Saturday 29 March 2014

Jenis Ikan Lele Yang Biasa Di Ternak - Hewan - Blog Jenis - Jenis Ikan

<b>Jenis Ikan</b> Lele Yang Biasa Di Ternak - Hewan - Blog Jenis - Jenis Ikan


<b>Jenis Ikan</b> Lele Yang Biasa Di Ternak - Hewan

Posted: 25 Mar 2014 04:55 PM PDT

Home » Ikan » Jenis Ikan Lele Yang Biasa Di Ternak

Ada sekitar 4 Jenis Ikan Lele Yang Biasa Di Ternak di berbagai wilayah di Indonesia yang selalu menjadi andalan para peternak ikan lele, kenapa hanya 4 ? jawabannya karena ke empat ikan lele tersebut memiliki keunggulan tersendiri bila di bandingkan jenis ikan lele yang lainnya, salah satu nya yaitu ke empat ikan lele ini memiliki sifat yang mudah beradaptasi dan tahan terhadap berbagai macam penyakit.

 Jenis Ikan Lele Yang Biasa Di Ternak

Sebenar nya ada banyak terdapat jenis ikan lele di seluruh dunia dan salah satu nya ikan lele ini banyak di temukan di perairan Afrika dan Asia, di Asia saja terdapat 20 jenis ikan lele dari genus Clarias, dan masyarakat sekitar memanfaatkan nya sebagai ikan konsumsi  karena selain rasa nya yang gurih, ikan lele juga mempunyai nilai gizi yang bak dan  berprotein tinggi.

Ikan penghuni ari tawar dan payau ini adalah jenis ikan yang aktiv di malam hari dan bila di alam bebas ikan lele ini biasa di temukan di daerah rawa-rawa, danau dan di air tenang, namun seiring berkembang nya jaman ikan lele ini banyak di budidayakan di berbagai pelosok khusus nya di Indonesia.

Jenis ikan lele di Indonesia

1. Ikan lele lokal

Sebelum kian lele dumbo di perkenalkan, ikan lele yang bernama latin Clarias Batrachus ini sudah di kembangkan di Indonesia,  namun saat ini para peternak sudah mulai banyak yang berpindah atau banyak mengganti ikan lele jenis ini dengan ikan lele jenis yang lain nya dengan alasan kurang menguntungkan.

2. Ikan lele dumbo

Ikan lele dumbo ini adalah ikan hasil persilangan antara lele Taiwan dengan lele Afrika ini di datangkan ke Indonesia sekitar tahun 1985, dan ikan lele dumbo ini mulai banyak di budidaya karena mempunyai perkembangan yang sangat cepat bila di bandingkan dengan ikan lele lokal, perbandingan nya yaitu untuk mencapai ukuran tertentu lele lokal memerlukan waktu 1 tahun, tapi dengan lele dumbo hanya memerlukan waktu 2 bulan saja.

3. Ikan lele sangkuriang

Nama sangkuriang ini di ambil dari cerita masyarakat jawa yaitu seorang anak yang mengawini ibu nya sendiri dimana ikan lele jenis ini juga sama karena ikan lele ini di hasilkan oleh persilangan antara ikan lele jantan F6 dengan induk nya sendiri yaitu ikan lele betina F2.

4. Ikan lele phyton

Ikan lele ini juga hasil persilangan antara lele lokal dan ikan lele Thailan F2 dan ikan lele ini juga sangat tahan terhadap cuaca yang dingin sekalipun dan masa pemeliharaan ikan ikan lele jenis ini hanya memerlukan waktu 50 hari saja untuk di panen dengan perbandingan pakan dan penghasilan nya yaitu untuk satu kg pakan yang di berikan akan menghasilkan satu kg daging lele pula.

 Jenis Ikan Lele Di Indonesia

Nah itulah 4 Jenis Ikan Lele Yang Biasa Di Ternak di Negara kita semoga bermanfaat dan terimakasih.

Cat : Ikan, tags: , ,

<b>Jenis Ikan</b> Asin di Medan I (Salted Fish Variety in Medan )

Posted: 23 Mar 2014 08:53 AM PDT

Ini adalah jenis ikan asin yang umum dijumpai di pasar Medan. Banyak cara mengolah ikan asin, digoreng maupun menjadi campuran sayur, disambal maupun dipeyek. Pilihannya banyak sekali tergantung selera anda.

These are the common dried and salted fish that you will find in Medan traditional market or supermarket. There are many ways of cooking it too, deep fried on its own or as ingredient of many Medanese cuisine. We do consume rather a lot of dried fish specially the famous Medan salted baby anchovy or we call it : teri Medan

 ikan asin kresek

 ikan asin belah

split salted fish

 ikan teri tawar

dried unsalted baby anchovy

ikan teri belah

split sated baby anchovy 

 ikan teri Medan

the famous Medan salted baby anchovy

No comments:

Post a Comment