Thursday 2 October 2014

5 Jenis Ikan Hias Air Tawar dan Penggunaan Penjernih ... - Nico Filter - Blog Jenis - Jenis Ikan

5 <b>Jenis Ikan</b> Hias Air Tawar dan Penggunaan Penjernih <b>...</b> - Nico Filter - Blog Jenis - Jenis Ikan


5 <b>Jenis Ikan</b> Hias Air Tawar dan Penggunaan Penjernih <b>...</b> - Nico Filter

Posted: 18 Sep 2014 03:51 AM PDT

5 Jenis Ikan Hias Air Tawar dan Penggunaan Penjernih Air – Penggunaan filter air untuk akuarium tidak bisa dipisahkan dari keberlangsungan hidup berbagai jenis ikan hias air tawar. Penggunaan alat ini semakin banyak dipilih karena dipercaya bisa membuat air akuarium lebih jernih, tidak keruh, bening, dan tentu saja memiliki tampilan yang sangat indah. Di samping manfaat tersebut, manfaat lain yang sangat penting adalah air yang dihasilkan oleh filter air adalah air sehat. Dengan demikian bisa menjaga kesehatan ikan hias air tawar di dalam kotak akuarium Anda.

Jenis Ikan Hias Air Tawar dan Penggunaan Penjernih Air

Pertama, ikan Louhan

Ikan Louhan memang bukan ikan sembarangan, ia tidak bisa ditemukan di alam bebas. Ikan jenis ini merupakan hasil persilangan antara ikan-ikan cichlid. Ikan yang cantik ini pertama kali ditemukan di Malaysia. Ciri khas dari ikan Louhan adalah benjolan di kepalanya dan sisik yang sangat indah. Ikan ini terbilang agresif jika dilepas di alam bebas. Bahkan, Louhan bisa menjadi predator bagi mangsa-mangsanya.

Kedua, ikan koi

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan yang populer dikembangkan di kolam ikan. Ikan jenis ini dikembangkan di Jepang dari hasil persilangan antara ikan-ikan mas. Hasilnya, ikan koi yang memiliki kulit sangat indah dengan warna merah dan putih pun didapatkan. Ruang gerak ikan jenis ini sangat luas. Ikan jenis ini mudah dikembangbiakkan, akan tetapi cukup sulit untuk mendapatkan ikan koi yang berkualitas.

Jangan lupa baca juga manfaat air reverse osomosis untuk pertumbuhan ikan hias anda.

Ketiga, ikan Arwana

Salah satu 5 jenis ikan hias air tawar dan penggunaan penjernih air yang sangat penting untuknya adalah ikan Arwana. Memiliki nama latin Scleropages sp, ikan Arwana merupakan ikan hias yang memiliki harga cukup tinggi. Bahkan, untuk satu ekor ikan Arwana, harganya mencapai jutaan rupiah. Tak heran jika untuk merawat ikan jenis ini, Anda juga perlu mengeluarkan kocek tak sedikit. Salah satunya adalah dengan menggunakan penyaring air.

Keempat, ikan koki

Ikan jenis ini mirip dengan ikan mas, karena memang masih dalam satu keluarga. Di Indonesia sendiri, ikan koki dikembangkan di wilayah Jawa Timur, khususnya di Tulungagung. Ikan jenis ini sudah banyak diekspor di berbagai penjuru dunia dan mendatangkan keuntungan bagi pemiliknya.

Kelima, ikan discus

Ikan discus memiliki tubuh yang menyerupai piringan. Warna-warna cerahnya menjadi sesuatu yang terbilang mahal dan membuat tubuhnya semakin terlihat cantik. Perawatan ikan ini menggunakan filter air hampir sama dengan ikan lainnya.

Dengan berharganya ikan hias di atas, maka jenis ikan hias air tawar dan penggunaan penjernih air seolah tidak bisa dipisahkan. Penggunaan filter air, penyaring air, dan penjernih air Nicofilter menjadi sangat penting bagi mereka.

<b>Jenis Ikan</b> Hias Air Laut | Peternak Super Marga Tiga

Posted: 25 Sep 2014 07:33 PM PDT

Jenis Ikan Hias Air Laut - Mari kita mengenal beberapa jenis ikan hias air laut yang banyak berada di indonesia. ikan laut adalah salah satu habitat makhluk hidup yang sangat misterius. di dalamnya terdapat aneka makhluk hidup yang tidak pernah kita duga, misalnya ikan hias air laut. sangat misterius dan terkadang ikan ikan hias ini berbahaya. akan tetapi di dalam lautan juga banyak sekali menyimpan berjuta juta keindahan. selain taman taman yang ada di dalam lautnya, terdapat juga beraneka ragam aneka ikan hias yang sangat cantik cantik. ikan ikan hias tersebut melengkapi pemandangan taman bawah laut yang sangat menakjubkan. memang di dunia ini lautan lebih luas daripada daratan, oleh karena itu tidak bisa di pungkiri kalau kehidupan di daratan saja sudah sebanyak itu macam makhluk dan tumbuhan yang ada, apalagi di dalam laut yang luasnya lebih dari dua kali lipat luas daratan.

Kehidupan beberapa jenis ikan air laut juga memiliki kehidupan yang sama seperti aneka hewan yang ada di daratan umumnya. mereka butuh pertahanan untuk tetap bertahan hidup di alamnya yang liar. untuk itu, sering kali kita melihat ikan hias yang hidup di laut yang berkelompok dan bersembunyi di balik terumbu karang.

Ikan hias seperti halnya hewan hewan yang ada di daratan, di laut juga banyak sekali terdapat beraneka ragam jenis ikan hias air laut. ada yang sangat cantik dan ada yang sangat berbahaya. ikan ikan cantik yang juga biasa di sebut dengan ikan hias air laut ini memiliki banyak jenis. ada beberapa aneka ikan hias air laut yang tidak semua jenis ikan hias air laut ini bisa kita pelihara. beberapa ikan hias air laut yang bisa di rawat di akuarium. 
  1. Ikan hiasWatchman Gobies
  2. Ikan hias Blue Tangs
  3. Ikan hias yellow tangs
  4. Ikan hias Wrasses
  5. Ikan hias Clowfish / Badut
  6. Ikan hias firefish
  7. Ikan hias Butterlfly Fish
  8. Ikan hias Reef Chromis biru
  9. Ikan hias Clown Gobies hijau
  10. Ikan hias Coral Beauties
  11. Ikan hias Betta
  12. Ikan Hias Tambakan
  13. Ikan hias Angelfish
  14. Ikan hias Archerfish
  15. Ikan hias Arrowana
  16. Ikan Hias Cabing
  17. Ikan Hias Hatchet

Anda juga ingin mengetahui beberapa ikan hias air laut yang menjadi favorit 

Simak beberapa daftar ikan hias air laut di bawah ini yang menjadi favorit bagi pemelihara :

Masih ingat dengan film animasi finding nemo?? adalah si tokoh utama di film itulah yang sedang kita bicarakan. ikan ini banyak di pelihara dalam akuarium karena warna yang mencolok dan lucu serta tingkahnya yang lincah. 

Bentuk mulutnya yang monyong tajam justru membuat ikan ini nampak unik dan banyak dicari. ikan ini bukan jenis ikan hias air laut indonesia. karena biasanya dijumpai di laut afrika selatan. 

sama seperti jenis jenis ikan hias air laut yang lain, ukuran akuariumnya tidak boleh terlalu kecil, minimal panjang harus 1,5 juga harus dilengkapi dengan rumput laun yang hidup dan beberapa karang sebagai tempat ikan tinggal. 

Demikianlah beberapa jenis ikan hias air laut yang bisa menjadi referensi anda, baca juga jenis jenis ikan hias air tawar , Jenis Jenis ikan hias yang sangat cantik

<b>Jenis</b>-<b>Jenis Ikan</b> Langka Perairan Indonesia - GOMUMU

Posted: 19 Aug 2014 01:06 AM PDT

Ikan merupakan jenis makhluk hidup akuatik yang mudah dijumpai di berbagai tempat di Indonesia. Jenis-jenis ikan di perairan Indonesia sangat beragam, mulai dari jenis ikan air tawar (sungai, danau, dan rawa), air payau (estuari), hingga jenis ikan air asin (laut). 

Menurut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), jenis ikan di perairan indonesia mencapai 4000 hingga 6000 jenis. Sebagian besar jenis ikan tersebut belum teridentifikasi atau belum diketahui secara ilmiah. LIPI sendiri hingga saat ini telah mengoleksi sekitar 1300 jenis ikan perairan Indonesia. 

Beberapa jenis ikan perairan Indonesia populasinya kini semakin menurun dan sebagian lagi terancam punah atau langka. Jenis-jenis ikan Indonesia yang langka tersebut mengalami ancaman akibat berbagai faktor seperti pembukaan lahan, penangkapan tanpa etika lingkungan, overfishing dan kerusakan lingkungan.

Penyebab Jenis Ikan Indonesia Menjadi Langka
Indonesia memang memiliki kekayaan ribuan jenis ikan. Namun jenis-jenis ikan tersebut pada saat ini banyak yang harus diperhatikan karena mengalami ancaman serius. Jenis-jenis ikan laut seperti, hiu, paus, dan lumba-lumba banyak yang mengalami ancaman diberbagai tempat dipelosok negeri. Mereka diburu untuk diperdagangkan. Oleh karena itulah penurunan populasinya terjadi sangat signifikan akhir-akhir ini. Pada saat ini perburuan tersebut sudah dilarang oleh pemerintah.

Seperti halnya jenis ikan laut diatas, bahkan jenis ikan yang dahulu sangat mudah dijumpai seperti ikan Belida pada saat ini terancam dan semakin sulit dijumpai.

Selain faktor yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak sekali faktor peyebab menurunnya populasi jenis-jenis ikan Indonesia. Beberapa jenis ikan menjadi langka karena mengalami tekanan lingkungan yang luar biasa. Berbagai jenis ikan seperti Pesut Mahakam dan Hiu Sentani menjadi langka karena menyusutnya habitat yang menjadi tempat hidupnya. Selain itu pembukaan hutan secara besar-besaran untuk industri kelapa sawit di Kalimantan menyebabkan pesut mahakam menjadi salah satu jenis ikan (mamalia) paling terancam punah. 

Beberapa jenis ikan lainnya menjadi terancam atau langka karena over fishing dan penggunaan alat tangkap ikan tidak ramah lingkungan. Penggunaan alat tangkap ikan seperti pukat harimau (muroami), putas (racun sianida), dan bom ikan dapat menghancurkan kelangsungan jenis ikan Indonesia. Selain itu populasi manusia yang melonjak dengan sangat menyebabkan pemenuhan kebutuhan menjadi tinggi. lahan-lahan digantikan dengan bangunan-bangunan manusia. Pembangunan ekonomi pada saat ini bahkan banyak yang mengindahkan dampak lingkungan. Pembangunan DAM, PLTA, atau Bendungan tanpa memperhatikan dampak lingkungan dapat saja memutus jalur migrasi jenis-jenis ikan yang bermigrasi ke daerah hulu, seperti halnya ikan sidat. Ikan yang tidak dapat bermigrasi tidak akan dapat melakukan peneluran untuk beregeneras, sehingga bisa dipastikan populasinya menurun dan lambat laun dapat terancam punah.

Catatan terakhir yang perlu kita ketahui bahwa penurunan populasi jenis-jenis ikan sebagian besar karena rusaknya habitat. Penebangan hutan mangrouve dapat menghilangkan tempat utama berbiak jenis-jenis ikan laut dan estuari. Sebagai contoh, sejak pembukaan tambak di Pesisir Timur Lampung pada tahun 80'an menyebabkan ribuan nelayan harus pergi ratusan Km untuk mencari ikan. Berbagai jenis ikan membutuhkan komponen lingkungan yang sesuai untuk hidup. Dengan hilangnya berbagai komponen lingkungan tersebut menyebabkan berbagai jenis ikan tidak mampu bertahan.

Jenis Ikan Langka Indonesia
Ternyata sudah banyak sekali jenis ikan perairan Indonesia yang terancam dan menjadi langka. Selain jenis-jenis yang umum seperti ikan napoleon, peang atau arwana, belida, pesut, hiu sentani, ikan raja laut,  dll. Ternyata masih banyak jenis ikan yang populasinya terus menurun dan menjadi langka. Beberapa jenis diantaranya masih belum familiar ditelinga kita. Berikut Gomumu himpun secara singkat pada bahasan dibawah ini: 

  1. Ikan Balashark
    Ikan Balashark atau Radiangaus (Balantiocheilos melanopterus) merupakan jenis ikan hias yang banyak dipelihara oleh masyarakat. Ikan kecil yang dapat ditemukan di Pulau Sumatera, Pennisular Malaysia, dan Kalimantan ini populasinya kian hari kian menyusut dan diambang kepunahan. Bahkan kalau dilihat dari status konservasinya, IUCN telah memasukannya dalam status vurnerable (Vu) atau rentan, dimana beresiko tinggi terhadap kepunahan. Ikan Balashark banyak yang ditemukan telah punah secara regional di beberapa tempat. Di Indonesia tepatnya di Danau Sentarum, Kalimantan, pada tahun 1993-1995 dilaporkan terjadi penurunan populasi yang sangat drastis sejak tahun 1975.

  2. Wader Goa
    Ikan Wader Goa (Puntius microps) merupakan ikan wader endemik Pulau Jawa yang biasa ditemukan di goa-goa. Oleh karena itulah ikan ini dinamai sebagai ikan wader goa. Biasanya wader goa hidup pada badan air di dalam goa yang gelap. Dalam sebuah penelitian diungkapkan bahwa indra pengelihatan ikan ini tidak aktif atau bisa dikatakan ikan ini buta. Di Indonesia jenis ikan ini dilindungi oleh PP Nomor 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

  3. Ikan Kadal atau Selusur Maninjau
    Ikan Kadal (Homaloptera gymnogaster) merupakan jenis ikan asli Indonesia yang dapat ditemukan di Pulau Sumatera. Jenis  ikan yang dapat ditemukan di perairan berarus deras atau jeram pada dataran tinggi ini pernah tercatat di Danau Maninjau, Jambi, Sungai Bohorok Sumatera Utara, dan Danau Gunung Tujuh perbatasan antara Jambi dan Sumatera Barat. Seperti halnya ikan wader goa, ikan kadal juga dilindungi oleh PP Nomor 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

No comments:

Post a Comment