Friday 12 September 2014

Jenis-Jenis Kolam Ikan Air Tawar | Budidaya Ikan - Blog Jenis - Jenis Ikan

<b>Jenis</b>-<b>Jenis</b> Kolam <b>Ikan</b> Air Tawar | Budidaya <b>Ikan</b> - Blog Jenis - Jenis Ikan


<b>Jenis</b>-<b>Jenis</b> Kolam <b>Ikan</b> Air Tawar | Budidaya <b>Ikan</b>

Posted: 31 Aug 2014 10:00 PM PDT

kolam air tawarJenis-jenis kolam ikan air tawar sangat beragam dari segi fungsinya. Salah-salah Anda memilih kolam yang tidak cocok untuk jenis ikan yang akan dibudidayakan. Contohnya adalah dalam memilihara ikan gurame pasti berbeda dengan cara memilihara ikan lele, sehingga membutuhkan jenis kolam yang berbeda. Sebelum tahu lebih jauh mengenai cara budidaya baiknya kenali jenis-jenis kolam ikan berdasar fungsinya. Dalam hal budidaya kolam ikan air tawar di bedakan menjadi tiga jenis yaitu:

  1. Kolam tanah, dari namanya kita bisa tahu kalau kolam ini beralaskan tanah. Biasanya kolam tanah banyak di temukan di dekat sawah karena dekat dengan sumber air. Kolam tanah biasanya digunakan untuk budi daya ikan-ikan besar seperti gurameh dan ikan patin.
  2. Kolam semi intensif, kolam jenis ini sering kita jumpai di kolam pemancingan ikan. Pinggiran kolam biasanya terbuat dari tembok namun bagian dalam kolamnya terbuat dari tanah. Kolam semi intensif biasanya digunakan untuk tempat pemancingan maupun budi daya ikan hias seperti koi.
  3. Kolam intensif, kolam ini biasanya digunakan dalam proses pemijahan. Bentuk keseluruhan kolam terbuat dari tembok. Dalam kolam intensif itu sendiri terbagi lagi kedalam beberapa jenis, seperti:
  4. Kolam pemijahan, yaitu kolam yang digunakan untuk tempat perkawinan ikan. Saat induk ikan sudah berumur cukup untuk dikawinkan, beberapa induk betina akan diletakkan di kolam pemijahan dengan satu induk jantan.
  5. Kolam penetasan, yaitu kolam yang digunakan untuk menetaskan telur-telur ikan. Dalam penetasan telur ikan, perlu pengamatan yang intensif atau telur-telur bisa mati atau dimakan oleh induk ikan itu sendiri.
  6. Kolam pemeliharaan benih, yaitu kolam yang digunakan untuk memelihara benih ikan sampai ukuran yang siap untuk dijual.

Jenis-jenis kolam ikan air tawar diatas setidaknya dapat memberi sedikit gambaran tentang kolam yang akan Anda gunakan dalam budidaya ikan air tawar sehingga Anda tidak salah dalam memilih. Kolam sejatinya adalah tempat tinggal ikan itu sendiri jadi pilihlah tempat tinggal yang nyaman untuk ikan.

.

1 comment:

  1. Terimakasih infonya, jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2o9Kvb9

    ReplyDelete