Friday 21 August 2015

Jenis Ikan Cupang Terkecil di Dunia Ada di Riau - Blog Jenis - Jenis Ikan

<b>Jenis Ikan</b> Cupang Terkecil di Dunia Ada di Riau - Blog Jenis - Jenis Ikan


<b>Jenis Ikan</b> Cupang Terkecil di Dunia Ada di Riau

Posted: 16 Aug 2015 08:45 PM PDT

Pekanbaru, HanTer - Klub Ikan Hias Cupang Internasional atau "Internasional Betta Club" (IBC) menyatakan Provinsi Riau memiliki jenis Ikan Cupang terkecil di dunia yang dikenal dengan Cupang Bagan Api atau Cupang Api-Api, atau pun "Cupang New Red".

"Ikan ini keistimewaannya adalah Ikan Cupang terkecil di dunia dan hanya ada di Riau. Ini unik karena panjangnya cuma 2,5 sampai 3,5 sentimeter, warnanya merah. Ini ditemukan dua atau tiga tahun yang lalu, namun harus dibudidayakan dan dilestarikan karena hampir punah," kata Anggota IBC, Joty Atmadjaja di Pekanbaru, Sabtu.

Hal itu dikatakannya dalam kesempatan dirinya menjadi juri dalam Kontes Ikan Capung yang digelar oleh Dinas Pertanian Pekanbaru dan Diamond Fish Club, 15-16 Agustus. Ikan Capung Riau itu seperti namanya terdapat di Bagan Siapi-Api, Kabupaten Rokan Hilir.

Dia lebih lanjut menyampaikan bahwa sampai saat ini ikan tersebut belum memiliki nama ilmiah sehingga sering disebut dengan tiga nama di atas. Sehingga sekarang tiga nama tersebut digunakan untuk ikan yang sama.

Meskipun begitu, dia menyayangkan masih minimnya perhatian terhadap jenis ikan yang tidak umum ini. Padahal, Ikan Cupang asli Riau ini menurutnya bisa menjadi ikon atau maskot provinsi.

"Saat ini terlihat belum dipoles, diangkat, dan dipromosikan sehingga banyak yang belum meminati," imbuhnya.

Terkait Kontes Ikan Cupang di Pekanbaru, dia mengatakan kota tersebut termasuk salah satu barometer untuk Wilayah Sumatera untuk budidaya, promosi dan kontes ikan hias. Itu terlihat dari awal sudah ada klub yang menaungi dan sering mengadakan kontes.

"Dinamikanya aktif, penghobinya semakin banyak karena banyaknya kontes. Saya ke sini tahun 2008 memberikan pelatihan penjurian, tahun 2015 tidak ada lagi orang yang lama itu, tapi orang baru dan muda-muda berarti ada regenerasi," ungkapnya.

Kontes Ikan Hias Cupang Pekanbaru saat ini tidak hanya diikuti peserta lokal dan nasional, namun juga dari beberapa negara ASEAN seperti Thailand, Vietnam, Malaysia dan Singapura. Sampai sekarang sudah ada 600 lebih peserta yang akan berlomba pada 36 kategori.

(ruli)

1 comment:

  1. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    ReplyDelete