Thursday 13 August 2015

7 Gambar Jenis dan Cara Ternak Ikan Cupang | Ragam Tulisan - Blog Jenis - Jenis Ikan

7 Gambar <b>Jenis</b> dan Cara Ternak <b>Ikan</b> Cupang | Ragam Tulisan - Blog Jenis - Jenis Ikan


7 Gambar <b>Jenis</b> dan Cara Ternak <b>Ikan</b> Cupang | Ragam Tulisan

Posted: 05 May 2015 12:02 AM PDT

filckr.comfilckr.com

Ikan cupang cukup populer di Indonesia. Ikan ini memiliki tubuh yang indah, sehingga banyak yang mengoleksinya di aquarium. Banyak sekali jenis ikan cupang yang memiliki khas masing-masing.

Harga ikan cupang relatif murah. Namun, melihat dari peminat yang begitu banyak, maka tak ada salahnya jika kita kembangkan sebagai usaha.

Jenis Ikan Cupang

Halfmoon

Jenis ikan cupang ini sirip dan ekornya seolah membentuk setengah lingkaran. Sehingga seperti bulan paruh atau halfmoon. Berikut beberapa jenis ikan cupang halfmoon.

binatangpeliharaan.org

binatangpeliharaan.org

wawasangadis.blogspot.com

wawasangadis.blogspot.com

Plakat

Jenis ikan cupang yang paling banyak digemari yaitu ikan cupang jenis plakat. Ikan cupang ini memiliki bentuk yang cenderung pendek dan terlihat buntek. Ikan cupang plakat ini biasa dibuat tarung sehingga banyak yang menyebutnya jenis ikan cupang laga. Jika disatukan dalam aquarium, jenis ikan cupang ini akan bertarung. Sehingga banyak breeder yang dengan sengaja mengembangbiakan jenis ikan cupang ini agar menjadi kuat, agresif dan galak dengan memberikan beberapa obat-obatan sejak menetas.

Cupang Alam

Jenis ikan cupang alam ini merupakan jenis asli dari alam yang belum pernah dilakukan penyilangan atau pun rekayasa genetik. Jenis ikan cupang ini banyak terdapat di rawa, sawah atau sungai. Ada juga jenis ikan cupang langka yang memiliki harga sangat tinggi. CUpang-cupang yangkita kenal, asalnya dari jenis ikan cupang alam ini.

wikipedia.org

wikipedia.org

wikipedia.org

wikipedia.org

Double Tail Betta

Mirip dengan ikan cupang halfmoon, jenis ikan cupang ini memiliki ekor membentuk setengah lingkaran yang menyatu dengan sirip. Akan tetapi sesuai dengan namanya, ekor dari jenis ikan cupang double tail ini terbagi menjadi dua.

www.microcosmoacquari.it

www.microcosmoacquari.it

aquariadise.com

aquariadise.com

livefish.com.au

livefish.com.au

Veiltail

Jenis ikan cupang ini dulu pernah populer karena kemudahannya didapat. Namun dengan banyaknya jenis ikan cupang yang baru, jenis ikan cupang veiltail ini semakin meredup.

fishexchange.com

fishexchange.com

www.cichlids.com

www.cichlids.com

Crowntail atau Serit

Crowntail atau lebih dikenal dengan sebutan serit merupakan jenis ikan cupang yang dikembangbiakan oleh breeder asal Indonesia, tepatnya di daerah Slipi, Jakarta. Crwontail memiliki ekor seperti mahkota jika ekor tersebut dibalikan ke atas. Karena keindahan ekornya dan terlihat unik, jenis ikan cupang crowntail ini bisa mendunia.

filckr.com

filckr.com

filckr.com

filckr.com

photobucket.com

photobucket.com

Giant Betta

Seperti namanya, giant betta merupakan ikan cupang yang memiliki tubuh besar atau raksasa. Tumbuh hingga 12-15 cm, membuat jenis ikan cupang ini kurang agresif dalam berenang.

jotyabettanews.blogspot.com

jotyabettanews.blogspot.com

putrajogjakarta.wordpress.com

putrajogjakarta.wordpress.com

Memilih Bibit Ikan Cupang

Memulai ternak ikan cupang diawali dengan memilih bibit yang berkualitas [baca juga: Ikan Buntal Air Tawar]. Bibit yang baik haruslah dari keturunan unggul, bebas penyakit, kondisi bugar dan tidak ada cacat bawaan. Tempatkan terpisah antara bibit jantan dan betina.

Ikan cupang jantan memiliki ciri gerakannya lincah, warna cerah, ekor dan sirip mengembang lebar dan tubuhnya lebih besar. Sedangkan yang betina memiliki ekor dan sirip lebih pendek, tubuh lebih kecil, warna kusam dan lebih lamban.

Lakukan pemijahan ketika induk jantan dan betina siap dikawainkan atau sudah masuk fase matang gonad. Ciri-ciri induk ikan cupang siap dikawinkan yaitu:

Cupang Jantan

  1. Berumur 4-8 bulan
  2. Bentuk badan panjang
  3. Siripnya panjang dengan warna terang atraktif
  4. Gerakannya agresif dan lincah

Cupang Betina

  1. Umur 3-4 bulan
  2. Bentuk badan membulat dengan perut buncit
  3. sirip pendek dengan warna kusam tidak menarik
  4. Gerakan lambat

Pemijahan Ikan Cupang

Ketika induk ikan cupang sudah siap kawin, maka siapkanlah wadah seperti aquarium kecil yang berukuran 20x20x20 cm. Sediakan juga gelas plastik untuk ikan cupang betina dan tumbuhan air misal kayambang.

Dalam sekali kawin, telur yang dihasilkan ikan cupang mencapai 1000 butir. Dalam 24 jam setelah pembuahan, telur-telur tersebut akan menetas. Walaupun telur yang dihasilkan banyak, namun tingkat kematiannya sangat tinggi. Biasanya hanya 30-50 ekor ikan cupang yang hidup.

Ikan cupang jantan dapat dikawinkan hingga 8 kali dalam interval waktu 2-3 minggu. Sedangkan betina, usahakan cukup sekali saja. Karena jika dipaksakan akan menghasilkan ikan yang didominasi berkelamin betina.

Langkah-langkah Pemijahan

Tempat pemijahan diisi dengan air bersih setengah aquarium kecil (dilebihkan sedikit). Gunakan air sungai yang jernih. Sebelum dimasukan ke aquarium tempat pemijahan, air diendapkan terlebih dahulu. Jangan menggunakan air kemasan atau PAM yang mengandung kaporit.

Tambahkan tumbuhan air ke aquarium pemijahan sebagai tempat berlindung burayak. Tapi ngat, jangan terlalu banyak, karena akan oksigen terlarut dalam air akan habis oleh tumbuhan air tersebut.

Masukan ikan cupang jantan ke aquarium pemijahan. Biarkan selama satu hari di aquarium tersebut. Masukan ikan cupang betina ke dalam gelas plastik dan simpan di aquarium tempat pemijahan. Ini dimaksudkan agar ikan cupang jantan mengeluarkan gelembung-gelembung untuk menyimpan telur yang sudah dibuahi.

Setelah gelembung-gelembung dirasa cukup. keluarkanlah ikan cupang dari gelas plastik dan masukan ke aquarium tempat pemijahan. Waktu pemijahan sekitar pukul 7-10 pagi atau pukul 4-6 sore. Karena ikan ini cukup sensitif, tempatkanlah aquarium pemijahan di tempat yang tenang, terhindar dari hilir mudik orang lewat dan suara bising.

Setelah terjadi pembuahan, keluarkan ikan cupang betina dari aquarium pemijahan. Karena jika tidak, telur-telur yang telah dibuahi akan dimakan. Biarkan ikan cupang jantan yang bertanggung jawab menjaga dan membesarkan burayak. Ikan cupang jantan akan memunguti telur yang telah dibuahi kemudian ditempatkan di gelembung-gelembung yang telah dibuatnya.

Tunggu sekitar satu hari, telur-telur akan menetas. Tidak perlu dikasih pakan selama tiga hari ke depan. Karena masih adanya nutrisi yang terbawa dalam telur. Induk jantan juga berpuasa selama menjaga burayak.

Di hari ke-4 berikanlah pakan berupa kutu air (daphnia atau monia). Pakan yang diberikan jangan melebihi jumlah burayak, karena akan mengotori air yang menyebabkan burayak pada mati.

Ikan cupang jantan diambil dari aquarium pemijahan setelah dua minggu stelah menetasnya telur. Buarayak dipindahkan ke aquarium lebih besar atau wadah lainnya yang memiliki volume lebih besar. Berikanlah pakan berupa kutu air yang lebih besar atau bisa juga larva nyamuk.

Ketika mencapai umur 1,5 bulan, pilah ikan cupang berdasarkan jenis kelamin. Pisahkan ke wadah pembesaran.

<b>Jenis</b>-<b>jenis Ikan</b> Paus di Dunia | ngasih.com

Posted: 31 May 2015 08:13 AM PDT

Jenis-jenis Ikan Paus di Dunia

narwhal whale life cycle, unicorn whale video, definition unicorn whale, narwhal unicorn whale facts, tusked whale, whale with long tusk, narwhal horn, narwhal tusk facts, narwhal whale endangered, narwhal whale tusk for salePaus adalah satu dari sekian banyak ikan yang istimewa. Mamalia laut, bertubuh besar, cerdas dan hidup bebas di samudera. Cara bernapas mereka juga istimewa. Kalau makhluk laut lain bernapas dengan insang, maka paus menggunakan paru-parunya.

Berbeda dengan manati atau sapi laut, paus jadi satu-satunya mamalia laut yang bisa hidup di bawah laut selama hidupnya. Karena itu, mereka begitu mudah beradaptasi dengan kedalaman samudera yang entah tak terkira hitungannya.

Pada umumnya, paus terbagi menjadi dua kategori. Ada paus bergigi dan ada juga baleen atau balin, paus yang tidak bergigi. Selain perbedaan mencolok itu, ada juga perbedaan-perbedaan lain dari dua kategori paus tersebut.

Jenis-jenis Paus Baleen / Balin

jenis penutup tubuh ikan paus, jenis adaptasi ikan paus, jenis-jenis ikan paus di dunia, jenis makanan ikan paus, jenis ikan paus free willy

Biasanya, paus jenis ini berukuran lebih besar ketimbang paus yang bergigi. Mereka mempunyai struktur yang dikenal sebagai balin yang berbentuk sikat. Struktur ini berguna untuk menyaring plankton atau makanannya, di dalam air. Paus ini juga memiliki dua lubang napas / angin, kalau yang bergigi hanya memiliki satu. Paus jenis ini bukanlah perenang yang cepat. Hal itu dikarenakan mereka tidak memiliki sirip belakang. Kalaupun ada, ukurannya begitu kecil. Berikut ini 5 jenis paus baleen yang umum kita kenal:

1. Blue Whale atau Paus Biru

blue whale, paus biru vs megalodon, paus biru raksasa, paus orca, makanan paus biru, ciri khusus paus biru, hewan terbesar di dunia, paus pembunuh

Sebagaimana yang kita tahu, paus jenis ini jadi hewan terbesar yang ada di muka bumi. Karena itu, secara otomatis ia juga jadi mamalia laut terbesar di dunia ini. Betapa tidak, ukuran panjangnya bisa mencapai 100 kaki atau sekitar 30,5 meter. Sementara bobot tubuhnya sampai 100-150 ton. Ciri khas lain dari paus ini yaitu sirip belakangnya yang kecil dan menurun ke tiga perempat area punggungnya. Warna kulitnya pun cukup unik, kolaborasi dari biru keabu-abuan dengan bintik-bintik di atasnya. Siapa sangka, pewarnaan tubuh ini begitu bermanfaat bagi riset yang dilakukan para ahli.

2. Bowhead Whale atau Paus Bungkuk

paus kepala busur wiki, bowhead whale facts, bowhead whale video, bowhead whale endangered, bowhead whale pictures, bowhead whale age, bowhead whale photo, bowhead whale population, bowhead whale octonauts

Secara ilmiah, paus ini dikenal sebagai balaenamysticetus. Penamaan bowhead sendiri muncul karena rahangnya yang tinggi dan melengkung, sehingga terlihat bungkuk. Paus berwarna hitam ini hidup di area yang dingin, yakni di Artic. Karenanya, mereka memiliki lemak khusus yang tebalnya mencapai 45 cm. Namun lemak inilah yang menjaga paus bungkuk agar tetap hangat dan melindunginya dari sensasi dingin yang begitu rendah. Sayang, satu dari mamalia laut besar ini populasinya terus menurun. Hal itu tentu saja akibat eksploitasi laut yang tidak bijak. Baca Juga : 10 Jenis Hewan yang Paling Panjang Umur

3. Fin Whale atau Paus Sirip

fin whale, jenis paus terbesar, jenis paus di dunia, jenis paus terbesar di dunia, jenis paus di indonesia

Nama lain yang sering disematkan pada paus sirip ini yaitu "razorback". Paus jenis ini jadi hewan terbesar kedua di dunia. Panjangnya mencapai 65 kaki atau sekitar 20 meter, dengan bobot sekitar 73 ton. Salah-satu corak menarik dari tubuh mereka yaitu bagian sirip belakangnya. Ekor paus ini begitu lebar, dengan corak khusus di tengah-tengahnya. Bentuk paus ini juga begitu simetris.

4. Gray Whale atau Paus Abu

gray whale habitat, gray whale migration, gray whale population, gray whale facts, gray whale photo, gray whale sounds gray whale video, gray whale migration route

via : pinterest.com

Paus abu memiliki berat badan sekitar 36 ton dan panjangnya bisa mencapai 50 kaki atau 15 meter lebih. Paus ini memiliki jambang di area mulutnya, untuk mendeteksi lingkungan di sekitarnya. Kita bisa saja melihat paus ini dalam kelompok kecil, namun kita juga bisa mendapatinya ada dalam kelompok yang lebih besar. Itu artinya, paus jenis ini tidak menghabiskan waktu untuk bergabung bersama satu kelompok saja. Paus ini sering juga terlihat menyelam dengan kecepatan cukup tinggi. Para ilmuwan mengklaim bahwa aksi menyelam cepat itu dikarenakan paus mesti menyingkirkan parasit yang mengusiknya.

5. Right Whale atau Paus Sikat

Right Whale atau Paus Sikat, southern right whale, north atlantic right whale, right whale pictures, right whale dolphin, right whale video, right whale population, right whale festival

Inilah paus balin yang memiliki tubuh tipis. Namun soal pertumbuhan, mereka bisa mencapai panjang 60 kaki atau sekitar 18 meter lebih. Sementara bobotnya bisa sampai 100 ton.  Ciri khasnya ada pada kapalan di area kepalanya. Lubang napas/ lubang semburnya pun unik, sebab mirip huruf V. Sementara soal warna, paus sikat ini ada yang berwarna hitam dan ada juga yang abu tua. Sejauh ini para peneliti sudah mengidentifikasi 4 kelompok paus sikat. Ada sekitar 400 paus sikat yang hidup di Atlantik Utara. Sekitar 25 ekor di Pasifik Utara dan 15.000-an paus ada di daerah selatan.

Jenis-jenis Paus Bergigi

next page button css, next page button tumblr, next page button tumblr html, next page button php, next page button blogger, next page button indesign, next page button tumblr code, next page button in crystal report not working

Restoking Dapat Mempertahankan Keanekaragaman <b>Jenis Ikan</b>?

Posted: 28 Jul 2015 03:33 AM PDT

Jumlah Jenis Ikan di Indonesia

Jumlah jenis ikan di dunia diperkirakan ada 40.000 jenis yang terdiri dari 13.000 jenis ikan air tawar. Di Indonesia terdapat 8000 jenis ikan dimana terdiri dari 6700 jenis ikan laut dan 1300 jenis ikan air tawar. Di tingkat dunia, dari 40.000 jenis ikan yang ada, sebanyak 32.800 jenis sudah dapat didiskripsikan (data sampai Juni 2014). Di Indonesia jumlah jenis ikan air tawar yang sudah dapat di-diskripsi-kan sudah mencapai 1218 jenis. Dari data tersebut, Indonesia adalah wajar jika menempati urutan kedua setelah Brazil dalam hal sebagai negara mega biodiversitas.

Tingginya keanekaragaman jenis ikan di Indonesia, di satu sisi dapat membawa berkah bagi kemajuan ekonomi nasional, namun di sisi lain, karena saking banyaknya keanekaragaman jenis yang dimiliki dapat menjadikan terlena untuk mengontrol populasinya seperti akibat penangkapan berlebih atau karena akibat dampak kegiatan manusia yang merusak lingkungannya. Masuknya jenis ikan dari luar (introduksi), baik sengaja maupun tidak sengaja, akan menambah permasalahan terhadap keberadaan / kelestarian ikan asli dan ikan endemik Indonesia. Ikan introduksi umumnya memiliki daya adaptasi yang lebih tinggi terhadap kualitas lingkungan perairan yang buruk sekalipun. Dan ikan introduksi umumnya lebih agresif dalam pemangsaan. Sehingga posisi ikan introduksi menjadi ikan pemangsa bagi ikan asli dan ikan endemik.

Status Perlindungan Jenis Ikan

Karena ketersedian data dasar dari aspek biologi dan populasi ikan asli dan ikan endemik Indonesia belum banyak, malah banyak yang berstatus data defisien (DD) sehingga kebijakan pengelolaan termasuk perlindungannya, belum banyak dilakukan.  Berbeda dengan kebijakan perlindungan untuk kelompok organisme lainnya, seperti untuk mamalia, burung, dan serangga.

Sampai saat ini baru 7 jenis ikan yang berstatus dilindungi berdasarkan PP No. 7 tahun 1999, yaitu: ikan selusur maninjau (Homaleptera gymnogaster), ikan raja laut (Latimeria menadoensis), belida jawa, lopis jawa (Notopterus spp.) hiu pari sentani (Pristis spp.), wader goa (Puntius microps), peyang malaya (Scleropages formosus), dan arowana irian (Scleropagus jardinii). Dan beberapa jenis ikan yang dilindungi dengan beberapa aspek pemanfaatannya, berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan, seperti: ikan sidat (Anguilla spp.) ikan terubuk (Tenualosa macrura) dan ikan napoleon (Cheilinus undulatus). Serta beberapa jenis yang berstatus dilindungi penuh berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan, yaitu: hiu paus (Rhincodon typus), pari manta (Manta birostris dan Manta alfredi). Baru-baru ini ada Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan yang melarang ekspor hiu koboi (Carcarinus longimanus) dan 3 jenis hiu martil (Sphyrna spp.) serta pengaturan penangkapan lobster (Panulirus spp.), kepiting (Scylla spp.), dan rajungan (Portunus pelagicus).

Jenis Jenis Ikan yang Mengalami Kerentanan Kepunahan

Beberapa jenis ikan endemik dan ikan asli yang menghadapi kerentanan kepunahan, adalah dari kelompok:

1.   Kelompok ikan air tawar endemik, seperti ikan depik (Poropuntius tawarensis), ikan batak (Neolissochilus thienemanni), dan ikan bonti-bonti (Thelmatherina spp.). ikan ikan tersebut terancam punah selain karena pemanfaatan yang berlebih juga karena adanya degradasi lingkungan,

2.   Kelompok endemik ikan laut, seperi ikan banggai (Pterapogon kauderni), ikan ini terancam punah karena penangkapan yang tinggi untuk ikan hias,

3.   Ikan air tawar sebagai ikan konsumsi, yaitu ikan tapah (Wallagonia lerri), belida (Chitala lopis), ikan patin sungai (Pangasius djambal), ikan semah (Tor spp.), dan ikan sidat (Anguilla bicolor),

4.   Kelompok ikan air tawar untuk ikan hias, yaitu: arwana (scleropages formosus), ikan ridik angus (Balantiocheilos melanopterus), dan ikan botia (Chromobotia macracantha), dan

5.   Kelompok ikan laut, seperti: kelompok tuna (Thunnus spp.), ikan napoleon (Cheilinus undulatus), dan beragam ikan hiu dan pari. 
Upaya Restoking 
Upaya mempertahankan keberadaan / keanekaragaman hayati jenis ikan adalah melalui pengkayaan stok ikan (stock enhancement). Pengkayaan stok ikan dapat dilakukan melaui 2 cara, yaitu; introduksi dan restoking. Introduksi adalah mendatang jenis ikan lain dari luar habitat ke dalam perairan baru. Cara ini umumnya dilakukan untuk olah raga mancing, namun cara ini sangat beresiko tinggi terhadap ekosistem perairan tersebut. Cara berikutnya adalah melalui restoking atau restocking, yakni dengan cara memperbanyak jenis ikan liar (wild stock) melalui domestikasi atau pembudidayaan, kemudian anakannya atau stadia yang lebih besar untuk dikembalikan ke alam habitat aslinya. Restoking memiliki kepentingan khusus dalam mempertahankan keanekaragaman hayati (biodiversitas). Oleh sebab itu, restoking bekerja sepenuhnya dengan ikan liar asli (native wild stock) dari suatu habitat perairan, yang mana sebagian dari populasinya diambil untuk dipijahkan dan anakannya dikembalikan ke habitat aslinya. Upaya restoking sering ditekankan untuk jenis ikan endemik dan ikan asli yang mengalami kerentanan kepunahannya.

(Bahan tulisan diambil dari: Buku Pedoman Umum Restoking Jenis Ikan Terancam Punah, yang disusun oleh: Didi Sadili, Haryono, M. Mukhlis Kamal, Sarmintohadi, Ihsan Ramli. Terbitan Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan. Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau Pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2015)   

Buku Pedoman Umum Restoking Jenis Ikan Terancam Punah

24 <b>Jenis</b> dan Gambar <b>Ikan</b> Koi | Ragam Fauna

Posted: 12 Jun 2015 12:00 AM PDT

yusufmansur.comyusufmansur.com

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang populer, baik di Indonesia maupun di dunia. Ikan ini berasal dari Jepang dan pada awalnya, ikan ini merupakan ikan yang digunakan untuk konsumsi. Namun, seiring berjalannya waktu, ikan ini berkembangbiak dan mempunyai banyak variasi. Variasi-variasi yang muncul memiliki keindahan dan keunikan masing-masing di bagian sisiknya. Oleh karena itu, ikan ini dimanfaatkan untuk ikan hias. Untuk mengetahui apa saja jenis ikan koi, berikut ini beberapa jenis ikan koi beserta gambar ikan koi.

Ikan Koi Kohaku

kohaku

blueridgekoi.com

Kohaku merupakan jenis ikan koi yang paling tua dan paling terkenal diantara jenis ikan koi lainnya. Kohaku ini memiliki warna dasar putih solid yang dilapisi dengan warna merah. Kohaku yang berkualitas adalah kohaku yang memiliki warna yang cerah, warna dasar ikan tidak terdapat bercak noda, warna merahnya cerah, dan pola kombinasi warna putih dan merah disepanjang tubuhnya.

Variasi dari ikan koi kohaku adalah Kohaku Doitsu, Kohaku Gin Rin, Kohaku Maruten, dan Kohaku Tancho.

Ikan Koi Sanke Taisho

sanke

blueridgekoi.com

Sanke Taisho atau biasa disebut Sanke merupakan salah satu jenis ikan koi yang memiliki warna dasar putih yang dikombinasikan dengan pola warna merah dan hitam. Ikan koi Sanke dikatakan berkualitas jika ikan ini memiliki pola warna seperti Kohaku, namun terdapat warna pelengkap yaitu warna hitam.

Variasi dari ikan koi Sanke ini antara lain: Sanke Doitsu, Sanke Maruten, Sanke Tancho, dan Sanke Gin Rin Sanke.

Ikan Koi Showa Sanshoku

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Showa Sanshoku, lebih dikenal dengan nama Showa, merupakan salah satu jenis ikan koi yang memiliki kombinasi warna dasar merah dan putih yang dilengkapi dengan warna hitam diatasnya. Kombinasi warna tersebut memiliki kesamaan dengan jenis ikan koi Sanke, sehingga hal ini menyulitkan kita untuk membedakan antara kedua jenis ikan koi tersebut jika kita belum mengetahui secara detail mengenai kedua jenis ikan koi tersebut.

Hal yang membedakan antara ikan koi Showa dengan ikan koi Sanke adalah pola kombinasi warnanya. Ikan koi Showa memiliki pola warna hitam disepanjang tubuh, sedangkan Sanke hanya terdapat diatas tubuh, dan lebih penting untuk dapat membedakan antara keduanya adalah Showa memiliki pola warna hitam di atas kepalanya, sedangkan ikan koi Sanke tidak.

Variasi ikan Showa antara lain adalah Showa Tancho, Showa Maruten, Showa Gin Rin, Showa Doitsu, dan Showa Kin.

Ikan Koi Tancho

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Tancho merupakan jenis ikan koi yang paling populer di kalangan para pecinta ikan koi, bahkan kepopuleran Tancho mengalahkan kepopuleran Kohaku. Ikan Tancho memiliki warna dasar putih yang dihiasi dengan pola atau tancho warna merah di kepalanya. Simetri dan penempatan pola warna merah di kepalanya menentukan kualitas ikan ini.

Variasi dari Tancho ini adalah Tancho Gin Rin, Tancho Rin, dan Doitsu Tancho.

Ikan Koi Shiro Utsuri

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Shiro Utsuri merupakan jenis ikan koi yang memiliki warna dasar hitam yang dilapisi dengan warna putih. Shiro Utsuri dikatakan berkualitas jika gabungan warna tersebut terdapat di bagian kepala ikan. Jadi, warna di bagia kepala ikan harus berwarna hitam dan putih.

Variasi ikan koi Shiro Utsuri ini antara lain: Shiro Utsuri Gin Rin, Shiro Utsuri Gin, dan Shiro Utsuri Doitsu.

Ikan Koi Hi Utsuri

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Hi Utsuri merupakan jenis ikan koi yang memiliki warna dasar hitam yang dikombinasikan dengan warna merah atau orange. Hi Utsuri biasanya memiliki warna orange pada saat usianya masih muda dan warna tersebut akan berubah menjadi merah cerah jika ikan sudah dewasa.

Variasi dari Hi Utsuri antara lain: Hi Utsuri Gin Rin dan Hi Utsuri Doitsu.

Ikan Koi Ki Utsuri

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Ki Utsuri merupakan salah satu keluarga Utsuri yang paling langka. Jenis ikan ini memiliki kombinasi warna kuning dengan hitam. Kombinasi warna Ki Utsuri memiliki kesamaan kreteria dengan Shiro dan Hi Utsuri.

Variasi dari Ki utsuri adalah Ki Utsuri Gin Rin dan Ki Utsuri Kin.

Ikan Koi Asagi

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Asagi merupakan jenis ikan koi yang memiliki pola jaring berwarna biru di bagian atasnya. Di bagian bawah (perut ikan), insang ikan, sirip, dan tubuhnya terdapat warna merah atu orange. Pola warna merah atau orange tersebut akan berkembang atau semakin besar seiring dengan usia ikan.

Variasi ikan Asogi antara lain: Asagi Gin Rin dan Hi Asagi.

Ikan Koi Shusui

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Shusui merupakan ikan koi yang memiliki kombinasi warna seperti Asagi. Hal yang membedakan adalah pola yang terdapat di bagian atas ikan. Ikan Asagi memiliki pola seperti jaring berwana biru, sedangkan Shusui memilikipola garis di sepanjang punggung ikan. Dibagian perut, insang, dan sirip Shusui tidak terdapat perbedaan yakni terdapat pola warna merah atau orange.

Variasi dari Shusui termasuk Gin Rin Shusui dan Hi Shusui.

Ikan Koi Matsuba

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Matsuba memiliki warna dasar yang berbeda-beda. Gin Matsuba memiliki warna dasar putih, Ki matsuba memiliki warna dasar kuning, dan aka Matsuba memiliki warna dasar merah. Namun, semua ikan koi Matsuba memiliki pola jaring di punggungnya yang berwarna biru.

Ikan Koi Orgon Platinum

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Orgon Platinum atau sering juga disebut dengan Orgon Purachina memiliki warna putih tanpa terdapat kombinasi warna lainnya dan warna putih jernih di bagian kepala ikan menandakan kualitas ikan tersebut.

Variasi ikan koi Orgon Platinum adalah Orgon Platinum Gin Rin dan Orgon Platinum Doitsu.

Ikan Koi Ogon Yamabuki

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Ogon Yamabuki memiliki pola warna yang sama dengan keluarga ogon. Ikan ini memiliki warna kuning dan bagian kepala berwarna kuning bersih yang menandakan kualitas ikan tersebut.

Variasi dari Ogon Uamabuki antara lain: Ogon Yamabuki Gin Rin dan Ogon Yamabuki Doitsu.

Ikan Koi Kujaku

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Kujaku memiliki warna dasar putih yang dihiasi dengan pola jaring berwarna hitam dan pola merah atau orange atau kuning yang menutupi sebagian pola jaring tersebut.

Variasi dari Kujaku antara lain: Kujaku Doitsu, Kujaku Tancho, dan Kujaku Maruten.

Ikan Koi Hariwake

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Hariwake memiliki warna dasar putih solid yang dikombinasikan dengan pola warna merah atau orange. Warna putih yang dimiliki oleh Hariwake berbeda dengan warna putih yang dimiliki oleh Kohaku dan Sanke. Warna putih Hariwake terlihat lebih cerah dibandingkan dengan warna putih yang dimiliki oleh Kohaku dan Sanke.

Variasi dari Hariwake antara lain adalah Hariwake Tancho, hariwake Gin Rin, dan Hariwake Doitsu (dikenal juga dengan nama Kikusui).

Ikan Koi Tancho Kikusui

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Meskipun secara teknis ikan Tancho Kikusui merupakan versi Doitsu dari Hariwake, ikan koi yang memiliki warna dasar putih dengan kombinasi warna merah atau orange ini lebih sering disebut sebagai Kikusui. Tancho Kikusui adalah satu-satunya variasi Kikusui.

Ikan Koi Kumonryu

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Kumonryu merupakan salah satu jenis ikan koi yang paling menarik di antara jenis koi lainnya. Karena pola kombinasi warna bisa berubah-ubah dan pola kombinasi warna yang dimiliki adalah warna abu-abu atau putih dengan warna hitam.

Ikan Koi Kumonryu Beni

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Kumonryu Beni merupakan ikan koi yang masih dalam keluarga Kumonryu. Sma halnya dengan Kumonryu, Kumonryu Beni juga memiliki keunikan yaitu pola warnanya bisa berubah-ubah sepanjang hidupnya. Namun, hal yang membedakan adalah kombinasi warna yang dimiliki antara keduanya. Kumonryu hanya memiliki waran abu-abu atau putih dengan kombinasi warna hitam, sedangkan Kumonryu Beni memiliki kominasi warna abu-abu atau putih, hitam, dan merah.

Chagoi

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Chagoi memiliki warna coklat atau perunggu dengan pola jaring-jaring di bagian punggungnya. Pola jaring-jaring di bagian punggungnya memiliki warna yang hampir sama dengan warna dasar ikan. Meskipun pola jaring-jaringnya memiliki warna yang hampir serupa, pola jaring tersebut masih terlihat jelas karena polanya terlihat timbul.

Variasi dari Chagoi termasuk Gin Rin Chagoi dan Doitsu Chagoi.

Soragoi

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Soragoi memiliki kesamaan dengan Chagoi, yakni terdapat pola jaring halus di bagian punggungnya. Hal yang membedakan dari keduanya adalah warna yang dimilikinya. Soragoi memiliki warna abu-abu atau perak, sedangkan Chagoi memiliki warna coklat atau perunggu.

Variasi dari Soragoi termasuk Gin Rin Soragoi dan Doitsu Soragoi.

Ikan Koi Shigure Ochiba

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Shigure Ochiba atau sering disebut dengan Ochiba memiliki kombinasi warna cokelat/warna perunggu-nya Chagoi dengan perak/ abu-abunya Soragoi. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Shigure Ochiba memiliki arti daun musim gugur jatuh di atas air.

Variasi dari Ochiba termasuk Ochiba Gin Rin dan Ochiba Doitsu.

Ikan Koi Goromo

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Goromo yang, pada dasarnya, Kohaku dengan tepi biru atau hitam ditambahkan ke masing-masing skala merah. Ada tiga sub jenis Goromo: Budo Goromo memiliki tepi biru di luar timbangan yang menciptakan efek cluster anggur-seperti; Ai Goromo memiliki tepi biru hanya di bagian dalam timbangan merah; Sumi Goromo memiliki tepi hitam pada timbangan yang dapat membuat pola muncul hampir sepenuhnya hitam.

Variasi dari Goromo termasuk Tancho Goromo dan Maruten Goromo.

Ikan Koi Goshiki

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Goshiki adalah koi dengan dasar putih solid dengan pola hitam dan merayap biru, dan merah dan hitam overlay warna putih, hitam dan biru dasar. Goshiki diterjemahkan sebagai "lima warna".

Variasi dari Goshiki termasuk Gin Rin Goshiki dan Tancho Goshiki.

Ikan Koi Kikokuryu

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Kikokuryu merupakan ikan koi dengan dasar putih dikombinasikan dengan daerah hitam di dalam satu baris sisik, sepanjang bagian belakang luar baris, dan di kepala di sekitar mata dan hidung. Kikokuryu umumnya dianggap versi metalik Kumonryu.

Ikan Koi Kin Kikokuryu

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Kin Kikokuryu menggabungkan oranye atau kuning dengan pola hitam dan putih Kikokuryu untuk membentuk berbagai terbaru dari koi di industri.

<b>Jenis Jenis Ikan</b> Kerapu - Kepri Fishing Club

Posted: 23 Apr 2015 05:06 PM PDT

Jenis Jenis Ikan Kerapu - hampir semua pemancing kenal dngan ikan yang satu itu terutama pemancing di salt water atau air laut, jenis dari ikan ini salah satu target ikan yang di inginkan para pemancing terutama dari jenis kerapu kertang yang besar dan beratnya bisa mencapai puluhan kilo.
Ikan ini memiliki harga ekonomi yang lumayan cukup tinggi karena kelezatan dagingnya, bahkan lebih mahal dari jenis ikan kakap merah oleh karena itu banyak nelayan mencoba untuk mencoba membudidayakannya dalam keramba

Kerapu Sunuk


Jenis dari ikan kerapu yang telah di ketahui hingga kini berjumlah 46 species yang hidupnya di berbagai macam habitat, dari semua jumlah itu setelah di kerucutkan ternyata asalnya dari tujuh ( 7 ) Genus yaitu AnyperodonAethalopercaCromileptesCephalophilis, Plectropomos, Epinephelus dan Epinephelus.

Berikut ini beberapa nama dan jenis dari ikan kerapu yang dapat kami himpun dari berbagai sumber:

Ikan Kerapu Batik

Nama Spesies : Epinephelus polyphekadion
Banyak di temukan pada perairan indo - pasifik
Habitat alaminya di perairan laut terbuka, laut pasang surut, laut dangkal, laguna pantai dan juga pada terumbu karang.

Kerapu Batik


Jenis ikan ini terancam punah karena maraknya penangkapan yang berlebih tidak di imbangi dengan pelestarian dan rusaknya habitat ikan kerapu batik ini. Dapat budidayakan dalam keramba.

Ikan Kerapu tikus/bebek

Nama Species : Chromileptes altivelis
Nama lain : Humpback Grouper, Panther Grouper atau Barramundi Cod
Habitat hidupnya di karang laguna pantai dan terancam punah akibat kerusakan lingkungan.

Ikan Kerapu Tikus atau Kerapu Bebek


Ikan ini banyak di pelihara pada aquarium laut, dapat tumbuh besar hingga panjang mencapai setengah meter.

Ikan Kerapu kertang

Nama Species : Epinephelus lanceolatus
Habitat aslinya pada perairan terumbu karang hingga kedalaman 100 meter, banyak di temukan hampir di seluruh perairan Indo Pasifik kecuali di teluk persia. Dapat bertahan hidup di ekosistem muara.

Ikan Kerapu Kertang


Ikan kerapu kertang ini atau ada juga yang menyebutnya kerapu hitam adalah salah satu ikan terumbu karang terbesar yang bertulang sejati, apa maksudnya? silahkan baca DISINI.!. Masuk dalam salah satu ikan terpopuler di perairan laut indonesia, sama halnya dengan negara Australia dan Queensland.

Ikan Kerapu Lumpur

Nama Species : Epinephelus Bleekeri
Habitat hidupnya di terumbu dan muara laut yang berlumpur

Ikan Kerapu Lumpur


Ikan ini paling banyak di budidayakan karena cepat tumbuh dan berkembang biak serta mampu bertahan hidup pada kondisi air laut yang berkadar garam rendah.

Ikan Kerapu Macan

Nama Species : Epinephelus fuscoguttatus
Habitat hidupnya kurang lebih sama dengan beberapa jenis kerapu yang lain yaitu pada perairan terbuka, kawasan pasang surut, laut dangkal, terumbu karang dan laguna pantai.

Ikan Kerapu Macan


Dengan bersamaan rusaknya habitat hidup ikan ini semakin terancam punah yang ikan dewasanya dapat mencapai panjang hingga 2 meter.

Ikan Kerapu Muara Atau Di Sebut Juga Kerapu Balong

Nama Species : Epinephelus Coioides
Habit hidup sesuai dengan namanya yaitu perairan yang dekat dengan pantai contohnya hutan bakau ( mangrove ), terumbu karang, laut dangkal, muara, pantai pasang surut dan juga laguna yang berair asin.

Ikan Kerapu Muara


Ikan Kerapu Sunuk / Merah

Nama Species : Plectropomus leopardus
Nama lainnya : Leopard coral grouper, Coral trout atau Leopard coral trout.
Habitat alaminya pada terumbu karang dan lautan terbuka. Ikan ini juga di sebut kerapu sunuk biasa yang punya kembaran bernama Kerapu Lodi ( Plectropomus maculatus ) Sangat mirip, bedanya hanya totol biru yang lebih sedikit.

Ikan Kerapu Sonok


Istilah untuk ikan kerapu sunuk ini sebenarnya cukup luas karena untuk beberapa jenis ikan kerapu yaitu :

Jenis totol biru ( Plectropomus laevis )

Plectropomus laevis


Jenis ikan kerapu dengan pipi bergaris ( Plectropomus maculatus )

Plectropomus maculatus


Plectropomus areolatus

Plectropomus areolatus


Ikan Kerapu Cantang

Ikan ini adalah jenis ikan krapu hibrida yang berhasil di kawin silangkan pada tahun 2011 yaitu antara ikan kerapu macan betina dengan ikan kerapu kertang jantan.

Ikan Kerapu Cantang


Ikan Kerapu Kustang

Persilangan antara kerapu kertang dengan ikan kerapu tikus atau kerapu bebek.

Ikan Kerapu Kustang

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan kali ini tentang Jenis Jenis Ikan Kerapu, semoga bermanfaat sebagai penambah ilmu pengetahuan teman teman pemancing sekalian,lihat juga jenis ikan lainnya DISINI, sampai jumpa lagi dengan Kepri Fishing Club di artikel berikutnya, salam.

<b>Jenis</b>-<b>jenis Ikan</b> Aligator…!!! | Ferboes.com

Posted: 10 Jul 2015 07:15 PM PDT

Posted by Ferboes in Jenis ikan hias air tawar.
Tags: , , , , , , ,
trackback

image

Ferboes.com – Hi guys …!!!
Pagi ini saya mendapatkan tambahan pengetahuan baru khususnya dalam hal ikan predator. Selama ini sejauh yang saya ketahui… Ikan aligator itu ca ada dua jenis, yaitu Aligator Spatulla dan Aligator Gar. Ternyata semua jenis aligator itu terdiri dari dua genus dan tuhuh spesies guys….

image

Mungkin diantara anda juga tidak banyak yang tahu tentang hal ini. Apa saja sih jenis-jenis ikan aligator dan bagaimana cara membedakannya…???
Teris terang saya sendiri juga belum banyak mengetahui dan mendalami tentang ikan aligator ini. Ikan yang biasa di sebut sebagai ikan Buaya ini memiliki ukuran maksimal yang berbeda-beda di setiap jenisnya guys… Ada yang tumbuh sampai ukuran 1meter, bahkan ada juga yang bisa tumbuh besar hingga ukuran maksimal 3 meter.

image

Dan…. Diantara 7 jenis ikan aligator tersebut, tidak semuanya di perjual belikan. Bahkan ada beberapa di antaranya hampir punah.
Okay guys…. Bagi anda yang ingin mengetahui apa saja jenis-jenis ikan Aligator, silahkan anda baca di tautan di bawah ini guys….

—–>>>>> Jenis-jenis Ikan Aligator (Hiko-hermawan.blogspot.in)  <<<<<—–

Di sana anda bisa mengetahui detail lengkap mengenai jenis-jenis ikan aligator dari berbagai spesies dan genusnya guys…

Kalau saya terus terang kurang memahami macam-macam jenis ikan aligator ini. Karena yang pernah saya temui hanya jenis-jenis yang biasa ada di pasaran yaitu Aligator Gar biasa dan Aligator Spatulla. Itu saja belum pernah saya pelihara sendiri :D


Written by Ferboes

Contact me at:
Email: Ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson
Whatsapp: +628568847750

1 comment:

  1. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    ReplyDelete