Friday 7 March 2014

Jenis jenis gurami | Penyedia bibit ikan air tawar murah - Blog Jenis - Jenis Ikan

<b>Jenis jenis</b> gurami | Penyedia bibit <b>ikan</b> air tawar murah - Blog Jenis - Jenis Ikan


<b>Jenis jenis</b> gurami | Penyedia bibit <b>ikan</b> air tawar murah

Posted: 22 Feb 2014 09:57 AM PST

Jenis jenis gurami yang telah lama di kenal hanya 2 jenis, yaitu gurami soang (angsa) dan gurami jepun (jepang). Namun saat ini terdapat beberapa strain gurami baru. Ada dugaan bahwa strain strain gurami baru tersebut merupakan keturunan atau perkawinan silang dari gurami soang dan gurami jepun yang mengalami penyesuaian pada masing-masing daerah.

1. Gurami Soang (Angsa)

Gurame soang

Sebutan gurami soang di berikan pada gurami jenis ini karena memiliki 2 dahi yang cukup menonjol baik jantan maupun betina. Sementara cula atau nonong dari dahi tersebut tidak terlihat pada gurami betina jenis gurami lain. Tubuh gurami jantang panjang dan ramping dengan tonjolan dagu yang lebih terlihat daripada gurami soang betina.

Gurami soang termasuk 2 jenis gurami yang di duga asli berasal dari indonesia. gurami jenis soang banyak di temukan di daerah ciamis, tasikmalaya dan daerah sekitarnya di jawa-barat.

Ke unggulan pada gurami soang terlihat dari pertumbuhan yang lebih cepat di banding dengan dua jenis gurami lainya. Dalam waktu satu tahun sejak berupa telur, berat gurami angsa mencapai 700g/ekor. Hal tersebut  di sebabkan gurami jenis soang lebih rakus dalam mengkonsumsi pakan dan memiliki gerakan yang lebih lincah ketika merespon pakan.

Bentuk tubuh gurami soang sedikit tinggi memanjang dan pipih ke samping. Panjang tubuh maximum mencapai 65cm tinggi tubuh 2-21 kali tinggi pada gurami umumnya, dan memiliki berat sebesar 8kg. Pada tubuh gurami soang terdapat garis gurat sisi tunggal yang terlihat dengan jelas. Sisik badanya agak membulat berukuran besar, dan berwarna kecoklatan dengan bintik warna hitam di dasar sirip dada. Gurami soang kecil memiliki sisik berwarna kemerahan, terutama pada bagian ekornya dan terlihat adanya garis vertikal sebanyak 5-12buah dan akan menghilang ketika mulai dewasa.

Produktivitas gurami jenis soang lebih tinggi di banding dengan gurami jenis lain, Gurami soang biasanya sudah bisa menghasilkan bibit mulai 3-5tahun. Jumlah telur yang di hasilkan pun lebih banyak yaitu sekitar 5.000 – 7.000 butir per ekor.

2. Gurami jepun (jepang)

Gurami jepun atau jepang

Varietas gurami jepun ( jepang) juga sudah lama di kenal di indonesia. Gurami ini memiliki ukuran tubuh lebih pendek di banding gurami angsa. Panjang tubuh gurami jepun sekitar 45 CM dengan berat tubuh sekitar 3-4 kg.

Ketika kecil, tubuh gurami jepun berwarna kebiruan dan berubah menjadi hitam atau agak gelap ketika mulai dewasa. Sisik gurami ini juga lebih kecil dari gurami angsa. Produksi telur gurami jepun berkisar 2.000 – 3.000 butir/ ekor.

3. Gurami kapas

Gurame kapas

Gurami kapas memiliki warna tubuh putih keperakan seperti kapas dengan sisik agak besar dan kasar.Berat tubuh gurami kapas dewasa mencapai 1,5 kg per ekor.Dalam waktu satu tahun berat gurami ini mencapai 1.000 g/ekor terhitung sejak telur menetas. Fekunditas telur yang di hasilkan dalam sekali memijah sekitar 3.000 butir per ekor. Gurami jenis ini biasanya banyak di jumpai di daerah magelang jawa-tengah.

4. Gurami bastar

Gurami bastar

Tubuh gurami bastar berwarna agak ke hitaman, sedangkan kepalanya putih polos. dahi kepalanya tidak begitu nonong dan ukuran sisiknya agak besar. meskipun pertumbuhan nya cepat, produksi gurami bastar tidak begitu banyak, yaitu sekitar 2.000 -3.000 butir telur per ekor dalam sekali pemijahan. Varietas gurami jenis bastar dapat di jumpai di daerah jawa barat.

5. Gurami paris

Gurami paris

Tubuh gurami paris berwarna dasar merah cerah. Pada kepalanya gurami paris ini terdapat warna putih, sedangkan pada tubuhnya terdapat bintik-bintik hitam. Gurami paris memiliki berat maksimal 1,5 kg per ekor. Dalam sekali memijah gurami paris mampu menghasilkan telur sekitar 5.000 – 6.000 butir per ekor.

6. Gurami bluesafir

Gurami bluesafir mempunyai warna tubuh merah muda cerah. Berat tubuh per ekor gurami bluesafir lebih berat dari gurami paris yaitu sekitar 2 kg. Induk betina gurami bluesafir memiliki kemampuan memijah dengan fekunditas  3.000 butir per kg berat induknya.

7. Gurami batu

Gurami batu memiliki warna tubuh agak hitam dan sisik yang lebih kasar. Jenis gurami ini sangat jarang di temui karena pertumbuhanya yang sangat lambat menjadikan petani ikan lebih memilih jenis gurami lain daripada gurami batu.

8. Gurami porselin

Gurami porselin

Gurami porselin memiliki ukuran kepala yang lebih kecil dari tubuhnya. Tubuhnya berwarna merah muda terang, sedangkan bagian bawah tubuhnya berwarna agak keputihan. Kemampuan gurami porselin dalam memijah lebih bayak karena mampu menghasilkan telur sekitar 10.000 butir hanya dengan berat tubuh induk sekitar 1,5 kg sampai 2 kg per ekor.

Berdasarkan jenis-jenis gurami yang saat ini di kembangkan, jenis gurami yang memiliki ke unggulan dalam jumlah benih yang di hasilkan adalah gurami soang (angsa), gurami bluesafir, gurami paris. Hal tersebut di sebabkan jumlah terlur yang di hasilkan ke tiga jenis gurami ini mencapai 5.000 butir. Namun dalam hal pertumbuhan tubuhnya, gurami bastar lebih cepat dalam pertumbuhanya dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat.

Demikian sedikit pengetahuan tentang Jenis jenis gurami yang sudah di kenal di indonesia, jika ada salah kata dalam penulisa maupun hal yang sekiranya kurang pas, sebagai penulis saya mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar jika ada yang perlu di tanyakan.

terimakasih.

Wasalamualaikm wr.wb

<b>Jenis</b>-<b>jenis Ikan</b> Hias Air Tawar | Info Pets

Posted: 21 Feb 2014 08:41 AM PST

Seperti kita ketahui ikan hias ada ada yang hidup di perairan laut dan juga ada yang hidup di perairan air tawar. Kali ini saya akan mencoba memperkenalkan jenis-jenis ikan hias yang hidup di air tawar seperti sungai dan danau. Indikator air tawar adalah dimana tingkat salinitasnya lebih rendah dari 0,05 %. Artinya jenis ikan ini mampu menyesuaikan diri (beradaptasi pada tingkat salinitas air dibawah 0,05%.

Sebenarnya banyak sekali jenis ikan air tawar, di Indonesia saja terdapat ratusan spesies ikan hias air tawar yang sudah mulai di budi dayakan oleh masyarakat. Namun pada kesempatan ini saya akan menyebutkan sebahagiannya saja dimana ikan hias air tawar yang sudah sangat populer saat ini.

Arwana











Arulius Barb













Bala Shark













Black Phantom Tetra












Black Tetra












Blood Parrod














Blue Ram













Bucktooth Tetra












Cardinal Tetra













Catfish










Cichlid












Clown Barb











Clown Killfish














Convict Cichlid













Cupang













Decus















Denison's Barb











Electric Catfish














Emperor Tetra












Espei Rasbora














False Spotted Catfish












Pengertian Dan <b>Jenis Jenis Ikan</b> Mas ~ Tips Dan Cara Beternak

Posted: 03 Mar 2014 06:36 AM PST

Ikan mas atau common carp adalah salah satu jenis ikan air tawar. Bentuk tubuhnya panjang dan agak bulat dengan kepala kecil, punggung tinggi dan seluruh badannya bersisik besar. Nama lain dari ikan mas adalah karper, tombro, rayo, ameh, dan masmasan. Ikan mas bisa dibilang ikan nomor satu di Indonesia, karena konsumennya sangat banyak, mulai dari kalangan bawah sampai kalangan atas. Ini wajar, karena daging yang tebal rasanya sangat lezat, dan kandungan gizinya tergolong tinggi. Terlebih lagi bila dimasak dengan berbagai variasi masakan, tentu saja akan mengundang selera makan penggemarnya.

Selain itu, ikan mas sering digunakan sebagai alat hiburan bagi oleh orang-orang yang punya hobi memancing. Ikan mas sudah dibudidayakan sejak puluhan tahun yang lalu, dan bukan ikan aneh bagi orang Indonesia. Karena konsumennya sangat banyak, maka permintaan pasar ikan mas tak pernah surut, sedangkan suplaynya selalu kurang. Keadaan ini menjadikan harga ikan mas tetap tinggi, lebih tinggi dari biaya produksi.

http://beternakcara.blogspot.com/


Saat ini ikan mas mempunyai banyak ras atau stain. Perbedaan sifat dan ciri dari ras disebabkan oleh adanya interaksi antara genotipe dan lingkungan kolam, musim dan cara pemeliharaan yang terlihat dari penampilan bentuk fisik, bentuk tubuh dan warnanya. Adapun ciri-ciri dari beberapa strain ikan mas adalah sebagai berikut:


1) Ikan mas punten: sisik berwarna hijau gelap; potongan badan paling pendek;

bagian punggung tinggi melebar; mata agak menonjol; gerakannya gesit;

perbandingan antara panjang badan dan tinggi badan antara 2,3:1.

2) Ikan mas majalaya: sisik berwarna hijau keabu-abuan dengan tepi sisik lebih

gelap; punggung tinggi; badannya relatif pendek; gerakannya lamban, bila

diberi makanan suka berenang di permukaan air perbandingan panjang badan


dengan tinggi badan antara 3,2:1.

3) Ikan mas si nyonya: sisik berwarna kuning muda; badan relatif panjang;

mata pada ikan muda tidak menonjol, sedangkan ikan dewasa bermata sipit;

gerakannya lamban, lebih suka berada di permukaan air ; perbandingan

panjang badan dengan tinggi badan antara 3,6:1.

4) Ikan mas taiwan : sisik berwarna hijau kekuning-kuningan; badan relatif

panjang ; penampang punggung membulat; mata agak menonjol; gerakan 

lebih gesit dan aktif ; perbandingan panjang badan dengan tinggi badan

antara 3,5:1.


5) Ikan mas koi: bentuk badan bulat panjang dan bersisisk penuh; warna sisik

bermacam-macam seperti putih, kuning, merah menyala, atau kombinasi dari

warna-warna tersebut. Beberapa ras koi adalah long tail Indonesian carp,

long tail platinm nishikigoi, platinum nishikigoi, long tail shusui nishikigoi,

shusi nishikigoi, kohaku hishikigoi, lonh tail hishikigoi, taishusanshoku

nshikigoi dan long tail taishusanshoku nishikigoi.

Dari sekian banyak strain ikan mas, di Jawa Barat ikan mas punten kurang berkembang karena diduga orang Jawa Barat lebih menyukai ikan mas yang berbadan relatif panjang. Ikan mas majalaya termasuk jenis unggul yang banyak dibudidayakan.

<b>Jenis</b>-<b>Jenis Ikan</b> Lele Unggulan - Diluhur Jampe Informasi Page One

Posted: 28 Jan 2014 05:37 PM PST

leleJenis-jenis Ikan Lele Unggulan – Beragam sekali jenis ikan di Dunia ini, banyak pula jenis dan spesies ikan yang hidup di dunia ini. Tak berbeda dengan kebiasaan manusia, ikan pun mempunyai kebiasaan yang berbeda. Contohnya ikan dalam satu spesies saja tidak mungkin sama kebiasaan dan kesukaannya. Tetap saja mereka mempunyai kebiasaan dan favorit masing-masing, baik itu dalam masalah kesukaan terhadap makanan, tempat bermain, tempat favorit (hihihi :D ikan juga punya tempat favorit ternyata), tipe pasangan dan jenis air yang disenangi.

Nah, kali ini akan dibahas sedikit mengenai ikan yang senang hidup dalam air yang banyak lumpur dan penuh dengan lumut hijau atau ganggang hijau. Coba tebak apa? Ya, "IKAN LELE". kalau di daerah saya di kota tasikmalaya (CINEAM) di sebut ikan LELE itu,Ikan JUMBO.Mungkin sudah banyak yang tau ikan yang satu ini, ikan lele termasuk ikan asli air tawar yang biasanya senang hidup dalam kolam yang memiliki air tawar yang dangkal dan banyak lumpur. Tapi kali ini akan dibahas lebih mengenai foto atau gambar jenis-jenis ikan lele nya sobat. Oke langsung saja untuk menghemat waktu kita lihat 9 foto jenis-jenis ikan lele !!

Jenis-jenis Ikan Lele

1.Clarias brachysoma (Jenis-jenis ikan lele)
lele 12.Clarias batu (Jenis-jenis ikan lele)

lele 23.Clarias batrachus (Jenis-jenis ikan lele)

lele 34.Clarias anguillaris (Jenis-jenis ikan lele)

lele 45.Clarias angolensis (Jenis-jenis ikan lele)

lele 56.Clarias anfractus (Jenis-jenis ikan lele)

lele 67.Clarias alluaudi (Jenis-jenis ikan lele)

lele 78.Clarias albopunctatus (Jenis-jenis ikan lele)

lele 89.Clarias agboyiensis (Jenis-jenis ikan lele)

lele 9

Nah, itu dia foto jenis-jenis ikan lele yang bisa kami persembahkan untuk anda kawan, terimakasih telah menyimak dan mengunjungi blog kami Diluhur Jampe Informasi Page One.

–Semoga bisa bermanfaat –

.

No comments:

Post a Comment