Tuesday 18 August 2015

Jenis-jenis Ikan Cupang | Dunianego.com - Blog Jenis - Jenis Ikan

<b>Jenis</b>-<b>jenis Ikan</b> Cupang | Dunianego.com - Blog Jenis - Jenis Ikan


<b>Jenis</b>-<b>jenis Ikan</b> Cupang | Dunianego.com

Posted: 10 Aug 2015 12:56 AM PDT

ikan cupang dunianego

Siapa yang tak kenal dengan ikan cupang karena kemolekkan badan dan keganasan 'dia' ? Tapi tak banyak orang yang tahu kalau cupang itu tidak hanya halfmoon, plakat, serit, dan doubletail. Ternyata masih banyak jenis ikan cupang yang tidak kalah cantik dengan mereka.

Cupang (Nama Latin Betta sp.) adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Di Indonesia terdapat cupang asli,salah satunya adalah Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

Ikan cupang adalah salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup.

1. Halfmoon
Halfmoon atau sepotong bulan, seperti namanya jenis ikan cupang ini memiliki ekor dan sirip yang seolah menyatu membentuk setengah lingkaran. Berikut gambar ikan cupang jenis ini :
halfmoon1 halfmoon2
Halfmoon3 Ikan-Cupang-Halfmoon-Merah

Dan yang mirip burung merak ini, adalah halfmoon, atau setengah bulan. Sirip nya bisa mengembang sampai setengah lingkaran. Cupang ini yang mendatangkan banyak rejeki. Baik warna, sirip dan ekornya sangat memikat.
Half moon adalah cupang asal Thailand. Kurun waktu sepuluh tahun ke belakang ikan ini merambah pasaran Indonesia. Kemampuan sirip bisa mengembang hingga seratus delapan puluh derajat.

2. Ikan Cupang Serif
kan cupang serit memiliki ciri sirip bergerigi dan menjuntai panjang mirip sisir. Cupang ini berasal dari perairan Indonesia. Harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah, bila kualitasnya ekspor.

3. Ikan Cupang Plakat
Plakat bentuknya hampir sama dengan tipe petarung. Namun bila amarahnya terusik, tipe plakat ini akan mengembangkan siripnya hingga tegak melebihi 180 derajat, inilah yang membedakan dengan cupang petarung. Ikan plakat ini banyak diminati karena bentuknya yang unik, imut dan lucu. Selain digunakan sebagai ikan hias ikan cupang ini biasanya digunakan juga untuk bertarung.
Halfmoon3 plakat2

4. Double Tail (ekor ganda)
Ikan cupang Double Tail merupakan ikan cupang yang cukup unik bila kita melihat ekornya. Ikan cupang jenis ini mempunyai bentuk ekor yang terbelah menjadi dua di ekor bagian belakangnya.Ikan cupang ini juga di sebut dengan ikan cupang Cagak. Setiap sirip ekor (belahan) tersebut memiliki ukuran yang sama besar dan sama lebar.
Diduga, cupang cagak merupakan mutan dari halfmoon yang memiliki satu sirip ekor (single tail).Selain keanehan tersebut ikan cupang jenis ini memiliki pangkal sirip punggung dan sirip anal yang sama panjang. Cupang cagak yang baik tidak memiliki celah atau spasi di antara ketiga siripnya (anal, kaudal, dan dorsal). Jika mengembang sempurna, keseluruhan sirip tersebut akan membentuk satu kesatuan berupa lingkaran utuh yang simetris.

 Double Tail2 plakat2

3 comments:

  1. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    ReplyDelete
  2. permisi min, artikelnya bagus nih, coba tambahin gambar min biar lebih sempurna. Kalo bisa tambahin konten juga min tentang jenis ikan laut dalam yang udah langka.

    ReplyDelete