Tuesday 8 September 2015

Tips Memilih Jenis Ikan Arwana Yang Akan Mendatangkan ... - Blog Jenis - Jenis Ikan

Tips Memilih <b>Jenis Ikan</b> Arwana Yang Akan Mendatangkan <b>...</b> - Blog Jenis - Jenis Ikan


Tips Memilih <b>Jenis Ikan</b> Arwana Yang Akan Mendatangkan <b>...</b>

Posted: 08 Jan 2014 03:26 PM PST

Jenis ikan arwana yang akan mendatangkan keuntungan jika dipelihara sering menjadi pertanyaan para hobiis yang akan memelihara ikan untuk dijual kembali. Pada dasarnya semua jenis ikan arwana yang dipelihara dan dijual kembali pada saat tubuhnya besar akan mendatangkan keuntungan. Tapi yang perlu diperhatikan adalah anda harus melakukan perawatan dengan baik, karena jika perwatannya tidak baik akan timbul permasalahan dan harganya menjadi rendah. Ikan arwana dari keluarga Scleropages biasanya cedera yang diderita berupa mata yang mudah juling sedangkan sirip dan sungutnya mudah sobek atau patah biasanya di alami oleh ikan arwana dari keluarga Osteglossum. 

Ikan arwana yang akan mendatangkan keuntungan jika dilihat dari segi ekonomis ialah ikan arwana jenis Super Red dan Golden Red. Tapi untuk mendapatkan ikan arwana jenis tersebut yang memiliki ukuran 15 cm agak sulit dikarenakan dengan ukuran tersebut telah dipasarkan ke luar negeri. Sekedar contoh saja ikan arwana Super Red yang memiliki ukuran 12 - 15 cm sekitar Rp 3 - 4,5 juta/ekor kemudian setelah ukurannya mencapai 20 cm laku seharga Rp 7,5 - 10 juta/ekor. Jika akan melakukan pembesaran biasanya dipilih ikan arwana yang memiliki ukuran 10 - 12 cm kemudian dibesarkan sampai ukuran 25 - 30 cm, untuk mencapai ukuran tersebut diperlukan waktu kira-kira 1 tahun.

Sedangkan untuk ikan arwana jenis irian dengan ukuran 7 - 10 cm seharga Rp 30 - 35 ribu/ekor dan dibesarkan selama 6 bulan ukurannya dapat mencapai 15 sampai 17 cm dan harganya pun menjadi Rp 100 - 125 ribu/ekor. Tapi anda jangan melakukan pembesaran ikan arwana hijau/pino masalahnya ikan dengan ukuran 12 - 15 cm haganya Rp 300 - 450 ribu/ekor sedangkan pada saat ukurannya mencapai 25 - 30 cm harganya akan turun kira-kira setengahnya. Yang menjadi penyebab harga nya menjadi turun dikarenakan pada saat masih kecil ikan ini memiliki warna kekuningan tapi pada saat sudah besar warnanya menjadi putih kehijauan. Sekian artikel mengenai jenis arwana yang akan mendatangkan keuntungan semoga bermanfaat, baca juga artikel mengenai Jenis Ikan Arwana dan Urutan Peringkatnya.

Advertisements

<b>Jenis</b> – <b>Jenis Ikan</b> Koi Budidaya | Pusat Informasi Masa Kini

Posted: 03 Sep 2015 06:02 AM PDT

Jenis – Jenis Ikan Koi Budidaya – Ikan koi merupakan ikan hias yang sangat terkenal dan populer. Ikan ini awalnya berasal dari jepang dan menyebar luas keberbagai wilayah dan negara lainnya. Ikan ini memanglah memiliki ragam jenis dan variasi mulai dari bentuknya dan juga warnanya tergantung dengan variasi.

1

Sebelum melakukan pemeliharaan dan juga pembudidayaan harus mengetahui dahulu jenis dan variasi dahulu, untuk memudahkan pencapaian tujuan awalnya dalam pemeliharaan dan juga pembudidayaan. Berikut ada beberapa  jenis  ikan koi yang sangat populer dan juga sangat mudah di budidayakan.

Jenis jenis ikan koi budiaya

a. Ikan koi sanke taisho (Sanke koi fish taisho )

Ikan ini merupakan salah satu ikan yang sangat populer dan juga sudah di kenali masyarakat luas, ikan ini sangat mudah di budidayakan dan juga pemeliharaan yang sangat mudah. Ikan ini terdiri dari beberapa jenis yaitu sanke maruten, sanke doitsu, sanke gin rin sanke dan juga sanke tancho.

b. Ikan koi kohaku (Kohaku koi fish )

Ikan koi ini juga termasuk ikan yang sangat populer dan juga memiliki harga jual yang sangat tinggi. Oleh karena itu, ikan ini sangat mudah di kenal dan juga di kenali masyarakat. Ikan ini memiliki warna yang sangat menarik dan juga memiliki varietes lainnya berupa sanke doitsu, sanke toncho dan lainnya.

c. Ikan koi tancho ( Tancho koi fish )

Ikan koi ini merupakan ikan yang tidak kalah saing dengan ikan yang sudah disebutkan ikan ini sangat populer dan juga banyak yang menyukainya. Karena memiliki warna yang sangat menarik dan juga memiliki nilai seni yang sangat indah. Ikan ini memiliki variates lainnya berupa tancho rin, doitshu tancho dan tancho gin rin.

d. Ikan koi shiro utsuri (Koi fish shiro Utsuri )

Ikan ini juga banyak di kenali banyak masyarakat karena memiliki warna yang sangat bervariasi dan juga bentuk tubuh yang sangat unik. Oleh karena itu, ikan koi ini sangat populer dan juga sangat mudah pemeliharaannya. Namun, perlu di ketahui juga bahwa ikan ini memiliki varietes lainnya berupa shiro utsuri gin rin dan juga lainnya.

e. Ikan koi ki utsuri

Ikan ini termasuk ikan yang populer dan juga langka, sehingga ikan ini memiliki harga jual yang sangat tinggi. Namun, ikan koi ini sangat rentan terhadap lingkungan baru atau penyesuian diri tidak baik di lingkungannya. Sedangkan varietes ikan ini hampir sama dengan lainnya yaitu ki utsuri kin dan juga utsuri gin rin.

f. Ikan koi ki bekko

Ikan ini juga sangat langka di temukan, tetapi ikan ini memiliki harga jual yang sangat tinggi di bandingkan dengan yang lainnya. Namun, pemeliharaan dan juga pembudidayakan ikan ini sangat sulit di lakukan bagi para pemula. Ikan koi ini memiliki warna yang sangat bervariasi mulai dari kuning, keputihan dan juga lainnya.

g. Ikan koi asagi

Ikan koi ini juga sangat populer dan juga sangat di kenali masyarakat, ikan ini memiliki warna khusus dan juga memiliki ragam jenis warna di tubuhnya. Sehingga ikan ini sangat menarik dan juga memiliki daya seni yang sangat tinggi.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Ikan Koi

<b>Jenis Ikan</b> Arwana dan Urutan Peringkatnya | Cara Memelihara <b>Ikan</b> <b>...</b>

Posted: 07 Jan 2014 05:30 PM PST

Jenis ikan arwana dan urutan peringkatnya - Jenis ikan arwana yang diperjualbelikan di toko ikan hias banyak jenisnya seperti ikan arwana Silver, Red Fin, Black Brazil, Golder Red, sampai ikan arwana yang harganya sangat mahal yaitu arwana Super Red. Jangan sampai anda salah memilih ikan arwana, oleh karena itu diperlukan kehati hatian. Meskipun mudah ketika membedakan jenis ikan arwana, tapi yang butuh kecermatan agar mendapatkan jenis ikan yang berkualitas. Dalam menentukan harga ikan arwana dipengaruhi oleh keindahan dari fisiknya, jumlah yang ada di pasar, dan banyaknya permintaan.

Yang masuk pada kriteria di atas adalah ikan arwana jenis Super Red atau biasa disebut naga merah yang berasal dari Kalimantan Barat. Jenis Super Red berada pada posisi pertama dengan harga yang paling mahal. Harga ikan arwana dengan ukuran 12 sampai 15 cm dapat mnecapai US$ 400 sampai US$500 sedangkan yang memiliki ukuran 20 cm dibandrol dengan harga US$ 1.500. Ikan arwana jenis ini biasanya banyak di ekspor ke Jepang. Pada posisi kedua di miliki oleh ikan arwana jenis Golden Red atau biasa di sebut kalesa dari Jambi dengan harga US$ 200 sampai US$ 300 yang memiliki ukuran 12 sampai 15 cm. Sama dengan Super Red ikan jenis Golden Red banyak di ekspor ke berbagai negara diantaranya Jepang, Hongkong, dan Singapura.

Yang menempati urutan ketiga ialah ikan arwana jenis Red Fin atau arwana merah banjar. Harga ikan arwana Red Fin yang memiliki ukuran 15 cm berkisar Rp 3,5 juta/ekor. Di pasar lokal ikan jenis ini banyak dijumpai, tapi anda harus berhati hati karena biasanya para penjual sering menyebutnya Golden Red atau Super Red dikarenakan ikan jenis arwana merah banjar bentuknya mirip dengan arwana Super Red berdasarkan kilau tubuhnya. Ikan jenis Black Arwana Brazil menempati pada urutan ke empat, ikan jenis ini dengan ukuran 15 sampai 20 cm agak sulit di temukan dipasaran. Ketika ukuran tersebut ikan ini memiliki kilau warna biru tua yang menawan, pada tubuh dan siripnya oleh karena itu sering disebut naga biru dari amazon. Untuk harga ikan jenis ini yang memiliki ukuran 15 cm dapat menyentuh harga Rp 350 sampai Rp 400 ribu/ekor.
Ikan arwana yang tidak memiliki peringkat diantaranya ikan arwana silver, arwana hijau, arwana irian. Ikan jenis tersebut banyak dijumpai mulai dari ukuran 7 cm sampai 90 cm, ikan jenis ini dihargai sekitar Rp 30 sampai Rp 40 ribu/ekor dengan ukuran 7 - 8 cm. Sedangkan ikan dengan ukuran lebih dari 50 cm dihargai sekitar Rp 250 sampai 400 rb/ekor, dalam hal ini kualitas menentukan juga. Sekian artikel mengenai jenis ikan arwana, baca juga artikel mengenai Cara Mengolah Air Untuk Ikan Arwana dan Jenis Air Yang Berkualitas.

<b>Jenis Ikan</b> Hias Tercantik dan Terindah di Dunia - Idzsn News

Posted: 29 Aug 2015 08:47 AM PDT

Ikan HiasIkan Hias

Jenis Ikan Hias Tercantik dan Terindah di Dunia | Alam menghidangkan banyak keragaman yang mengagumkan. Pesona Keindahan Ciptaan Tuhan sebenarnya tidak ada duanya. berikut ini 9 jenis ikan paling cantik dan indah didunia. Ikan yaitu hewan yang hidup di air tawar ataupun di air laut banyak type ikan didunia ini nah di bawah ini ada 9 Ikan Paling Cantik di Dunia ingin tahu ikan apa saja,  oleh karena itu simak penjelasannya di bawah ini.

Didunia ini, ada beragam type ikan. Ada yang type ikan buas, ikan hias, ikan ternak serta lain -lain yang memiliki sharing jenis bentuk, corak, serta warna yang berlainan. corak ikan yang menarik serta warnanya yang semarak bikin sangat banyak ikan yang lalu dipelihara lantaran keindahanya. Namun apakah kamu paham.kamu mengerti, type ikan apapun yang dikira terindah dari semua type ikan? mungkin saja di antara kita masih tetap pusing menilainya. silakan memberi penilaian sendiri dari sebagian ikan paling indah didunia berikut ini:

Lion Fish

Ikan ini selain warnanya yang cantik tetapi bentuk nya menyeramkan serta amat beresiko toksinya sungguh menyakitkan serta cukup efisien melukai musuh, ikan ini juga umum di sebut Zebrafish.

Mandarin Fish

Saksikan ikan ini sunguh cantik bukan warnanya ada dua varietas dari spesies ini, yakni Mandarinfish standard serta Psychedelic Mandarin. tetapi yang mempunyai warna paling bagus yaitu varietas yang setandar harga ikan ini juga dijual enggak terlampau mahal cuma kira-kira $20 per ekor, tetapi permasalahan dari ikan ini yaitu sulitnya mencari makanannya.

Parrotfish

Diberi nama begitu lantaran bentuk mulutnya yang serupa paruh burung. Ikan ini memakai mulutnya yang seperti paruh itu untuk memecah serta mengonsumsi invertebrata kecil yg hidup di daerah koral. Umumnya mereka bakal mengonsumsi utuh-utuh bebatuan koral atau pasir-pasir laut, sesudah itu langsung lantas mengunyah invertebrata yg ada di dalamnya, setelah itu sisa-sisanya dibuang. lantas membuang.

Moorish Idol Fish

Ikan ini termasuk jenis kategori ikan yangsulit untuk dipiara di akuarium rumahan, serta paling mahal harga nya. Menurut informasi yang saya dapat ikan jenis termasuk jenis ikan yang paling disukai oleh kaum anak muda.

Ikan Koi

Terdapat beberapa variasi warna dari ikan koi (kira-kira 100an). Koi bisa mempunyai warna oranye, merah, putih, keemasan, atau hitam. Sebagian pengagum koi ikhlas membayar beberapa ribu dolar untuk seekor koi cuma untuk mencari pola warna koi yang langka.

Discus

Ikan ini yaitu type ikan air tawar mungkin saja salah satu ikan air tawar paling cantik yang pernah ada ikan ini dijual dengan harga sagat mahal untuk anakanya saja yang memiliki ukuran sekita 3 inchi dijual dengan harga $50-$80.

Flame Angel

Ikan ini memikiki jalinan dekat dengan Coral Beauty. Sifatnya sama dengan Coral Beauty, namun sifatnya enggak 'seteguh' Coral Beauty.

Coral Beauty

Ikan ini termasuk dalam Angelfish. Ikan2 ini dapat disimpan dalam akuarium2 rumahan serta bisa bertahan hidup dengan baik didalam habitatnya (hardy).

African Cichlids

Ikan ini dikatakan juga sebagai " Sick-Lids ". Ikan ini diketemukan di 3 danau di Afrika : Malawi, Tanganyika, serta Victoria. Spesies yg ada di Danau Victoria jumlahnya kurang bermacam serta kurang berwarna-warni dibanding dengan yang lain. Umumnya mereka tumbuh sampai 6-7 inchi, dengan pengecualian untuk Spesies Frontosoa, yg dapat tumbuh sampai 12-14 inchi.

Lihat Juga: Rumah Termewah di Dunia Saat Ini

<b>Jenis</b> Makanan Arwana yang Baik Untuk Kesehatan Arwana | Cara <b>...</b>

Posted: 18 Feb 2014 03:26 PM PST

Makanan arwana yang baik banyak jenisnya, tapi tidak semua makanan arwana baik untuk kesehatannya. Makanan arwana seperti udang air tawar, ikan seribu, anak ikan mas, anak ikan gabus, katak, kelabangk, jangkrik dan belalang pada umumnya sangat disukai oleh ikan arwana. Jenis makanan seperti ikan dan katak dapat bermanfaat untuk pertumbuhan ikan arwana. Sedangkan untuk memperindah dan mencerahkan tubuh ikan arwana makanan yang cocok adalah berupa udang air tawar, kelabang, jangkrik dan belalang. Tapi berdasarkan pengalaman para hobiis, tidak semua jenis makanan tersebut bagus untuk arwana. Misalnya ikan seribu dan anakan ikan gabus dapat mengakibatkan sungut ikan arwana patah. Karena kedua jenis ikan tersebut pergerakannya sangat lincah jadi ikan tersebut bukanlah mangsa yang mudah ditangkap oleh arwana. Biasanya ikan arwana akan berenang cepat kadang melompat untuk menangkapnya, sehingga tidak menutup kemungkinan ikan arwana terbentur kaca akuarium dan berakibat sungutnya patah.
makanan-arwana-yang-bagus
jenis makanan ikan arwana
Selain kedua jenis ikan tadi, makanan yang tidak baik untuk arwana yaitu udang meskipun udang sangat disukai ikan arwana. Karena udang biasanya berada di dasar akuarium, jadi ikan arwana pandangannya selalu ke arwah bawah dan jika hal ini terlalu sering ikan arwana matanya ditakutkan akan mengalami juling. Anakan ikan mas juga bukan makanan yang baik untuk ikan arwana, karena dapat menjadi pembawa jamur white sopt, selain itu sisiknya yang lepas juga akan membuat air akuarium mengeluarkan bau yang tidak sedap. Terkadang timbul pertanyaan "ikan arwana kan sangat menyukai makanan hidup segar, kemudian apa akibatnya apabila diberikan ketika makanan tersebut sudah mati, apakah arwana bisa dikasih makanan berupa pelet?". Apabila arwana dikasih makanan yang sudah mati, biasanya jika makanan tersebut tidak dimakan akan terapung di atas permukaan air, hal ini dapat menyebabkan menurunnya kualitas dari air akuarium. Makanan segar yang mengapung di atas air biasanya lebih disukai oleh ikan arwana, diantaranya adalah kelabang, jangkrik, belalang, dan katak. Ikan arwana mampu menangkap serangga yang ada di atas air pada habitat aslinya.
Makanan yang diberikan berupa jenis makanan yang berada di permukaan air akan berdampak baik untuk kesehatan matanya supaya tidak mudah juling. Karena sifat alami ikan arwana lebih menyukai makanan yang berada di permukaan air dan makanan tersebut bergerak. Sedangkan makanan yang mati biasanya akan tenggelam ke dasar akuarium dan dapat mengotori air. Jika ikan arwana yang ada di akuarium diberi makanan berupa katak atau hewan lain yang sudah mati akan menimbulkan bau yang tidak enak di sekitar akuarium. Jika pakan tersebut disantap oleh arwana dalam keadaan mati dikhawatirkan akan menyebabkan penyakit perut. Jenis makanan buatan seperti pelet tidak lazim diberikan untuk ikan arwana. Tapi makanan tersebut dapat diberikan karena sudah banyak mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan oleh ikan arwana. Tapi jika pelet tidak dimakan oleh arwana dapat mengakibatkan air akuarium menjadi keruh. Sekian dulu artikel mengenai beberapa jenis makanan arwana yang baik, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Baca juga artikel mengenai Cara Agar Air Akuarium Tetap Bersih dan Kualitasnya Terjaga.

1 comment: