Monday 20 April 2015

Si Ikan Tongkol: Mulai dengan Jenis Ikan Hias yang "Berwarna" - Blog Jenis - Jenis Ikan

Si <b>Ikan</b> Tongkol: Mulai dengan <b>Jenis Ikan</b> Hias yang "Berwarna" - Blog Jenis - Jenis Ikan


Si <b>Ikan</b> Tongkol: Mulai dengan <b>Jenis Ikan</b> Hias yang "Berwarna"

Posted: 27 Jan 2015 12:06 AM PST

Jenis-jenis ikan hias air tawar sangat banyak dan tidak habis-habis untuk dibahas. Mungkin ada baiknya jenis-jenis ikan air tawar kita kelompokkan misalnya menjadi jenis ikan hias air tawar yang populer, jenis ikan hias air tawar yang potensial, jenis ikan hias termahal. Keragaman jenis ikan hias selain berasal dari indonesia juga berasal dari luar indonesia. Namun tidak semua jenis ikan hias tersebut dapat dibudidayakan. Masih banyak jenis ikan hias air tawar yang belum dapat dibudidayakan. Ada beberapa jenis ikan hias yang sangat potensial untuk dikembangakan karena selain dapat dipasarkan didalam negeri juga dapat merupakan komoditas ekspor.

Diskus

jenis ikan hias air tawar
Ikan hias Diskusmerupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang berasal dari sungai Amazon. Jenis ikan tersebut mempunyai nilai ekonomis yang baik dan sangat disenangi di berbagai negara. Di Indonesia ikan Diskus sudah dapat dibudidayakan dan sangat potensil untuk dikembangkan karena selain dapat dipasarkan dipasaran lokal, juga dapat merupakan komoditas ekspor. Ciri khas dari ikan diskus ialah benetuk badannya tubuh pipih, bundar mirip ikan bawal dengan warna dasar coklat kemerah-merahan. Ikan diskus dapat dibudidayakan dan berkembang di air yang jernih, temperatur sekitar 28 - 30°C pH 5 – 6.

Severum

ikan severum
Ikan severum adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Amerika Serikat bagian Utara (S. Arhazone). Tubuhnya pendek, gemuk dan gepeng dengan warna dasar tubuh bervariasi yaitu coklat kekuningan, atau hitam kecoklatan. Jenis ikan ini juga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Induk jantan dari betina dapat dibedakan dari warna dan ukuran induk jantan berwarna lebih cerah dengan induk yang lebih besar dari betina. Makanan yang dapat diberikan jenis ikan ini antara lain: kutu air, cuk, cacing sutera dll.

Ikan Rainbow

ikan rainbow jenis ikan hias
Ikan Rainbow merupakan jenis ikan hias yang banyak diminati masyarakat karena jenis ikan ini juga dapat merupakan komoditi eksport. Rainbow Irian warna dasarnya keperak-perakan dengan warna gelap metalik sedangkan rainbow Sulawesi warna dasarnya kuning zaitun, dengan warna bagian bawah kuning jenis ikan ini termasuk ikan bertelur dengan menempelkan telur pada tanaman air. Jenis ikan ini dapat hidup dan berkembang-biak dalam aquarium maupun bak semen.

Ikan Niasa

ikan niasa jenis ikan hias air tawar
Ikan ini mempunyai tubuh memanjang agak datar, warna dasar kuning keemasan cerah atau hitam pekat. IkanNiasa sangat agresif gerakannya sehingga harus hati-hati kalau akandicampur dengan jenis ikan lain.Induk jantan dan betina dapat dibedakan dari totol kuning sirip anusnya. Ikan jantan biasanya memiliki totol-totol in, sementara si betina tidak. Makanan yang diberikan antara lain : Cuk, kutu air.

Demikian jenis ikan hias air tawar yang potensial di dalam negeri maupun ekspor. Nantikan beberapa jenis ikan hias air tawar yang lain untuk menambah pengetahuan kita tentang ikan hias air tawar. Terus ikuti perkembangan informasi sepeutar ikan hias air tawar.

1 comment: