Friday 17 April 2015

Jenis Ikan Hias Air Laut dan Cara Berbudidaya yang Baik - Blog Jenis - Jenis Ikan

<b>Jenis Ikan</b> Hias Air Laut dan Cara Berbudidaya yang Baik - Blog Jenis - Jenis Ikan


<b>Jenis Ikan</b> Hias Air Laut dan Cara Berbudidaya yang Baik

Posted: 29 Mar 2015 07:33 PM PDT

Jenis Ikan Hias Air Laut - Berikut ini adalah seputar informasi yang kami berikan untuk anda semuanya mengenai Ikan Hias Air Laut. Tentunya dalam menjalani kehidupan yang semakin moderen ini banyak sekali kebutuhan yang ingin kita penuhi, maka dengan usaha yang maksimal dan disertai doa akan terwujudnya keinginan yang kita inginkan. Informasi dibawah ini adalah sebagai penyemangat anda dalam berusaha di bidang yang anda tekuni pada saat ini, simak baik-baik apa yang kami sampaikan.
Mari kita mengenal beberapa jenis ikan hias air laut yang banyak berada di indonesia. ikan laut adalah salah satu habitat makhluk hidup yang sangat misterius. di dalamnya terdapat aneka makhluk hidup yang tidak pernah kita duga, misalnya ikan hias air laut. sangat misterius dan terkadang ikan ikan hias ini berbahaya. akan tetapi di dalam lautan juga banyak sekali menyimpan berjuta juta keindahan. selain taman taman yang ada di dalam lautnya, terdapat juga beraneka ragam aneka ikan hias yang sangat cantik cantik. ikan ikan hias tersebut melengkapi pemandangan taman bawah laut yang sangat menakjubkan. memang di dunia ini lautan lebih luas daripada daratan, oleh karena itu tidak bisa di pungkiri kalau kehidupan di daratan saja sudah sebanyak itu macam makhluk dan tumbuhan yang ada, apalagi di dalam laut yang luasnya lebih dari dua kali lipat luas daratan.

Kehidupan beberapa jenis ikan air laut juga memiliki kehidupan yang sama seperti aneka hewan yang ada di daratan umumnya. mereka butuh pertahanan untuk tetap bertahan hidup di alamnya yang liar. untuk itu, sering kali kita melihat ikan hias yang hidup di laut yang berkelompok dan bersembunyi di balik terumbu karang.

Ikan hias seperti halnya hewan hewan yang ada di daratan, di laut juga banyak sekali terdapat beraneka ragam jenis ikan hias air laut. ada yang sangat cantik dan ada yang sangat berbahaya. ikan ikan cantik yang juga biasa di sebut dengan ikan hias air laut ini memiliki banyak jenis. ada beberapa aneka ikan hias air laut yang tidak semua jenis ikan hias air laut ini bisa kita pelihara. beberapa ikan hias air laut yang bisa di rawat di akuarium. 

  1. Ikan hiasWatchman Gobies
  2. Ikan hias Blue Tangs
  3. Ikan hias yellow tangs
  4. Ikan hias Wrasses
  5. Ikan hias Clowfish / Badut
  6. Ikan hias firefish
  7. Ikan hias Butterlfly Fish
  8. Ikan hias Reef Chromis biru
  9. Ikan hias Clown Gobies hijau
  10. Ikan hias Coral Beauties
  11. Ikan hias Betta
  12. Ikan Hias Tambakan
  13. Ikan hias Angelfish
  14. Ikan hias Archerfish
  15. Ikan hias Arrowana
  16. Ikan Hias Cabing
  17. Ikan Hias Hatchet

Anda juga ingin mengetahui beberapa ikan hias air laut yang menjadi favorit 

Simak beberapa daftar ikan hias air laut di bawah ini yang menjadi favorit bagi pemelihara :

Ikan Clownfish Atau Ikan Badut

Masih ingat dengan film animasi finding nemo?? adalah si tokoh utama di film itulah yang sedang kita bicarakan. ikan ini banyak di pelihara dalam akuarium karena warna yang mencolok dan lucu serta tingkahnya yang lincah. 

Ikan Kepe Kepe Monyong

Bentuk mulutnya yang monyong tajam justru membuat ikan ini nampak unik dan banyak dicari. ikan ini bukan jenis ikan hias air laut indonesia. karena biasanya dijumpai di laut afrika selatan. 

sama seperti jenis jenis ikan hias air laut yang lain, ukuran akuariumnya tidak boleh terlalu kecil, minimal panjang harus 1,5 juga harus dilengkapi dengan rumput laun yang hidup dan beberapa karang sebagai tempat ikan tinggal. 

Demikianlah beberapa jenis ikan hias air laut yang bisa menjadi referensi anda, Baca juga info yang lainya seperti Cara Memelihara Ikan Hias Air Tawar di Akuarium atau Jenis Ikan Mas Koki dan Sifat Dasarnya sebagai sumber referensi untuk anada semuanya dalam melakukan usaha yang sedang anda tekuni, salam sukses untuk sobat semuanya.

Inilah <b>Jenis</b>-<b>jenis Ikan</b> Cupang | Ragam Fauna - duniaq.com

Posted: 24 Mar 2015 03:58 AM PDT

Gambar Ikan Cupangsitusikan.blogspot.com

Ikan cupang adalah ikan air tawar yang berasal dari negara Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Thailand. Ikan ini memiliki karakter yang unik dan cendrung agresif dalam mempertahankan dirinya. Di kalangan para pecinta ikan cupang, ikan ini dibagi menjadi tiga golongan, antara lain: ikan cupang hias, ikan cupang aduan, dan ikan cupang liar.

Ikan Cupang Hias

Ikan cupang hias merupakan kelompok ikan cupang yang paling banyak dipelihara oleh para pecinta ikan hias. Hal ini disebabkan kelompok ikan cupang ini memiliki keindahan warna dan sirip ekor. Hal tersebut tidak ditemukan dalam kelompok ikan cupang aduan dan ikan cupang liar. Karena banyak orang yang memelihara kelompok ikan ini, maka para breeder berlomba-lomba untuk mengembangbiakan dan melakukan persilangan dengan jenis ikan lainnya untuk mendapatkan hasil yang indah dan beragam. Saat ini terdapat lima jenis ikan cupang hias, antara lain:

Halfmoon

Gambar Ikan Cupang Halfmoon

noretz-area.blogspot.com

Ikan Cupang Halfmoon merupakan jenis ikan cupang hias yang memiliki ekor dan sirip yang terlihat seperti menyatu membentuk setengah lingkaran. Ekor ikan ini berbentuk seperti bulan setengah jika dilihat dari samping. Warna yang dimiliki ikan halfmoon sangat beragam mulai dari warna kuning, merah menyala, dan lainnya. Perpaduan warna dan ekor yang cantik menjadikan jenis ikan ini banyak penggemarnya.

Crown Tail (Serit)

Gambar Ikan Cupang Serit

firdausfarm.blogspot.com

Kita bisa sedikit bangga karena ikan cupang serit merupakan jenis cupang hias hasil silangan para breeder Indonesia. Jenis ikan ini menjadi sangat terkenal karena ikan ini memiliki keindahan pada ekornya. Ekor cupang serit terlihat seperti mahkota jika dibalik menghadap keatas. Ikan ini memiliki bentuk sirip yang berbeda dengan jenis lainnya. Sekilas dilihat, sirip ikan in terlihat seperti layar robek.

Yang termasuk dalam jenis cupang serit adalah ikan cupang yang mempunyai dua atau lebih tulang serit. Selain itu, ikan cupang serit juga mempunyai selaput diantara tulang serit.

Plakat (Petarung)

Gambar Ikan Cupang Plakat

pengusaha-cupang.blogspot.com

Ikan cupang plakat merupakan jenis ikan cupang yang berasal dari Thailand. Jenis ini hasil dari persilangan ikan cupang liar dengan ikan cupang aduan. Oleh karena itu, jenis ikan ini dinamakan ikan cupang plakat (bahasa Thailand) yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah tarung atau aduan.

Ikan cupang plakat mempunyai sirip dan ekor yang pendek. Bentuk sirip ini memberikan kesan kokoh dan kekar. Gerakannya pun tidak terlalu anggun. Sehingga, ikan ini terlihat seperti jenis ikan cupang petarung. Namun, warna dan bentuk sisiknya jauh lebih indah jika dibandingkan dengan ikan cupang petarung. Selain itu, jenis cupang ini akan mengembangkan siripnya hingga melebihi 180 derajat jika merasa terganggu. Maka dari itu, jenis ikan cupang ini lebih mengarah ke ikan cupang hias.

Dauble Tail (Cagak)

Gambar Ikan Cupang Double Tail

pinterest.com

Ikan cupang double tail adalah jenis ikan cupang yang mempunyai dua sirip ekor atau ekornya terbelah menjadi dua. Setiap ekor mempunyai ukuran yang sama besar dan sama lebar. Selain itu, jenis ikan ini juga mempunyai pangkal sirip punggung dan sirip anal yang sama panjang. Jika semua sirip cupang double tail ini mengembang sempurna, maka kesatuan sirip tersebut akan membentuk lingkaran utuh.

Jenis cupang ini termasuk dalam cupang yang langka. Hal ini disebabkan tingkat keberhasilan untuk mendapatkan cupang yang sempurna sangat rendah. Oleh karena itu, jenis ikan in jarang diadakan lomba karena keterbatasan peserta.

Giant (Raksasa)

Gambar Ikan Cupang Giant

bettaholic.blogspot.com

Jenis ikan cupang giant merupakan hasil dari pengembangbiakan para breeder Thailand. Ukuran jenis ikan ini termasuk yang paling besar dibandingkan dengan jenis cupang lainnya. Ukuran paling besar ikan ini mencapai 12 cm. Jenis cupang ini merupakan hasil dari perkawinan silang antara ikan cupang plakat dengan ikan cupang lainnya.

Ikan Cupang Aduan

Gambar Ikan Cupang Aduan

cara-memelihara.blogspot.com

Jenis ikan ini biasa digunakan sebagai ikan cupang aduan. Hal ini disebabkan ikan cupang ini memiliki tipe petarung. Ciri-ciri tersebut adalah badannya lebih ramping dibandingkan cupang hias, sisiknya kecil-kecil dan tebal, bentuk jidatnya seperti ikan arwana, jari-jari sirip ekor harus rapat, dan jika diperhatikan, terdapat ckungan dari ujung badan sampai perut.

Ikan Cupang Liar

Gambar Ikan Cupang Liar

binatangpeliharaan.org

Semua jenis ikan cupang pada dasarnya berasal dari ikan cupang liar. Namun, Karena ikan ini memiliki warna dan sisik yang indah, banyak orang yang berlomba-lomba untuk membudidayakan dan dikawinkan (persilangan) dengan jenis ikan lainnya. Hasil dari persilangan tersebut menghasilkan jenis cupang yang sangat beragam dan jauh lebih indah dari yang sebelumnya.

4 <b>jenis</b> Penyakit <b>Ikan</b> Lele Penyebab Kebangkrutan ~ Belajar <b>...</b>

Posted: 04 Apr 2015 12:00 AM PDT

Kamtian dalam jumlah besar adalah salah satu faktor utama penyebab kerugian bahkan kebangkrutan usaha budidaya lele, kematain tersebut rata-rata terjadi karena ikan lele terinfeksi bakteri penyebab penyakit. Satu ikan lele terkena penyakit, dampaknya akan sangat buruk, karena rata-rata penyakit pada ikan dapat menular. Untuk dapat mencegah itu semua anda harus mengetahui penyebab, ciri-ciri ikan lele yang sakit, dan cara pencegahan maupun pengobatanya.

Untuk pencegahan, bisa anda lakukan dengan cara penggantian air yang rutin. Namun jika anda menggunakan kolam tanah sebagai media?, anda harus melakukan pencegahan sedini mungkin. Di dalam tanah banyak mengandung bakteri jahat yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit pada ikan lele. Pencegahan penyakit pada ikan lele untuk budidaya menggunakan media kolam tanah, bisa anda lakukan saat tahap persiapan kolam atau sebelum penanaman benih, biasanya para petani melakukan pengeringan kolam dengan cahaya matahari langsung, tujuanya agar bakteri jahat penyebab penyakit mati, kemudian menamburkan garam ke dasar kolam dan sebagainya, anda bisa membaca tentang tatacara budidaya menggunakan kolam tanah disini.

Inilah bebrapa jenis penyakit pada ikan lele yang sering di temui para petani

Keputihan, ini adalah sebutan nama penyakit pada ikan lele di daerah saya, mungkin di setiap daerah punya sebutan yang berbeda-beda. Penyakit ini di sebabkan oleh jamur, biasanya menyerah ikan lele yang sedang dalam kondisi lemah atau luka. Ciri-ciri-nya terdapat serabut putih seperti kapas di areal sekitar anggota badan yang terluka. Untuk mencegah menularnya penyakit tersebut, anda bisa menggunakan campuran garam, cuka dan air, dengan takaran 1 kg garam untuk kolam ukuran 25m2, cuka 1 botol dan air 5 liter.


Bintik-bintik putih, Penyakit ini di sebabkan oleh bakteri jahat, biasanya di karenakan kondisi air yang kotor, serta banyak endapan sisa makanan di dasar kolam. Ciri-cirinya terdapat bintik-bintik putih di bagian badan dan insang, dampaknya dapat menyebabkan kerusakan bada bagian badan dan insang dan menimbulkan kematian, cara pencegahan agar tidak menular, lakukan penggantian air, buang ikan yang terinfeksi penyakit, taburkan garam ke kolam secukupnya hingga 2-4 hari, kemudian lakukan sanitasi secara rutin.

Parasit, Ikan yang terkena parasit biasanya lebih sering menggantung di permukaan, Parasit sendiri mengakibatkan menurunya nafu makan, merusak kulit dan insang, dan menimbulkan kematian. Ciri-ciri lain selain menggantung di permukaan yaitu keluar lendir, warna ikan agak pucat, dan sirip lebih sering menguncup. Untuk pencegahan agar parasit tidak menular, ganti air kemudian taburkan garam secukupnya, atau menggunakan buah mengkudu yang di haluskan campur dengan air, dan  sedikit cairan kallium permagante, tunggu hingga menyatu, kemudian taburlkan ke kolam.

Penyakit Cacar, penyakit ini salah satu penyakit terganas pada ikan lele maupun ikan air tawar lainya, ciri-cirinya terdapat borok di bagian badan, penyakit ini di timbulkan karena ikan terinfeki bakteri Aromonas dan Pseudomonas. Untuk pengobatan anda bisa menggunakan bahan-bahan, daun pepaya, buah mengkudu, dan garam, caranya tumbuk daun pepaya, campur dengan potongan buah mengkudu yang telah masak, sedikit garam dan air, kemudian taburkan ke kolam.

Akan lebih baik jika anda melakukan pencegahan sedini mungkin ketimbang mengobati lele yang sudah terkena penyakit, pencegahan penyakit akan memaksimalkan hasil panen budidaya lele. Untuk melakukan pencegahan hal yang harus sanagt di perhatikan adalah keberihan. Kebersihan kolam air dan lingkungan sekitar kolam, kemudian lakukan penggan tian air secara rutin, 2 minggu sekali, sanitasi secara rutin, minimal 4 hari sekali.

Untuk pengobatan alami anda bisa menggunakan garam, dan tanaman maupun buah-buahan sperti buah mengkudu, kunyit, bawang putih dan daun pepaya.

7 Gambar <b>Jenis Ikan</b> Louhan | Ragam Fauna - duniaq.com

Posted: 23 Mar 2015 12:53 AM PDT

Gambar Ikan Louhanserilaman.sekolah4u.com

Pernahkah kamu memelihara ikan louhan ini? kita mungkin pernah memelihara ikan ini meskipun belum faham mengenai ikan ini. Mungkin, kita memelihara ikan ini karena mengikuti trend pada saat itu. Ya….ikan ini memang pernah menjadi ikan hias primadona di negeri ini pada awal milenium. Hampir setiap rumah terdapat akuarium untuk memelihara ikan ini. Namun, yang unik pada saat itu, sebagian besar orang yang memelihara ikan ini belum faham mengenai jenis ikan louhan apa yang dipelihara.

Memang cukup unik penyakit "demam" ikan louhan pada saat itu. Nah…sedikit bernostalgia untuk mengenang kejayaan ikan ini, mari kita membahas jenis-jenis ikan louhan yang pernah populer di Indonesia ini. Mungkin, dari beberapa jenis ikan ini, ada jenis ikan yang pernah kamu pelihara.

Ikan Louhan Cencu

Gambar Ikan Louhan Cencu

anekaikanhias.com

Ikan louhan cencu disebut juga dengan ikan louhan mutiara. Ikan louhan ini identik dengan bintik-bintik kecil seperti mutiara di seluruh tubuhnya. Ikan louhan cencu saat ini dibagi menjadi dua tipe yaitu klasik dan modern. Ikan louhan cencu klasik mempunyai warna merah cerah dan warna merahnya lebih dominan. Mutiaranya lebih sedikit jika dibandingkan dengan ikan louhan cencu modern. Memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan ikan louhan cencu modern. Namun, jenong kepalanya lebih kecil daripada ikan louhan cencu modern.

Ikan Louhan Kamfa

Gambar Ikan Louhan Kamfa

anekaikanhias.com

Ikan louhan kamfa atau disebut juga dengan ikan louhan golden flower termasuk dalam ikan louhan yang populer dikalangan para pecinta ikan hias. Ikan louhan kamfa mempunyai sirip yang lebar dan lebih kaku jika dibandingkan dengan ikan louhan jenis lainnya. Namun, ikan louhan kamfa ini tidak mempunyai marking di badan atau di kepalanya.

Ikan Louhan Golden Red

Gambar Ikan Louhan Golden Red

anekaikanhias.com

Ikan louhan golden red adalah ikan louhan yang berasal dari Thailand. Ikan yang biasa disebut juga ikan louhan golden trimaculatus ini mempunyai perpaduan warna merah dan kuning. Perpaduan warna tersebut tidak akan tampak ketika louhan golden red ini masih kecil. Bahkan ketika masih kecil, ikan jenis ini sangat mirip dengan louhan cencu.  Untuk bisa memperoleh perpaduan warna merah dan kuning yang indah, louhan golden red akan bermutasi terlebih dahulu. Mutasi yang dimaksud adalah perubahan sisik pada ikan. Proses mutasi mempunyai beberapa tahap yaitu sisik dari warna biasa (seperti warna louhan pada umumnya saat kecil) menjadi warna hitam arang. Kemudian warna ini akan berubah ke warna terakhir yaitu perpaduan warna merah dan kuning.

Ikan Louhan Super Red Texas

Gambar Ikan Louhan Super Red Texas

anekaikanhias.com

Ikan louhan super red texas merupakan salah satu jenis ikan louhan yang berasal dari Thailand. jenis ikan ini merupakan hasil dari persilangan antara ikan texas chiclid yang berwarna abu-abu dengan ikan louhan golden red atau jenis red lainnya. Sehingga dihasilkan ikan louhan super red texas yang indah.

Ikan Louhan Rainbow King

Gambar Ikan Louhan Rainbow King

anekaikanhias.com

Ikan louhan rainbow king merupakan ikan yang memiliki marking yang berbeda dengan jenis ikan lainnya. Jenis ikan ini memiliki marking horisontal, badan kotak, dan perpaduan warna merah dan kuning, ada juga yang memiliki warna biru. Perpaduan tersebut menjadikan jenis ikan ini terlihat sangat indah. Tidak heran kalau ikan louhan rainbow king ini merajai kontes louhan internasional. Karena hal tersebut, tidak sedikit pedagang yang menjual louhan kamfa, tapi menyebutnya louhan rainbow king.

Jika kamu ingin membeli louhan rainbow king, pastikan terlebih dahulu bahwa ikan tersebut merupakan louhan rainbow king. Kenali ciri-ciri jenis ikan ini agar kamu tidak tertipu.

Ikan Louhan Super Red Synspillum

Gambar Ikan Louhan Super Red Synspillum

anekaikanhias.com

Satu lagi jenis ikan louhan yang berasal dari thailand yaitu ikan Louhan Super Red Synspillum. Jenis ikan ini dijuluki sebagai kamfa-nya Thailand. Jenis ikan ini memiliki warna merah bata dan sedikit orange. Untuk mengetahui jenis ikan ini, kamu bisa melihat warna matanya yang merah atau kuning, siripnya kaku dan lebar, jenongnya waterhead, dan tidak memiliki marking di kepalanya.

Ikan Louhan Strom

Gambar Ikan Louhan Strom

wikipedia.org

Ikan louhan strom merupakan jenis ikan louhan yang masih baru. Jenis ikan ini berasal dari Thailand dan masih belum banyak informasi mengenai jenis ikan ini. Namun, jika diamanti, jenis ikan ini memiliki marking horisontal dan mutiaranya besar-besar.

No comments:

Post a Comment