Friday 8 August 2014

Jenis-Jenis Ikan Hias Arwana | Peternak Super Marga Tiga - Blog Jenis - Jenis Ikan

<b>Jenis</b>-<b>Jenis Ikan</b> Hias Arwana | Peternak Super Marga Tiga - Blog Jenis - Jenis Ikan


<b>Jenis</b>-<b>Jenis Ikan</b> Hias Arwana | Peternak Super Marga Tiga

Posted: 17 Jul 2014 08:56 AM PDT

Jenis-Jenis Ikan Hias Arwana - Nama latin Ikan Arwana adalah Scleopages sp. kenapa disebut dengan ikan naga (dragon fish), barramundi, saratoga, pla tapad, kelesa, siluk, kayangan, peyang, tangkelese, atau arowana. Arwana sering di anggap sebagai ikan keberuntungan yang dapat mendatangkan hoki dan dipercaya dapat menjaga rumah dari arwah pengganggu, katanya orang orang sih..., tapi saya gak begitu percaya yang demikian itu sih.., Arwana mempunyai bentuk tubuh yang unik dan indah, bentuk yang memanjang dan ramping menyerupai pisau. Selain itu, arwana juga memiliki ciri khas tersendiri, yaitu dua buah sungut yang terdapat pada bibir bawahnya. Sungut tersebut berfungsi sebagai sensor getar untuk mengetahui posisi mangsa. Gerakan renang arwana sangat anggun dan sisik-sisiknya yang berkilau menambah indah sosok arwana.

Beberapa jenis ikan hias arwana yang banyak di buru oleh pencinta ikan hias arwana : 
  1. Arwana Super Red
    Arwana jenis ini berasal dari Indonesia, tepatnya di pulau Kalimantan bagian barat di sungai kapuas dan danau sentarum. Arwana jenis ini pada dasarnya terbagi lagi menjadi beberapa varietas berdasarkan warna, yaitu warna merah darah (blood red), merah cabe/cabai (chili red), merah oranye (orange red).
    Arwana Red jenis ini sudah memiliki warna merah pada sirip, ekor, dayung dan sungut sejak kecil yang kemudian akan muncul juga di bagian pipi dan pinggir insang. Ring akan mulai terlihat sejak mencapai ukuran 25 cm, namun belum mengeluarkan warna merah. Warna merah pada badan akan mulai keluar saat ikan berumur kurang lebih 3-4 tahun.

  2. Cross Black Golden Arwana (X Black Golden)
    Arwana Cross Black Golden Varietas cross back golden / x back golden ini berasal dari Malaysia, seperti di daerah Perak, Johor, Bukit Merah dan Trengganu. Golden cross back / x back merupakan salah satu dari varietas arowana golden. Arwana ini di sebut cross back / x back karena pada saat dewasa ring pada sisik bisa sampai melewati punggung. Warna emas yang dimiliki arwana varietas ini cenderung lebih terang/mengkilap. Golden cross back sedikit susah untuk di dapatkan, sehingga harganya pun lebih mahal dari varietas lainnya seperti Super Red.

  3. Red Tail Golden Arwana
    Red Tail Golden
    Red tail golden adalah salah satu varietas golden yang berasal dari Indonesia, khususnya Pekan baru - Sumatera. Arwana jenis ini sifatnya lebih agresif dari Cross Black Golden. Seperti halnya XCross Black Golden, arwana ini juga memiliki keragaman warna dasar/base color seperti, blue base, green base dan gold base. Arwana ini dapat tumbuh lebih besar dari pada Cross Black Golden.

  4. Jardini Arwana (Arwana Irian)
    Jardini Arwana
    arna yang dimiliki varietas arwana ini cukup unik. Warna dasarnya adalah hitam kecoklat-coklatan dengan bintik-bintik kuning ke emasan pada bagian tengah sisik-sisiknya, bahkan di bagian kepala (pipi) sampai pada sirip & ekornya pun terdapat bintik-bintik kuning tersebut. Jardini berasal dari australia, meski sering ditemukan di pulau Irian.

  5. African Arwana (Arwana Afrika)
    African Arwana
    Seperti namanya, jenis arwana ini hanya ditemukan di Afrika. Bentuk tubuhnya hampir menyerupai silver arwana, namun bentuk kepala kecil.

  6. Silver Arwana (Brazil)
    Silver Arwana
    Arwana Brazil atau biasa disebut Arwana Silver memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Dengan bentuk tubuh yang panjang dan sirip yang panjang pula, mulai dari bagian tengah badan sampai pada ujung ekor memberi kesan yang sangat anggun saat berenang. Arwana ini dapat tumbuh sampai 50 - 60 cm

Demikianlah ulasan tentang jenis jenis ikan arwana yang sering di buru oleh para penghobi ikan ikan hias dan ada juga yang membeli ikan hias arwana ini untuk menolak arwah atau hal hal lain yang mereka percaya..., namun saya kagum dengan keindahannya saja, tidak lebay dengan penolak arwah dan lain lain., 

semoga bermanfaat (^_' ) baca juga artikel artikel lainya ya..,  


Jual <b>Ikan</b> Arwana Murah Super Red Dan <b>Jenis</b> Lain

Posted: 29 Jul 2014 05:48 AM PDT

Ikan arwana namanya begitu biasa namun jika sudah bicara harga maka anda akan tercengang karena harga yang begitu tinggi,saya sendiri terbayang jika mendengar kata arwana yakni mas thukul salah satu komedian yakni thukul arwana,kembali ke topik disebagian masyarakat indonesia ikan arwana sangatlah istimewa ikan arwana ini dipercaya mampu mendatangkang rejeki sang pemiliknya,walau sampai sekarang saya tidak menemukan kebenaranya namun sebagian orang masih percaya,dengan begitu otomatis harga ikan arwana ini sangat tinggi mencapai jutaan rupiah.

arwana super red

Tidak hanya di indonesia saja ikan arwana juga terkenal di beberapa negara seperti malaysia dan negara asia lainya,setidaknya ada 5 jenis ikan arwana yang paling juara adalah super red ikan arwana jenis ini sangat diburu dan harganya paling mahal,jika ada jual murah pasti dibeli,nah anda pasti penasara berapa harga ikan arwana super red untuk ukuran 10cm ikan arwana super red dibanderol 10juta bagaimana berani jual ikan arwana?

Ini Dia, 3 <b>Jenis</b> Makanan <b>Ikan</b> Yang Wajib Diketahui <b>...</b>

Posted: 04 Aug 2014 12:27 AM PDT

Makanan Ikan

Makanan Ikan – Memelihara ikan di dalam sebuah akuarium maupun pada sebuah kolam merupakan sebuah hobi yang menarik. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa orang-orang yang memiliki hobi memelihara ikan lebih cenderung memiliki kepribadian yang tenang dan bijak dalam menjalani hidup dan menghadapi sebuah permasalahan.

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai memelihara ikan, perhatikan terlebih dahulu apa perlengkapan memelihara ikan apa sajakah yang dibutuhkan, seperti akuarium, filter air, mainan ikan, dan sebagainya. Setelah itu barulah Anda memutuskan untuk memelihara ikan yang disukai. Eits, tapi Anda juga tidak boleh lupa untuk membeli makanan ikan yang sesuai dengan kebutuhannya. Makanan khusus ikan juga terbagi menjadi 5 macam golongan, namun saya akan menerangkan 3 golongan yang biasa ditemukan di toko ikan maupun situs e-commerce seperti berikut:

Makanan ikan jenis ini terbuat dari tumbuh-tumbuhan dengan ukuran yang cukup besar dan dapat dilihat secara kasat mata. Jenis ikan yang menyukai makanan ini disebut ikan herbivora atau dapat juga disebut dengan ikan vegetaris. Sebagai contoh makanan ikan untuk jenis vegetaris, antara lain ganggang benang, kangkung air, eceng gondok, dan sebagainya. Sementara untuk jenis ikan yang memakan jenis makanan ini adalah ikan tawes, nilem, sepat siam, gurami besar, dan sebagainya.

Makanan ikan jenis hewani merupakan pakan yang terbuat dari bagian-bagian hewan atau makanan yang berdaging. Jenis ikan yang menyukai makanan ini disebut ikan karnivora atau ikan pemakan daging, bahkan beberapa orang juga menyebut ikan ini sebagai ikan buas. Jenis makanan ikan hewani yang digemari si Buas ini antara lain, ikan seribu, teri, anakan ikan, larva serangga, cacing tubifex (cacing rambut alias cacing sutra), dan sebagainya. Sementara ikan yang tergolong karnivora, antara lain seperti arwana, kakap putih, kakap merah, kerapu, dan sebagainya.

  • Makanan Campuran (Nabati dan Hewani)

Makanan ikan campuran merupakan jenis makanan yang terdiri dari bahan nabati dan hewani. Makanan ini biasanya dimakan selagi hidup, seperti ganggang algae, larva serangga, cacing, dan sebagainya, namun juga tidak menutup kemungkinan untuk dimakan dalam bentuk benda mati, seperti kotoran hewan, manusia, bangkai, dan sebagainya. Jenis ikan yang memakan makanan ikan campuran disebut omnivora, seperti ikan maskoki, mujair, lele, dan sebagainya.

Berdasarkan informasi tersebut, tentu Anda menjadi tidak ragu lagi kan, untuk memiliki makanan ikan yang tepat untuk hewan peliharaan. Seiring perkembangan teknologi yang makin maju, Anda dapat membeli pakan ikan yang tepat di situs belanja online terpercaya dan dapatkan penawaran harga murah setiap melakukan pembelajaan. Yuk, segera penuhi kebutuhan ikan-ikan tersayang agar mereka tidak mati kelaparan!

Related Posts

Macam <b>Jenis Ikan</b> Gurame | Peternak Super Marga Tiga

Posted: 26 Jul 2014 12:01 AM PDT

Macam Jenis Ikan Gurame - Ikan gurame merupakan ikan air tawar yang ada di indonesia, malaysia, indochina, Thailand dan india. ikan gurame di indonesia berasal dari kepulauan sumatra, kalimantan dan jawa. Adwinata telah mengelompokkan ikan gurame mejadi dua jenis ikan gurame strain, yaitu soang dan jepung. dari beberapa macam jenis ikan gurame di atas tidak semuanya di jadikan untuk dikonsumsi. beberapa jenis ikan gurame yang ada di bawah ini tujuannya hanya untuk ikan hias, namun bisa juga untuk di konsumsi.

Di bawah ini di lansir darisitus 1001budidaya.com menuliskan artike tentang beberapa macam jenis ikan gurame yang dikelompokkan oleh R.O Adiwinata. beberapa jenisnya yaitu di bawah ini :

  1. Gurame Soang
    Gurame soang ini juga dikenal sebagai gurami jawa barat karena pada awalnya banyak terdapat di Jawa Barat, terutama di Ciamis dan sekitarnya. Gurame jantan memiliki dahi yang lebih menonjol dibandingkan gurami betina. Semakin dewasa, bentuk dahi semakin menonjol ke atas seperti kepala angsa (soang — Sunda). Karena itulah, gurame jenis ini disebut gurame soang.
  2. Gurame Jepun
    Gurame Jepun dikenal dengan nama gurame jawa tengah atau gurami purwokerto. Ukuran tubuhnya lebih kecil, panjangnya maksimal 45 cm dengan bobot 3,5 – 4 kg. Tubuhnya berwarna hitam dengan sisik kecil-kecil. Produksi telurnya 2.000 – 3.000 butir telur per periode bertelur.
  3. Gurame Bastar
    Gurame lain yang banyak dikenal oleh petani di Jawa Barat ialah gurame bastar. Gurami bersisik besar ini berwarna agak kehitaman dengan kepala putih. Sosoknya bongsor seperti gurami soang, tetapi kepalanya tidak terlalu nongnong. Laju pertumbuhannya pun cepat. Sayangnya, produksi telurnya hanya 2.000 – 3.000 butir setiap kali memijah.
  4. Gurame Bluesafir
    Gurame bluesafir ini tubuhnya berwarna merah mudah cerah. Berat maksimum hanya 2 kg/ekor. Sekali memijah, induk betina menghasilkan sekitar 6.000 butir terlur. Gurami ini biasa dijadikan hiasan akuarium.
  5. Gurami Paris
    Tubuh gurami jenis ini berwarna dasar merah muda cerah mirip gurami bluesafir. Kepalanya berwarna putih dan terdapat bintik atau totol hitam di sekujur tubuhnya. Bobot maksimum hanya 1,5 kg/ekor. Gurame paris mampu menghasilkan sekitar 5.000 butir telur sekali memijah. Jenis ini tergolong tidak produktif untuk dijadikan gurami konsumsi.
  6. Gurame Porselen
    Tubuhnya berwarna merah muda cerah dengan bagian bawah tubuh putih. Ukuran kepala relatif kecil. Gurame porselen mampu menghasilkan telur sampai 10.000 butir sekali memijah. Gurami ini dicari sebagai benih unggul.
  7. Gurame Kapas
    Warnanya putih keperakan seperti kapas. Sisiknya kasar dan besar. Bobotnya hanya mencapai 1,5 kg/ekor. Sementara itu, produksi telurnya hanya 3.000 butir sekali memijah.
  8. Gurame Batu
    Warnanya hitam merata dan sisiknya kasar. Pertumbuhannya termasuk lamban. Pada umur 13 bulan bobot hanya mencapai 0,5 kilogram. Karena itu, gurami ini sangat tidak produktif untuk dibudidayakan sebagai gurame konsumsi.
sedangkan artikel yang saya temukan di situs wartegibunur.blospot.com jenis ikan gurame ada 9 macam. yang ada di bawah ini : 

Elephant Ear Gourami (Osphronemus exodon)


Elephant Ear Gourami (Osphronemus exodon)


Red Eye Giant Gourami (Osphronemus goramy var.)


Red Eye Giant Gourami (Osphronemus goramy var.)


Red Tail Giant Gourami (Osphronemus laticlavius)


Red Tail Giant Gourami (Osphronemus laticlavius)


Seven Striped Giant Gourami (Osphronemus septemfasciatus)


True Goramy (Osphronemus goramy)


True Goramy (Osphronemus goramy)

Demikianlah beberpa macam jenis ikan gurame yang bisa menjadi acuan untuk budidaya ikan gurame

No comments:

Post a Comment