Wednesday 18 June 2014

Fakta: 5 Jenis Ikan Termahal di Malaysia! (Gambar) | Info Dalam ... - Blog Jenis - Jenis Ikan

Fakta: 5 <b>Jenis Ikan</b> Termahal di Malaysia! (Gambar) | Info Dalam <b>...</b> - Blog Jenis - Jenis Ikan


Fakta: 5 <b>Jenis Ikan</b> Termahal di Malaysia! (Gambar) | Info Dalam <b>...</b>

Posted: 15 Jun 2014 05:47 PM PDT

Info dan Berita ini dibawakan oleh InfoDalamTalian.Blogspot.Com

MIRI: Seorang petani di sini tidak menyangka apabila berjaya menangkap dua ekor ikan empurau yang dianggap 'raja' sungai Sarawak di Sungai Silat di sebuah penempatan masyarakat Kenyah di Long Silat, Baram dekat sini semalam.

Paling manis, ikan empurau yang masing-masing seberat 3.5 kilogram (kg) dan 2.4 kg itu dibeli pada harga RM2,950 oleh Timbalan Ketua Menteri, Tan Sri Alfred Jabu Numpang.

Pelbagai Ikan!

Malaysia – sebuah negara yang sinonim dengan pelbagai jenis makanan yang lazat daripada pelbagai kaum yang hidup dengan aman damai dan harmoni. Jika seseorang mahu menulis tentang kepelbagaian jenis makanan yang boleh diperolehi dalam negara ini, pasti tidak akan pernah habis dan cukup huraian dan isinya. Jadi kami membuat keputusan untuk menulis tentang sejenis hidupan yang boleh ditemui di Malaysia dan makanan lazat yang terdapat di Malaysia kebanyakannya terdiri daripada hidupan ini: Ikan. Ikan telah wujud sejak 530 juta tahun dahulu dan evolusi hidupan ini telah membawa kepada sumber makanan yang divariasikan. Bacalah tentang 5 jenis ikan termahal yang boleh didapati di Malaysia.

Ikan Empurau

1

1) Bolehkah anda bayangkan membeli sekilogram ikan dengan harga RM550? Dan ini adalah harga termurah yang boleh anda dapat! Namun tiada yang mustahil kerana inilah yang dilakukan oleh pecinta ikan air tawar yang dikenali dengan nama Empurau. Empurau adalah sejenis ikan daripada spesis Tortambroides atau dikenali juga sebagai 忘不了" dalam bahasa Cina (abaikan bagaimana ia disebut). Ikan ini hanya boleh ditemui di Sarawak dan harganya mahal kerana rasanya yang sangat manis, serta isi dan teksturnya yang lembut. Apa yang membuatkan isinya begitu lembut dan harganya mahal sehingga boleh mencecah RM2,000 sekilogram adalah kerana ia hanya memakan buah-buahan dan bunga dari jenis "Engkabang".

Ikan Jelawat

1

2) Sejenis lagi ikan yang mempunyai rasa yang manis dan isi yang lembut sama seperti ikan Empurau tetapi tanpa tanda harga yang melampau mahal adalah Ikan Jelawat. Ikan ini terdiri daripada spesis Leptobarbus hoevenii dan berasal daripada keluarga Barb. Isi ikan jelawat yang tergolong dalam jenis omnivor ini sangat lembut dan rasanya agak manis dan mempunyai lemak ikan dibawah kulitnya yang mungkin disebabkan ikan ini hanya makan buah-buahan hutan yang gugur di sepanjang pinggir sungai. Jika ikan Empurau berharga RM550, berapa pula kos ikan ini? Harga sekilogram Jelawat dianggarkan mencecah RM320…emm, mungkin kami hanya boleh makan dua bulan sekali.

Ikan Semah

1

3) Ikan Semah, berasal daripada spesis Tor Labeobarbus, hanya boleh didapati di perairan sungai Borneo, kerana ia tidak boleh ditemui di kawasan lain selain daripada habitat asalnya. Ikan semah adalah haiwan omnivor tetapi lebih cenderung memakan tumbuh-tumbuhan. Habitat asal ikan ini telah dicemari dengan aktiviti pertanian, pembalakan dan tangkapan ikan yang berleluasa. Oleh kerana teksturnya yang berbeza dengan ikan air tawar lain dan juga kerana ianya sangat eksklusif, harga sekilogram ikan semah boleh mencecah sehingga RM300.

Ikan Tengadak

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

4) Bagi anda yang menginginkan suatu hidangan lazat, apa kata anda mencuba Ikan Tengadak, sejenis ikan yang boleh didapati di perairan Borneo. Harga sekilogram ikan ini adalah RM250. Ikan ini mempunyai banyak tulang halus berbentuk 'Y' tetapi rasanya sangat manis dan sedap serta isinya yang amat lembut menjadikannya terkenal di kalangan mereka yang menggemari ikan segar berkualiti tinggi dengan harga yang berpatutan.

Ikan Ketutu

1

5) Marble Goby Fish atau "Soon Hock" fish yang juga dikenali dengan nama Ikan Ketutu dalam bahasa Melayu merupakan antara spesis terbesar dalam keluarga ikan gobi. Ia berasal daripada spesis Oxyeleotris Marmoratus dan habitat semulajadinya adalah di perairan air payau, terusan dan tasik. Seperti biasa, ikan yang mahal memiliki tekstur yang halus dan lembut serta rasanya amat manis. Ikan ketutu boleh didapati dengan harga RM100 sekilogram dan ianya terdiri di tangga kelima ikan termahal di Malaysia.

Jenis Ikan

Harga setiap Kilogram

Ikan Empurau RM550

Ikan Jelawat RM320

Ikan Semah RM300

Ikan Tengadak RM250

Ikan Ketutu RM100

......

Kredit: http://jimatcermat.my/ 

Spesies <b>Ikan</b> Lokal Nasibmu Kini… | Mongabay.co.id

Posted: 04 Jun 2014 05:26 AM PDT

Mujair atau Oreochromis mossambicus sudah mulai sulit dicari berganti nila, awalnya ikan impor. Foto: Wikipedia

Ikan lokal, mujair atau Oreochromis mossambicus sudah mulai sulit dicari berganti nila, awalnya ikan impor. Foto: Wikipedia

Populasi ikan lokal di Indonesia terancam dengan makin merebak spesies asing yang invasif. Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) mencatat, setidaknya ada 1.800 flora dan fauna asing invasif masuk ke Indonesia dan mengancam spesies ikan lokal.

"Indonesia negara yang memiliki keragaman hayati tinggi seharusnya tidak mudah memasukkan spesies asing," kata Slamet Budi Prayitno, guru besar Perikanan Universitas Dipenogoro, di Jakarta, Rabu( 21/5/14).

Dia mengatakan, ikan asing biasa masuk melalui tiga jalur, yakni penghobi ikan hias, konsumsi, dan ketidaksengajaan. Banyak masyarakat belum memahami dampak membawa spesies asing terhadap perikanan lokal, maupun nasional.

Slamet mencatat, ada 21 jenis ikan produksi asing ke Indonesia dan diterima masyarakat luas.  "Ikan hias diimpor dari China, AS, Thailand, Belanda, Afrika, dan lain-lain."

Ikan asing yang sudah diterima banyak orang  seperti mas, nila, sepat siam, lele dumbo, patin, bawal, edang putih, mola dan lain-lain. "Ikan impor ini lambat laun pasti menggusur ikan lokal. Mereka dibawa tanpa memikirkan dampak bagi ikan di Indonesia," kata Slamet.

Ikan impor masuk perairan Indonesia sebagian besar ikan hias yang belum proses analisis risiko importasi ikan (ARI). Masuk tanpa mendapatkan izin.

"Koan dari China pertama kali masuk untuk mengontrol eceng gondok. Sekarang jadi invasif dan mendesak ikan lokal. Sebaran ikan asing ini kemana-mana."

Contoh lain, bawal dibawa ke Indonesia untuk tujuan produksi. Ia dipelihara di danau, dan banyak lepas dari keramba hingga menyerang spesies lokal. Bawal sangat invasif.

"Kita kehilangan keragaman hayati. Contoh mujair dulu sirip atas, bawah dan ekor berwarna merah. Sekarang, tidak karena invasif dari nila. Genetik mujair sudah tidak ada. Padahal kalau masih ada bisa diteliti. Bisa direkayasa agar memiliki kemampuan sama seperti nila yang cepat bereproduksi," kata Slamet.

Nila, yang awalnya diimpor kini menguasai pasar Indonesia. Mujair asli malah sulit dicari. Foto: Wikipedia

Nila (Oreochoromis niloticus), yang awalnya diimpor kini menguasai pasar Indonesia. Mujair asli malah sulit dicari. Foto: Wikipedia

Seharusnya, pemerintah memprioritaskan spesies lokal.  Jangan sampai ikan lokal hilang, berganti dengan spesies asing. "Kasus ini bisa dilihat dengan berkurang lele lokal berganti dumbo. Juga mujair, berganti nila dan lain-lain. Perlu ada pengaturan lebih tegas dari pemerintah mengendalikan spesies asing."

Padahal, budidaya ikan lokal tak sulit. Contoh, di Papua ada mujair hijau, dan ikan Batak di Sumatera. "Ikan jenis itu makan rumput dan plankton. Biaya budidaya murah." Ada juga, katanya, udang windu di Tarakan dan delta Mahakam, jenis terbaik di dunia. Semestinya, hal-hal seperti ini bisa  bertahan dan berkembang menjadi ikon daerah setempat. "Budidaya ikan lokal harusnya bisa dikembangkan jadi program nasional."

Slamet mengimbau, pecinta ikan hias tidak membuang peliharaan ke sungai. Sebab berdampak buruk bagi ekosistem perikanan. "Seperti sapu-sapu. Masuk Indonesia sebagai  ikan hias untuk pembersih akuarium. Karena tidak diminati, dibuang ke sungai. Berkembang sangat cepat dan rakus. Memakan banyak hal termasuk telur dan ikan-ikan kecil. Akhirnya spesies lokal  hilang."

Arief Yuwono, deputi III KLH bidang Pengendalian dan Perubahan Iklim mengatakan, telah menginventarisasi bersama Kementerian Kehutanan, Pertanian serta Kelautan dan Perikanan.

"Kami sedang menyiapkan peraturan menteri lingkungan hidup. Turunan dari UU Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Saat ini sudah masuk biro hukum," katanya.

Peraturan menteri ini berisi tata cara dan pengawasan spesies asing ke Indonesia. Arief mengatakan, banyak pihak belum sadar dampak negatif spesies asing invasif ini. "Sosialisasi pencegahan, penguatan kelembagaan, dan sistem informas perlu dibenahi."

Lele dumbo (Clarias garie) yang mulai memenuhi Indonesia, hampir menggantikan posisi lele kampung. Foto: Wikipedia

Lele dumbo (Clarias garie) yang mulai memenuhi Indonesia, hampir menggantikan posisi lele kampung. Foto: Wikipedia

Lele lokal (Clarias batrachus) mulai menjadi 'tamu' di daerah asal setelah hadir ikan impor, lele dumbo. Foto: Wikipedia

Lele lokal (Clarias batrachus) mulai menjadi 'tamu' di daerah asal setelah hadir ikan impor, lele dumbo. Foto: Wikipedia

Comments

<b>Jenis</b>-<b>Jenis Ikan</b> Kerapu Yang Paling di Kenal

Posted: 09 Jun 2014 05:39 AM PDT

Indonesia sebagai negara kepulauan mempunyai sumber daya laut yang melimpah. Dengan panjang garis pantai 81.000 km, Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar untuk pengembangan budidaya laut. Upaya pemanfaatan sumberdaya perikanan secara optimal dan lestari merupakan tuntutan yang sangat mendesak bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, terutama untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan/petani ikan, memenuhi kebutuhan gizi masyarakat, memperluas lapangan kerja dan kesempatan berusaha, serta meningkatkan ekspor untuk menghasilkan devisa negara.

Di bawah ini adalah jenis-jenis ikan kerapu yang paling umum dan laris di pasaran Indonesia dan Internasional :

Ikan Kerapu Bebek

Deskripsi morfologi ikan kerapu bebek adalah sebagai berikut : sirip punggung dengan 10 duri keras dan 18-19 dun lunak, sirip perut dengan 2 duri keras dan 10 duri lunak, sirip ekor dengan 1 duri keras dan 70 duri lunak Panjang total 3,3 – 3,8 kali tingginya, panjang kepala satu perempat dari panjang total, leher bagian atas cekung dan semakin tua semakin cekung, mata satu per enam kepala, sirip punggung semakin melebar kebelakang, warna putih kadang kecokelatan dengan totol hitam pada badan, kepala dan sirip. Menurut Heemstra dan Randall (1993) seiuruh permukaan tubuh kerapu bebek berwarna putih (terang) hijau keabuan, berbintik bulat hitam dilengkapi sirip renang berbentuk melebar serta moncong kepala lancip menyerupai bebek atau tikus. Pada kerapu muda, bintik hitamnya lebih besar dengan jumlah sedikit.

Bentuk badan memanjang gepeng atau agak membulat, luasan antar pusat (kepala) cenderung cekung. Di kepala ikan dewasa terdapat lekukan mata yang cekung sampai sirip punggung. Ketebalan tubuh sekitar 6,6-7,6 cm dari panjang spesifik. Panjang maksimal tubuhnya mencapai 70 cm. Ikan ini tidak mempunyai gigi canine (gigi pada geraham ikan). Lubang hidung besar berbentuk bulan sabit vertikal.

Ikan Kerapu Macan

Sedangkan deskripsi morfologi ikan kerapu macan adalah sebagai berikut : sirip punggung dengan 10 duri keras dan 18-19 duri lunak, sirip perut dengan 3 duri keras dan 10 duri lunak, sirip ekor dengan 1 duri keras dan 70 duri lunak. Panjang total 3,3 – 3,8 kali tingginya, panjang kepala satu perempat dari panjang total, mata satu per enam kepala, sirip punggung semakin melebar kebelakang, warna kecokelatan dengan batik kecokelatan pada badan, bagian atas kepala dan badan berwarna lebih gelap dan bagian perut bewarna lebih terang. Bentuk badan pipih gemuk atau agak membulat, panjang maksimal tubuhnya mencapai 90 cm. Ikan ini mempunyai gerigi depan yang tajam.


Ikan Kerapu Lumpur

Untuk ikan kerapu lumpur morfologinya adalah sebagai berikut: bentuk badan kerapu lumpur memanjang dan gilik, warna dasar abu-abu muda dengan bintik-bintik dipermukaan tubuhnya. Jenis kerapu ini memiliki bintik cokelat dengan 5 pita yang vertikal berwarna gelap.

Dahulu jenis kerapu ini dikenal dengan nama ilmiah E. tauvina, E. malabaricus yang memiliki bentuk yang hampir mirip dengan E. coioides, namun ukuran bintiknya lebih kecil dan berwarna hitam. Kerapu E. coioides banyak ditemukan di Teluk Banten, Segara Anakan, Kep.Seribu, Lampung dan kawasan daerah muara sungai. Di daerah tersebut umumnya banyak mengandung lumpur sehingga ikan ini seringkali disebut kerapu lumpur.

Ikan Kerapu tikus

Ikan Kerapu Tikus (Cromileptes altivelis) mempunyai nilai ekonomis tinggi dengan harga jual berkisar Rp. 300.000 – Rp. 400.000/kg di pasar lokal. Di Hongkong dan Singapura bisa berkisar US$ 50-100 per kg. Pasar ekspor ikan kerapu tikus Indonesia adalah Jepang, Taiwan, malaysia, Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa.

Permintaan terhadap ikan Kerapu Tikus yang tinggi mendorong para nelayan untuk melakukan penangkapan, sehingga mengakibatkan eksploitasi ikan ini sering dilakukan tanpa memperhatikan lingkungan yaitu dengan menggunakan bahan peledak atau potasium. Cara demikian jelas sangat membahayakan populasi ikan yang ada karena terumbu karang sebagai rumah bagi ikan rusak dan pemulihannya membutuhkan waktu yang sangat lama.

Ikan Kerapu Tikus  tersebar luas di Pasifik Barat mulai dari bagian Selatan Jepang, Guam, Nicobar sampai Broome. Di Indonesia ikan Kerapu Tikus banyak ditemukan di wilayah perairan teluk banten, ujung Kulon, Kepulauan Riau, Kepulauan Seribu, Kepulauan Karimun, Jawa, Madura, Kalimantan, dan Nusa Tenggara.


Sumber: Buku Teknis Budidaya Ikan Kerapu, Ditjen P. Budidaya

4 comments:

  1. SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<






    SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    ReplyDelete
  2. Bagi para pembaca yang budiman kami adalah suplier ikan empurau dan kelah bagi yang membutuh kami siap melayani anda dimana pun berada kontak WA. +6281346834669

    ReplyDelete
  3. Terimakasih infonya. Jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2NjQtoh

    ReplyDelete
  4. terimakasih infonya sangat bermanfaat, jang lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2MCUqF6

    ReplyDelete