budidayakan malah sering di gunakan sebagai ikan hias.

2. Lele Dumbo

Ikan Lele Dumbo

Ikan lele dumbo bukan merupakan hewan asli dari indonesia. Ikan lele dumbo ini diperkenalkan pada tahun 1985 setelah sebelumnya mengimport lele dumbo dari Taiwan. Lele Dumbo saat ini menjadi Favorit di kalangan masyarakat karena pertumbuhannya yang sangat cepat dan badannya yang besar di banding lele lokal.

Cara membedakan Lele Dumbo dan Lele Lokal yaitu dari warnanya lele dumbo memiliki warna hitam kehijauan dan mempunyai patil yang tidak beracun. Lele dumbo tidak suka membuat lobang di tanah, sehingga sangat cocok bila di budidayakan di kolam tanah. DIbalik kelebihannya dalam pertumbuhan yang sangat cepat, lele dumbo juga memiliki kekurangan dari segi dagingnya, daging lele dumbo bisa terbilang lembek di banding lele lokal. Banyak orang lebih menyukai daging lele lokal karena rasanya yang lebih enak di banding lele dumbo.

3. Ikan Lele Sangkuriang

Ikan Lele Sangkuriang

Ikan Lele Sangkuriang resmi di keluarkan oleh Departement Kelautan dan Perikanan pada tahun 2004. Lele sangkuriang merupakan hasil perkawinan dari Induk lele dumbo betina generasi ke 2 atau F2 dan lele jantan F6. Lele sangkuriang di harapkan bisa menjadi pengganti lele dumbo yang semakin hari semakin kurang produktif.

Terbukti Lele Sangkuriang yang di kembangkan oleh Balai Besar Pengembangan Air Tawar (BBPAT) Sukabumi sejak tahun 2002 ini menuai hasil yang cukup memuaskan. Ikan lele sangkuriang yang mereka kembangkan bisa lebih produktf di banding lele dumbo, lele sangkuriang mempunyai kemampuan bertelur hinigga 40.000 – 60.000 setiap pemijahan. Kemampuan fisik dari lele sangkuriang juga lebih unggul dan lebih tahan terhadap berbagai macam penyakit. Selain itu daging lele sangkuriang ini lebih enak di banding daging lele jumbo.

4. Ikan Lele Python

Ikan Lele Pyton

Ikan Lele Pyton merupakan ikan lele yang di kembangkan oleh masyarakat asli di kabupaten padeglang,pada tahun 2004. Ikan lele Pyton ini di kembangkan untuk menjawab ke khawatiran para masyarakat tentang iklim dingin kota padeglang yang hampir mencapat 17 Celcius ketika malam. Tentu suhu tersebut tidak cocok dengan ikan lele jumbo yang mereka budidayakan.

Berkat usaha para masyarakat  selama 2 Tahun, ditemukanlah ikan lele python yang merupakan hasil persilakan Ikan Lele Eks Thailand F2 dengan ikan lele lokal. Ikan Lele Pyhon ini cukup tangguh bertahan di suhu dingin di kabupaten padeglang sehingga sangat cocok di budidayakan di kabupaten tersebut. Tingkahnya yang lincah dan bentuk kepala seperti ular Phyton yang mendasari nama dari ikan lele python. Dagingnya lebih gurih,tidak lembek dan hampir menyerupai rasa dari ikan lele lokal.

Demikianlah artikel mengenai Jenis-jenis ikan lele. Jangan lupa untuk terus mengunjungi Binatang.Net untuk terus mengupdate informasi tentang Dunia Binatang. Semoga Bermanfaat .

Kata kunci pencarian:

Peluang Usaha Budidaya <b>Ikan</b> Hias Air Tawar - Theme

Posted: 02 Oct 2014 04:45 PM PDT

Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias Air TawarIkan hias banyak sekali diminati, peminatnya kebanyakan adalah kaum pria yang hobby memelihara berbagai hewan peliharaan termasuk memelihara [tag=ikan hias] baik di kolam atau akuarium. Peluang Usaha untuk berjualan ikan hias air tawar masih terbuka lebar karena memang belum banyak orang yang menjalankan usaha ini. Anda bisa mengambil kesempatan ini untuk menjadikan berjualan ikan hias air tawar ini sebagai usaha sampingan Anda .

Peminat ikan hias ini tidak hanya dari kelas menengah tapi juga kelas bawah, tentu dengan jenis ikan yang lebih biasa dan berharga tidak terlalu tinggi.

Ada berbagai jenis ikan yang bisa dijadikan sebagai ikan hias jenis air tawar dan biasa ditempatkan di akuarium contohnya seperti jenis ikan hias berikut ini

- Ikan Koi
Ikan yang pada mulainya adalah hasil persilangan dari beberapa jenis ikan mas yang kemudian menghasilkan berbagai variasi ikan baru dengan warna yang cantik dan menarik.
Percobaan penyilangan jenis ikan mas ini mulai dikembangkan di negeri jepang sekitar tahun 1820-an.
Ikan mas (Koi) adalah jenis ikan hias air tawar dan banyak diminati oleh para penyuka ikan hias. Anda juga punya peluang menciptakan jenis ikan Koi jenis baru dengan cara menyilangkan beberapa jenis ikan Koi tapi tentu Anda juga harus punya penangkaran sendiri. Tapi jika hanya ingin fokus pada penjualan saja peluang Anda adalah berburu jenis-jenis ikan Koi yang memiliki tampilan bagus.

- Ikan Cupang
Ikan Cupang adalah ikan hias khas wilayah Asia Tenggara, ikan ini termasuk ikan bandel dan tahan banting. Ikan hias jenis Cupang bisa bertahan hidup di dalam air yang tenang seperti dalam toples yang bahkan tanpa gelembung gelembung air seperti dalam akuarium. Hal ini karena ikan Cupang emmang bisa hidup di dalam air yang dangkal dan minim oksigen.

Selain diminati sebagi ikan hias, ikan Cupang juga dijadikan ikan aduan. Sangat tidak disarankan menyampur ikan Cupang dengan ikan lainnya karena Cupang nakal dan agresif. Ikan Cupang punya peluang membuat ikan dalam akuarium tidak damai.

- Ikan Arwana
Jenis ikan air tawar satu ini termasuk primadona pagi peminat ikan hias, tapi ikan Arwana memiliki harga yang cukup tinggi jadi tidak cocok buat mereka yang berkantong pas-pasan.

Ikan Arwana merupakan jenis ikan hias air tawar yang asli berasal dari perairan Indonesia, jika dulu jenis ikan ini harus dicari dialam bebas tapi saat ini bisa ditemukan dibanyak tempat karena memang banyak yang membudidayakan.

Berjualan ikan Arwana memang ada peluang mendapatkan untung besar, tapi Anda juga harus menyiapkan modal yang lumayan besar untuk memulai usaha penjualan ikan Arwana. Jika satu ikan ini harganya mencapai jutaan rupiah, silahkan dikalkulasikan sendiri.

- Ikan Guppy
Jenis ikan hias air tawar ini berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Selatan, kawasan itu temrasuk wilayah tropis sehingga ikan Guppy juga dapat dengan mudah hidup di air tawar di Indonesia yang juga beriklim tropis. Pengembangan ikan jenis ini juga tidak susah sehingga saat ini mudah untuk mendapatkan jenis ikan Guppy ini.

- Ikan Koki
Jenis ikan hias ini begitu cantik dengan ekor yang khas. Ikan Koki masih termasuk dari jenis ikan mas yang dikembangkan di Jepang, asal ikan Koki sendiri diperkirakan dari China.

Peluang usaha penjualan ikan hias jenis Koki masih terbuka luas, karena jenis ikan ini unik dan cantik jadi akan banyak orang tertarik untuk memeliharanya sebagi ikan hias di akuarium air tawarnya.

- Ikan Discus
Ikan hias satu ini termasuk ikan hias air tawar yang pembawaannya paling kalem, gerakannya sangat pelan dan lembut. Ikan jenis ini berasal dari Amerika, tepatnya dari Amazon. Bentuknya yang unik sekilas seperti bulat mirip piringan sehingga kemudian terkenal dengan nama ikan Discus.

Ikan jensi ini dikenal mudah stress sehingga butuh perawatan extra pada media tempat tinggal yang digunakan. Menjaga kebersihan akuarium sangat diperlukan jika memang memilih jenis ikan ini untuk dipelihara

- Ikan Louhan
Beberapa tahun lalu jenis ikan ini booming dan banyak diburu oleh peminat ikan hias air tawar, ada yang percaya bahwa motif yang ada pada badan ikan Louhan bisa membawa keberuntungan tersendiri bagi pemiliknya. Hal ini dipercaya oleh mereka khususnya etnis Tionghoa.

Harga ikan hias Louhan ini tinggi seperti ikan Arwana jadi untuk yang ingin mendirikan tempat usaha berjualan ikan Louhan harus menyiapkan modal yang cukup besar.
Pengembangan ikan Louhan dilakukan pertama kali di Malaysia, dan kini jenis ikan ini sudah menyebar luas.

Dari beberapa jenis ikan hias air tawar yang ada tersebut, bisa Anda jadikan sebagai sumber penghasilan baru. Hanya jika Anda memang bisa melihat peluang usaha dari sektor ini dengan baik.
Apapun itu, semuanya tetap membutuhkan usaha kerja keras dan ketelatenan.

Selain berusaha jangan lupa juga berdoa

No comments:

Post a Comment