Sunday 6 July 2014

mancing ikan laut: jenis ikan yang dicari - MANCINGIKAN.COM - Blog Jenis - Jenis Ikan

mancing <b>ikan</b> laut: <b>jenis ikan</b> yang dicari - MANCINGIKAN.COM - Blog Jenis - Jenis Ikan


mancing <b>ikan</b> laut: <b>jenis ikan</b> yang dicari - MANCINGIKAN.COM

Posted: 19 Jun 2014 03:31 AM PDT

It looks like nothing was found at this location. Maybe try one of the links below or a search?

Try looking in the monthly archives. :)

Beberapa <b>jenis</b>-<b>jenis ikan</b> hias air tawar INFO DUNIA PERIKANAN

Posted: 28 Jun 2014 10:12 PM PDT

Negeri ini memiliki banyak jenis ikan hias air tawar. Menurut catatan KKP, terdapat lebih dari 1.100 spesies ikan hias air tawar yang diperdagangkan secara global. Dari jumlah itu, negeri kita memiliki 400 spesies. Namun hanya sekitar 90 spesies yang dibudidayakan masyarakat.

Ikan hias air tawar lebih mudah dibudidayakan dibanding ikan laut. Teknologinya sederhana dan biayanya murah. Sehingga bisa dilakukan dalam sekala atau usaha rumahan. Berbeda dengan ikan hias air laut memerlukan fasilitas padat modal. Tak heran bila ikan hias air laut masih didominasi oleh hasil tangkapan.

Sebagian besar ikan hias air tawar diproduksi untuk kebutuhan hobi. Ikan hias air tawar asal Indonesia yang menjadi primadona diantaranya arwana dan cupang. Disamping itu para penangkar juga berhasil mendomestikasi ikan impor seperti koki, koi, discus dan guppy.

Jenis paling populer

Tidak semua ikan hias dibudidayakan secara masif, ini terkait dengan pangsa pasar dan tingkat kesulitan budidayanya. Berikut ini beberapa jenis ikan hias air tawar yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia, diperdagangkan secara meluas dan mudah dibudidayakan:

1. Ikan koi

Ikan koi atau Cyprinus carpio L pertamakali dipopulerkan di Jepang. Sekitar tahun 1820-an para penangar ikan di Jepang berhasil menyilangkan beberapa strain ikan mas menjadi ikan dengan warna merah dan putih yang menarik. Ikan hasil persilangan ini dikenal dengan nama koi. Kemudian tahun-tahun berikutnya berkembang ikan koi dengan berbagai varian warna menarik lainya.

Ikan koi merupakan ikan hias air tawar yang cocok dipelihara di kolam bukan akuarium. Karena daya tarik ikan koi terdapat pada warna-warni yang indah bila dilihat dari atas. Selain itu, ikan koi juga memerlukan ruang gerak yang luas. Jenis ikan hias air tawar ini cukup mudah dikembangbiakan, namun sulit mendapatkan koi berkualitas. Baca panduan teknis budidaya ikan koi.

Panduan teknis budidaya ikan koi

2. Ikan cupang

Ikan cupang atau Betta sp. merupakan salah satu jenis ikan air tawar endemik negara-negara di Asia Tenggara. Ikan ini berkembang baik di rawa-rawa daerah tropis. Ikan cupang sanggup hidup dalam volume air yang sedikit dan minim oksigen. Cupang dapat dipelihara dalam toples kecil dan tidak perlu mesin penghasil gelembung (aerotor).

Ikan cupang dipelihara sebagai ikan hias dan ikan aduan. Selain warna sisik dan siripnya yang berkilauan, ikan ini mempunyai sifat agresif. Cupang bisa merobek-robek sesamanya dalam pertempuran yang berlangsung berjam-jam lamanya.

Ikan cupang sangat mudah dibudidayakan. Tidak memerlukan fasilitas mahal dan bisa dilakukan dalam skala rumahan. Baca cara praktis budidaya ikan cupang.

Jenis-jenis ikan hias air tawar

3. Ikan arwana

Nama latin ikan hias air tawar ini adalah Scleropages sp. Arwana merupakan salah satu ikan endemik Indonesia. Ikan ini banyak ditemukan di perairan air tawar Kalimantan dan Papua. Dahulu, ikan arwana didapat dari perburuan di alam bebas. Namun saat ini sudah bisa dibudidayakan.

Ikan arwana merupakan salah satu ikan hias air tawar yang berharga tinggi. Harga per ekornya mencapai jutaan rupiah, terutama untuk jenis-jenis tertentu. Sentra produksi ikan arwana ada di Kalimantan dan Sumatera.

Jenis-jenis ikan hias air tawar

4. Ikan koki

Ikan koki (Carrasius auratus) masih satu keluarga dengan ikan mas. Pertamakali dikenal sebagai ikan hias di Cina. Namun yang mempopulerkan ikan koki adalah bangsa Jepang. Dari negeri ini, ikan koki menjadi semakin variatif dengan berbagai warna dan bentuknya.

Ikan koki sudah lama masuk ke Indonesia dan dibudidayakan meluas. Sentra produksi koki terbesar ada di Tulungagung, Jawa Timur. Kota ini memproduksi lebih dari 55 juta ekor ikan koki setiap tahunnya. Sebagian besar ditujukan untuk pasar domestik, sebagian lainnya untuk ekspor.

Jenis-jenis ikan hias air tawar

5. Ikan guppy

Ikan guppy (Poecilia reticulate) berasal Amerika Tengah dan Selatan. Ikan ini sangat mudah beradaptasi sehingga penyebarannya meluas ke seantareo bumi. Terdapat catatan pada tahun 1929, di Jawa Barat banyak ditemukan ikan guppy di parit-parit. Saat ini ikan guppy bisa ditemukan di perairan air tawar di Indonesia.

Ikan guppy merupakan jenis ikan hias air tawar yang gampang dibudidayakan. Ikan guppy bereproduksi secara internal dan melahirkan anak. Anak-anak ikan guppy bisa langsung berenang dengan baik.

Guppy kawin dengan memasukan organ gondopodium yang berada pada sirip anal kedalam organ telur betina. Dalam satu kali perkawinan dapat menghasilkan 3 kali kelahiran dalam waktu tiga minggu. Seekor indukan betina dapat menghasilkan sekitar 60 burayak.

ikan hias air tawar

6. Ikan louhan

Ikan louhan termasuk dalam keluarga Cichild dan tidak ditemukan di alam bebas. Ikan hias air tawar ini merupakan hasil persilangan dari berbagai jenis ikan Cichlid. Louhan pertama kali dikembangkan di Malaysia. Banyak orang menyukai ikan ini karena warna sisik dan benjolan dikepalanya. Selain di Malaysia, ikan ini dikembangkan juga di Taiwan.

Kini ikan louhan menyebar ke berbagai negara. Iklan louhan mempunyai sifat agresif dan bila lepas ke perairan umum bisa menjadi predator bagi ikan lainnya. Banyak kritik yang dialamatkan pada ikan ini, diantaranya dianggap merusak strain-strain ikan Cichlid.

7. Ikan discus

Ikan discus (Symphysodon discus) berasal dari perairan Amazon. Disebut discus karena bentuknya seperti piringan (disc) dengan warna-warni yang atraktif. Pembawaan ikan hias air tawar ini sangat tenang dan gerakannya lembut, sehingga disebut raja akuarium. Ikan yang paling besar bisa mencapai diameter 15 cm.

Discus cocok dikembangbiakan di iklim tropis dengan suhu air 25-30oC. Untuk pemeliharaan dalam akuarium harus sedikit telaten, karena ikan discus mudah stress.

Jenis-jenis ikan hias air tawar
Perkembangan pasar ikan hias air tawar

Secara global perdagangan komoditas ikan hias air tawar jauh lebih besar dari ikan hias air laut. Pangsa pasarnya mencapai 85%. Hal ini terjadi karena ikan hias air tawar kebanyakan bisa dibudidayakan, sementara ikan hias air laut lebih banyak dari hasil tangkapan. Semakin hari permintaan ikan hias air tawar semakin terus meningkat. Mungkin karena harganya yang relatif lebih murah dari ikan hias air laut.

Pada beberapa dasawarsa kebelakang, Indonesia hanya mengekspor ikan hias ke Singapura. Dari Singapura ikan-ikan ini diekspor lagi ke berbagai negara. Namun saat ini, ekspor kita sudah menembus 60 negara dengan nilai lebih dari 50 juta dolar AS dan peningkatan sekitar 9% per tahunnya. Indonesia pun selalu menjadi 5 besar eksportir ikan hias dunia.

Dari sisi keragaman ada lebih dari 300 jenis ikan hias air tawar maupun laut yang menjadi andalan ekspor. Biasanya ikan hias yang layak ekspor diseleksi berdasarkan enam kriteria, yakni ukuran, jenis, keseragaman, keunikan bentuk dan warna, bebas penyakit, dan daya adaptasi.

sumbar: http://www.alamtani.com/ikan-hias-air-tawar.html

prayoga adi: <b>JENIS</b> - <b>JENIS IKAN</b> CUPANG

Posted: 23 Jun 2014 11:46 PM PDT

Ikan cupang merupakan ikan hias berukuran kecil yang memiliki warna dan jenis yang beraneka ragam dan penuh pesona. Ikan yang habitat aslinya berada di rawa ini memiliki peluang bisnis yang bagus, selain itu juga sangat mudah berkembang biak.

macam jenis ikan cupang
Banyak kalangan yang menyukai ikan cupang, dari anak kecil sampai orang dewasa banyak yang hobi memelihara ikan cupang, tidak heran jika ikan cupang jenis tertentu dihargai hingga jutaan rupiah. Selain untuk hiasan, ikan cupang sering dijadikan media taruhan, terutama ikan cupang jenis bagan yang biasanya diadu. Nama bagan diambil dari nama Kota Bagan Siapi Api di Sumatera Utara, karena memang cupang ini berasal dari sana.

1. Halfmoon

Ikan Cupang Halfmoon Merah

Dan yang mirip burung merak ini, adalah halfmoon, atau setengah bulan. Sirip nya bisa mengembang sampai setengah lingkaran. Cupang ini yang mendatangkan banyak rejeki. Baik warna, sirip dan ekornya sangat memikat. Half moon adalah cupang asal Thailand. Kurun waktu sepuluh tahun ke belakang ikan ini merambah pasaran Indonesia. Kemampuan sirip bisa mengembang hingga seratus delapan puluh derajat.

2. Serit

ikan cupang crowntail serit
Ikan cupang serit memiliki ciri sirip bergerigi dan menjuntai panjang mirip sisir. Cupang ini berasal dari perairan Indonesia. Harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah, bila kualitasnya ekspor.

3. Plakat

ikan cupang plakat pelangi
Plakat bentuknya hampir sama dengan tipe petarung. Namun bila amarahnya terusik, tipe plakat ini akan mengembangkan siripnya hingga tegak melebihi 180 derajat, inilah yang membedakan dengan cupang petarung.

CARA MENGAWINKAN IKAN CUPANG

Jikan adna ingin mengawinkan ikan cupang, pastikan anda sudah memastikan ikan cupang btina dan jantan yang anda pilih adalah yang terbaik, karena hal ini yang akn menentukan kualitas biit ikan cupang yang akan dihasilkan. Jika sudah, mari kita pelajari tentang bagaimana mengawinkan ikan cupang,Langkang-langkah mengawinkan ikan cupang :

  • Pilihlah indik jantan dan betina yang agresif dan aktif
  • Pisahkan antara induk betina dan indik jantan, dan diberi makan yang cukup selama 5-6 hari.
  • Masukkan masing-masing induk ikan cupang kedalam satu wadah yang telah diberi tanaman tempat bertelur seperti enceng gondok
  • Biarkan sampai 3-4 hari, telur akan menempel pada daun
  • Pindahkan induk cupang betina dan beri makan secukupnya
  • Setelah telur menetas, jangan diberi makan sampai 2-3 hari
  • Kemudian selama 2-3 hari selanjutnya anak-anak ikan cupang tersebut dapat diberi makan infosuria

Ciri – Ciri Ikan Cupang Siap Kawin

  • Ciri ciri ikan cupang jantan siap kawin ialah,sudah membuat buih dan busa.
  • Ciri ciri ikan cupang betina siap kawin adalah sudah muncul titik putih d bawah perutnya.

(sumber: indonesiabondowoso)

Mengenal <b>Jenis</b>-<b>jenis Ikan</b> Arwana | tipstricksptc

Posted: 24 Jun 2014 03:17 AM PDT

Siapa yg tak kenal dgn ikan yg satu ini....
Yuk kita akan mengenal lebih dlm jenis-jenis ikan arwana ini. Ikan ini tergolong langka dihabitat aslinya yaitu dikalimantan dan papua.
Ikan ini mempunyai bentuk tubuh yg khas, berkesan gagah dan sedikit angkuh, dilengkapi dgn sungut pd mulutnya dan sisik yg besar dgn susunannya yg harmonis, membuat keindahan dari ikan ini sangat menonjol. Ikan ini berenang dgn tenang sehingga jika diletakkan dlm akuarium akan membuatnya benar benar terlihat sebagai ikan yg anggun sebagai hiasan rumah. Makanya yg dulunya hidup disungai sekarang hidupnya kebanyakan dikolam ataupun akuarium banya pehobi yg suka dgn ikan ini selain perawatanya yg mudah pasti asik juga untuk tontonan penghilang stress lho hehehe....

Pertama saya perkenalkan jenis arwana yg dikenal dgn nama SUPER RED


Mengenal Jenis-jenis Ikan Arwana
Super Red berasal dari berbagai tempat di Propinsi Kalimantan Barat, seperti dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum yg dikenal sebagai habitat dari Super Red (Chili dan Blood Red). Perairan ini mrpkan wilayah hutan gambut yg menciptakan lingkungan primitif bagi ikan purba tersebut. Akan tetapi kondisi mineral, lingkungan air gambut (black water), dan banyaknya cadangan pangan yg memadai telah mengkondisikan pengaruh yg baik terhadap evolusi warna pd ikan yg bersangkutan. Pengaruh geografis itu juga menyebabkan terciptanya variasi yg berbeda terhadap morfologi ikan ini, seperti badan yg lebih lebar, kepala berbentuk sendok, warnah merah yg lebih intensif, dan warna dasar yg lebih pekat.
Warna merah penuh tampak pd sirip ikan muda, pd bibir dan juga sungut. Menjelang dewasa, warna merah akan muncul di berbagai bagian tubuh lainnya, terutama pd tutup insang dan pinggiran sisik, sehingga tubuh ikan terlihat berwarna merah.
Arwana merah dikelompokkan dlm 4 varietas, yaitu Merah Darah (Blood Red), Merah Cabai (Chili Red), Merah Orange (Orange Red), dan Merah Emas (Golden Red). Keempat varietas ini secara umum diberi julukan Super Red atau Merah Grade Pertama (First Grade Red), meskipun dlm perkembangannya super red lebih merujuk pd Merah Cabai dan Merah Darah. Sedangkan dua varietas terakhir lebih sering di anggap sebagai super red dgn grade lebih rendah.
Ikan ini harganya juga paling mahal lho dikelasnya siapa hayo yg mau ternak baca selengkapnya disini

Kedua saya perkenalkan jenis arwana yg sering kita jumpai dgn mudah dipasaran yaitu jenis Arwana jenis Silver


Mengenal Jenis-jenis Ikan Arwana
Arwana Silver ini memiliki bentuk tubuh yg berbeda. Dengan bentuk tubuh yg panjang dan sirip yg panjang pula, mulai dari bagian tengah badan sampai pd ujung ekor memberi kesan yg sangat anggun saat berenang. Arwana ini dapat tumbuh sampai 50 - 60 cm. Jenis ini berasal dari Amerika Selatan, namun saat ini sudah dapat di kembang biakkan di indonesia. Memang harga dari Arowana jenis ini lebih murah dari jenis Jardini. Namun jika arwana ini sudah berukuran besar sangat indah untuk di pandang.
Belakangan tersiar kabar bahwa jenis ini sudah ada dgn warna platinum silver (warna silvernya menyerupai warna platinum & merata di seluruh tubuhnya). Wah keren deh om pokoknya aku pernah punya sampai sepanjang 60cm lebih tapi sayangnya mati pas ditinggal mudik pecah kaca akuariumnya ikan ini kalau lapar kaca setebal 1cm pecah om.... Sapa hayo yg mau ternak jenis ikan ini baca selengkapnya disini

Ketiga saya perkenalkan jenis arwana yg dikenal dgn nama Arwana Irian


Mengenal Jenis-jenis Ikan Arwana
Arwana ini memiliki variasi warna yg cukup menarik om. Warna dasarnya adalah hitam kecoklat-coklatan dgn bintik-bintik kuning ke emasan pd bagian tengah sisik-sisiknya, bahkan di bagian kepala (pipi) sampai pd sirip & ekornya pun terdapat bintik-bintik kuning tersebut. Jardini berasal dari australia, meski sering ditemukan di pulau Irian. Maka dari itu jenis ini juga terkadang disebut arwana Irian oleh para hobbies.
Jardini arowana sebenarnya ada dua jenis warna, yaitu w arna dasar lebih gelap dan yg lebih terang. Yang memiliki warna dasar lebih gelap adalah scleropqges jardini dan yg memiliki dasar lebih terang adalah scleropqges leichharti.

Keempat saya perkenalkan jenis arwana yg dikenal dgn nama Banjar Merah

Banjar Merah boleh dikatakan mrpkan varietas arwana merah kelas 2 dan diketahui bukan mrpkan strain murni arwana merah. Penampakannya ditunjukkan oleh warna sirip yg orange pucat, ekor berwarna orange atau kuning, dan tidak memiliki warna merah di badan maupun di pipi. Sepintas Banjar Merah muda sangat mirip dgn Arwana Merah muda, sehingga tidak jarang hal ini dapat mengecoh para hobiis baru. Banjar dicirikan juga oleh bentuk kepala yg cenderung membulat dgn mulut yg tidak terlalu lancip.



Mengenal Jenis-jenis Ikan ArwanaMengenal Jenis-jenis Ikan Arwana

Cantik-cantik bukan heemmm.... siapa ni yg berencana mau melestarikannya
dikutip dari : http://www.hobianekausaha.com/

Title : Mengenal Jenis-jenis Ikan Arwana
Description : Siapa yg tak kenal dgn ikan yg satu ini.... Yuk kita akan mengenal lebih dlm jenis-jenis ikan arwan...

<b>Ikan</b> Japung Waduk Darma di Landa Kematian Masal

Posted: 29 Jun 2014 07:10 PM PDT

Ikan mas dan mujaer dalam ratusan kolam jaring terapung di perairan Waduk Darma, Kabupaten Kuningan, kembali dilanda kematian massal.

Kematian massal ikan tersebut, menurut sejumlah masyarakat dan pemilik japung di Waduk Darma, telah berlangsung selama tiga hari terakhir, karena faktor cuaca buruk.

Menurut sejumlah pemilik kolam japung di perairan Waduk Darma sekitar Desa Jagara, Kecamatan Darma, akibat musibah tersebut, hampir sebagian besar ikan emas dan mujair dalam ratusan kolam japung, mati tidak terselamatkan. Namun, sejauh ini belum ada pihak yang mendata total ikan yang mati serta taksiran kerugaian materinya.

Ikan-ikan yang terkena musibah kematian massal kali ini, menurut para pemilik japung di Waduk Darma, sebagian besar sudah usia layak panen dipersiapkan untuk panen maremaan lebaran idul fitri yang akan datang.

Sebelumnya, kawasan perairan Waduk Darma sepekan yang lalu sempat beberapa hari diliputi dulu cuaca buruk. Menyikapi itu, para pemilik kolam japung diperairan itu pun, segera berupaya penyelamatan ikan peliharaan mereka, dari ancaman kekurangan oksigen akibat cuaca buruk.

Di antaranya dengan memasang mesin pompa dan jaringan pipa sirkulasi air pada rangkaian kolam japung, sampai memondah-mindahkan posisi rangkaian kolam japungnya mencari kondisi air yang lebih segar.

"Dengan upaya itu, ikan-ikan pada kolam japung di sini saat itu sempat terselamatkan. Musibah kematian massal ikan kolam japung Waduk Darma sekarang, terjadi dalam kondisi cuaca sudah membaik," ujar salah seorang petani budi daya ikan japung di Waduk Darma, Edi (50) warga Desa Jagara, Kecamatan Darma, yang sedang berada di kolam japung miliknya di sekitar Desa Jagara, Minggu (29/6/2014).

Edi, dibenarkan sejumlah warga sekitar perairan Waduk Darma di Desa Jagara, seperti di antaranya Udin (43) dan Maman (34), menyebutkan, selama tiga hari terakhir, warna air permukaan Waduk Darma, di sekitar Desa Jagara, berubah jadi keruh kehitam-hitaman. Selain itu, juga berbaur aroma bau besi.

Untuk mengurangi kerugian materi, para pemilik kolam japung yang masih berisi ikan hidup, dalam tiga hari terakhir teramati sibuk berloma-lomba memanen dan menjual ikannya.

Di balik itu, ikan-ikan yang sudah lemas dan mati segera ditarik dan diobral murah kepada para pedagang ikan dadakan, dengan harga jauh lebih murah dibandingkan dengan harga jual ikan hidup. Sementara, ikan dari japung yang terlanjur membusuk, segera diangkat dan dikuburkan di darat.

Menurut Kepala Desa Jagara, Kecamatan Darma, yang juga Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas Perairan Umum Jawa Barat Umar Hidayat, jumlah kolam jaring apung di Waduk Darma, saat ini sudah mencapai sedikitnya 700 kolam. Saat terjadi kematian massal ikan japung sekarang, menurut Umar Hidayat, sebagian besar kolam japung itu lagi berisi ikan usia layak panen.

Sementara itu, kematian massal ikan japung di Waduk Darma, yang sudah berulangkali terjadi, biasanya disebabkan karena adanya arus balik air. Selain itu, juga sering disebabkan oleh penurunan kadar oksigen disertai peningkatan kadar asam dalam air

sumber : pikiran rakyat

1 comment:

  1. terimakasih kak informasinya sangat menarik, jangan lupa juga kunjungi balik website resmi kami http://bit.ly/2oRxd3w

    ReplyDelete