Tuesday 25 August 2015

Jenis-Jenis Ikan Lele Terbesar Di Dunia Yang Pernah Tertangkap ... - Blog Jenis - Jenis Ikan

<b>Jenis</b>-<b>Jenis Ikan</b> Lele Terbesar Di Dunia Yang Pernah Tertangkap <b>...</b> - Blog Jenis - Jenis Ikan


<b>Jenis</b>-<b>Jenis Ikan</b> Lele Terbesar Di Dunia Yang Pernah Tertangkap <b>...</b>

Posted: 22 Aug 2015 09:19 PM PDT

Ikan Lele Raksasa, Ikan Lele Terbesar di Dunia

Lele Raksasa

Siapa tidak kenal Ikan Lele? Sehari-hari mungkin kita banyak menemui kuliner ikan lele mulai dari mangut lele sampa pecel lele. Tentu tidak terbayangkan jika kita menemui lele terbesar seperti dibawah ini dan dibuat kuliner pecel lele, bagaimana menyediakan piringnya hehe..he. Berikut ini adalah beberapa Ikan Jenis Lele atau Catfish terbesar di dunia yang pernah tertangkap oleh manusia.

Ikan lele ini tersebar diseluruh dunia seperti Amerika, Eropa, Afrika dan Asia. Dari beberapa jenis tersebut ada beberapa jenis atau famili lele yang ukurannya bisa dibilang raksasa atau sering disebut lele terbesar di dunia, seperti dibawah ini:

Wels Catfish

Red Tail Catfish

Mekong Giant Catfish
Blue Catfish

Jau Catfish
Piraiba Catfish
Sareng Catfish (Wallago)
Vundu Catfish
Goonch Catfish

Wels Catfish. Wels Catfish merupakan ikan lele asli yang berasal dari kawasan Eropa Tengah dan Timur, namun akibat dilepaskannya beberapa ekor di Eropa bagian Barat, maka Wels Catfish dapat ditemukan di Spanyol hingga Inggris. Wels Catfish dapat tumbuh hingga mencapai 2.2 meter dan berat 180 kg.

Piraiba Catfish. Piraiba merupakan ikan lele yang berbentuk ramping dan menyerupai ikan hiu. Panjangnya mencapai 3.6 meter dan mencapai 200 kg. Piraiba diduga pernah memangsa manusia.

Sareng Catfish (Wallago).  Sareng Catfish merupakan ikan lele yang mayoritas berasal dari India, dimana ikan ini memiliki kecenderungan bersifat agresif, akibat kebudayaan India yang menghanyutkan mayat-mayat di sungai, sehingga menjadi santapan Sareng Catfish. Ikan lele ini juga tercatat memangsa bebek, anjing dan bahkan anak-anak kecil.

Vundu Catfish. Vundu merupakan ikan lele raksasa asal Afrika yang menghuni perairan Kongo, Zimbabwe, Zambia, Tanzania dan Uganda. Vundu memilik tubuh yang menyerupai ular dan memiliki kecepatan tinggi dan sangat kuat, sehingga mampu menarik seseorang yang memancing di daratan hingga tenggelam. Vundu dapat mencapai panjang 1.5 meter dan berat 55 kg.

Goonch Catfish. Goonch merupakan ikan lele yang berasal dari Sungai Kali, India. Goonch merupakan salah satu ikan lele yang dianggap paling berbahaya. Dengan panjang 2 meter dan berat hinga 75 kg, Goonch memiliki gigi yang tajam dan dilaporkan memangsa manusia dan memakan mayat manusia yang dihanyutkan di sungai di India.

Red Tail Catfish. Red Tail Catfish menghuni sungai-sungai di Amerika Selatan seperti Amazon, Orinoco dan Essequibo. Ikan lele yang dapat mencapai panjang 2 meter dan berat 100 kg ini mayoritas ditemukan di Brazil dan Venezuela. Ciri khas dari ikan lele ini adalah ekornya yang berwarna merah serta kepalanya yang besar dengan tulang tengkorak yang cukup panjang dan keras. Meskipun ikan lele jenis ini bisa tumbuh menjadi raksasa, namun mereka relatif tidak berbahaya bagi manusia.

Mekong Giant Catfish. Mekong Giant Catfish adalah penghuni Sungai Mekong di Thailand. Spesies yang terancam punah ini memiliki panjang hingga 3 meter dan dapat mencapai bobot 300 kg!

Blue Catfish. Blue Catfish merupakan salah satu ikan lele raksasa yang ditemukan di kawasan Amerika Utara, khususnya di Sungai Mississippi. Ikan lele ini dapat mencapai berat 70 kg dan panjang 1.6m.

Jau Catfish.  Jau Catfish adalah spesies yang menghuni Sungai Orinoco dan Amazon di Amerika Selatan dan dapat mencapai panjang 1.4m dan berat 60 kg.

Restoking Dapat Mempertahankan Keanekaragaman <b>Jenis Ikan</b>?

Posted: 28 Jul 2015 03:33 AM PDT

Jumlah Jenis Ikan di Indonesia

Jumlah jenis ikan di dunia diperkirakan ada 40.000 jenis yang terdiri dari 13.000 jenis ikan air tawar. Di Indonesia terdapat 8000 jenis ikan dimana terdiri dari 6700 jenis ikan laut dan 1300 jenis ikan air tawar. Di tingkat dunia, dari 40.000 jenis ikan yang ada, sebanyak 32.800 jenis sudah dapat didiskripsikan (data sampai Juni 2014). Di Indonesia jumlah jenis ikan air tawar yang sudah dapat di-diskripsi-kan sudah mencapai 1218 jenis. Dari data tersebut, Indonesia adalah wajar jika menempati urutan kedua setelah Brazil dalam hal sebagai negara mega biodiversitas.

Tingginya keanekaragaman jenis ikan di Indonesia, di satu sisi dapat membawa berkah bagi kemajuan ekonomi nasional, namun di sisi lain, karena saking banyaknya keanekaragaman jenis yang dimiliki dapat menjadikan terlena untuk mengontrol populasinya seperti akibat penangkapan berlebih atau karena akibat dampak kegiatan manusia yang merusak lingkungannya. Masuknya jenis ikan dari luar (introduksi), baik sengaja maupun tidak sengaja, akan menambah permasalahan terhadap keberadaan / kelestarian ikan asli dan ikan endemik Indonesia. Ikan introduksi umumnya memiliki daya adaptasi yang lebih tinggi terhadap kualitas lingkungan perairan yang buruk sekalipun. Dan ikan introduksi umumnya lebih agresif dalam pemangsaan. Sehingga posisi ikan introduksi menjadi ikan pemangsa bagi ikan asli dan ikan endemik.

Status Perlindungan Jenis Ikan

Karena ketersedian data dasar dari aspek biologi dan populasi ikan asli dan ikan endemik Indonesia belum banyak, malah banyak yang berstatus data defisien (DD) sehingga kebijakan pengelolaan termasuk perlindungannya, belum banyak dilakukan.  Berbeda dengan kebijakan perlindungan untuk kelompok organisme lainnya, seperti untuk mamalia, burung, dan serangga.

Sampai saat ini baru 7 jenis ikan yang berstatus dilindungi berdasarkan PP No. 7 tahun 1999, yaitu: ikan selusur maninjau (Homaleptera gymnogaster), ikan raja laut (Latimeria menadoensis), belida jawa, lopis jawa (Notopterus spp.) hiu pari sentani (Pristis spp.), wader goa (Puntius microps), peyang malaya (Scleropages formosus), dan arowana irian (Scleropagus jardinii). Dan beberapa jenis ikan yang dilindungi dengan beberapa aspek pemanfaatannya, berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan, seperti: ikan sidat (Anguilla spp.) ikan terubuk (Tenualosa macrura) dan ikan napoleon (Cheilinus undulatus). Serta beberapa jenis yang berstatus dilindungi penuh berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan, yaitu: hiu paus (Rhincodon typus), pari manta (Manta birostris dan Manta alfredi). Baru-baru ini ada Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan yang melarang ekspor hiu koboi (Carcarinus longimanus) dan 3 jenis hiu martil (Sphyrna spp.) serta pengaturan penangkapan lobster (Panulirus spp.), kepiting (Scylla spp.), dan rajungan (Portunus pelagicus).

Jenis Jenis Ikan yang Mengalami Kerentanan Kepunahan

Beberapa jenis ikan endemik dan ikan asli yang menghadapi kerentanan kepunahan, adalah dari kelompok:

1.   Kelompok ikan air tawar endemik, seperti ikan depik (Poropuntius tawarensis), ikan batak (Neolissochilus thienemanni), dan ikan bonti-bonti (Thelmatherina spp.). ikan ikan tersebut terancam punah selain karena pemanfaatan yang berlebih juga karena adanya degradasi lingkungan,

2.   Kelompok endemik ikan laut, seperi ikan banggai (Pterapogon kauderni), ikan ini terancam punah karena penangkapan yang tinggi untuk ikan hias,

3.   Ikan air tawar sebagai ikan konsumsi, yaitu ikan tapah (Wallagonia lerri), belida (Chitala lopis), ikan patin sungai (Pangasius djambal), ikan semah (Tor spp.), dan ikan sidat (Anguilla bicolor),

4.   Kelompok ikan air tawar untuk ikan hias, yaitu: arwana (scleropages formosus), ikan ridik angus (Balantiocheilos melanopterus), dan ikan botia (Chromobotia macracantha), dan

5.   Kelompok ikan laut, seperti: kelompok tuna (Thunnus spp.), ikan napoleon (Cheilinus undulatus), dan beragam ikan hiu dan pari. 
Upaya Restoking 
Upaya mempertahankan keberadaan / keanekaragaman hayati jenis ikan adalah melalui pengkayaan stok ikan (stock enhancement). Pengkayaan stok ikan dapat dilakukan melaui 2 cara, yaitu; introduksi dan restoking. Introduksi adalah mendatang jenis ikan lain dari luar habitat ke dalam perairan baru. Cara ini umumnya dilakukan untuk olah raga mancing, namun cara ini sangat beresiko tinggi terhadap ekosistem perairan tersebut. Cara berikutnya adalah melalui restoking atau restocking, yakni dengan cara memperbanyak jenis ikan liar (wild stock) melalui domestikasi atau pembudidayaan, kemudian anakannya atau stadia yang lebih besar untuk dikembalikan ke alam habitat aslinya. Restoking memiliki kepentingan khusus dalam mempertahankan keanekaragaman hayati (biodiversitas). Oleh sebab itu, restoking bekerja sepenuhnya dengan ikan liar asli (native wild stock) dari suatu habitat perairan, yang mana sebagian dari populasinya diambil untuk dipijahkan dan anakannya dikembalikan ke habitat aslinya. Upaya restoking sering ditekankan untuk jenis ikan endemik dan ikan asli yang mengalami kerentanan kepunahannya.

(Bahan tulisan diambil dari: Buku Pedoman Umum Restoking Jenis Ikan Terancam Punah, yang disusun oleh: Didi Sadili, Haryono, M. Mukhlis Kamal, Sarmintohadi, Ihsan Ramli. Terbitan Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan. Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau Pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2015)   

Buku Pedoman Umum Restoking Jenis Ikan Terancam Punah

4 comments:

  1. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    ReplyDelete
  2. ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add pin bb 58ab14f5 || ditunggu ya^^

    ReplyDelete