Tuesday 15 December 2015

Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara - Cara.Pro - Blog Jenis - Jenis Ikan

<b>Jenis</b>-<b>Jenis Ikan</b> Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara - Cara.Pro - Blog Jenis - Jenis Ikan


<b>Jenis</b>-<b>Jenis Ikan</b> Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara - Cara.Pro

Posted: 10 Oct 2015 12:00 AM PDT

jenis ikan hiaspixabay.com

Percaya atau tidak, hampir 75% pasokan ikan hias air tawar di dunia berasal dari negara kita ini. Sekitar ada 363 jenis ikan hias air tawar dari Indonesia telah diekspor ke berbagai negara. Ikan ini adalah jenis ikan hias yang habitatnya berada di air tawar.

Sedangkan untuk pemeliharaan atau pembudidayaannya, ikan hias air tawar ini biasanya dimasukan ke dalam akuarium atau kolam. Tergantung tujuan pemeliharaan ikan hias tersebut oleh si pemiliknya. Ikan hias yang dipelihara untuk kesenangan atau memperindah ruangan biasanya di tempatkan dalam akuarium, sedangkan jika ikan ini ingin dipelihara atau dijadikan sebagai tujuan untuk memperoleh keuntungan dari hasil budidaya ikan hias air tawar ini biasanya ditempatkan di kolam.

Ikan hias air tawar adalah salah satu hewan yang banyak dipelihara dan dibudidayakan oleh pecinta hewan. Ikan hias menjadi sangat menarik karena ikan ini pada umumnya mempunyai warna sisik yang sangat cantik.

Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

ikan hias air tawar

pixabay.com

Ada sangat banyak jenis ikan hias air tawar. Ada ikan hias yang diletakkan di dalam akuarium dan ada juga ikan hias yang lebih terlihat bagus bila diletakkan di dalam kolam. Ada ikan hias yang harus dipisahkan dari yang lainnya (satu akuarium satu ikan) dan ada juga ikan hias yang bisa dikumpulkan dalam satu akuarium atau kolam. Mari kita lihat 8 jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dan paling populer di Indonesia sebagai berikut:

1. Jenis Ikan Hias Cupang

jenis ikan hias air tawar

pixabay.com

Nama ikan hias air tawar ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Kita sering menjumpai ikan hias ini di pasar-pasar tradisional. Banyak para pencinta ikan hias, khususnya yang masih muda memelihara ikan ini.

Jenis ikan cupang  mempunyai daya tarik dan keunikan tersendiri karena ikan hias ini biasanya digunakan untuk aduan sesama ikan cupang. Jadi, bila kamu mempunyai ikan cupang lebih dari satu, jangan sekali-kali ikan tersebut di letakkan dalam satu tempat. Letakkanlah ikan-ikan cupang di tempatnya sendiri-sendiri. Kamu bisa memakai toples sebagai medianya.

Ikan cupang juga mempunyai banyak sekali jenis dan variasi warna yang membuat ikan hias air tawar ini terlihat sangat indah. Variasai warnya bisa kuning, coklat, merah, hijau, biru, coklat, abu-abu dan putih. Bentuk badan ikan hias ini agak kecil. Siripnya yang panjang menjuntai sampai terlihat seluruh tubuhnya ditutupi oleh sirip cantik berwana-warni tersebut. Dan bila ingin membedakan antara jantan dan betina, dapat kita lihat pada bagian tubuh ikan cupang betina rata-rata lebih kecil dari pada ikan cupang jantan.

Baca juga:
– Jenis-jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal di Dunia yang Wajib Hobies Ketahui
– Makanan Ikan Cupang Bernutrisi Tinggi yang Bagus untuk Pertumbuhan

2. Jenis Ikan Hias Guppy

ikan hias yang mudah dipelihara

majalahikan.blogspot.com

Jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dan paling populer di Indonesia yang kedua adalah ikan guppy. Ikan hias yang mirip seorang wanita sedang memakai rok ini berasal dari daerah Amerika Selatan. Ikan hias air tawar ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Oleh sebab itu, ikan hias ini sangat cepat peredarannya di dunia.

Ikan guppy masuk ke Indonesia pada tahun 1920-an sebagai ikan hias akuarium. Kita sangat mudah untuk mendapatkan jenis ikan hias ini, karena banyak orang yang membudidayakannya dan menjualnya. Uniknya, dari kepala sampai ekornya, ikan hias air tawar ini terlihat sangat menarik karena mempunyai ukuran tubuh dari kepala sampai ekornya kurang lebih 2,5 cm.

Biasanya anak-anak kecil sangat senang sekali memelihara ikan hias air tawar ini. Selain harganya yang murah, ikan hias ini juga mempunyai ukuran yang mungil. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan ikan peliharaan anak-anak kecil.

Ikan hias air tawar ini mempunyai jenis yang sama dengan ikan molly. Menjadi ikan yang paling banyak digemari sebagai ikan hias karena keindahan warna dan bentuk siripnya. Apalagi jika ikan guppy yang berkelamin jantan, karena hanya jantan yang memiliki sirip indah. Sedangkan yang betina warnanya cenderung kusam, banyak ornag mengatakan  mirip ikan cupang.

Baca juga: 18 Jenis Ikan Guppy Termahal dan Tercantik yang Pecinta Ikan Hias Harus Tahu

3. Jenis Ikan Hias Arwana

jenis ikan hias air tawar aquarium

binatang.mewarnaigambar.web.id

Ikan arwana adalah jenis ikan hias air tawar yang mempunyai sisik unik sehingga akan memikat siapa saja yang melihatnya dan ikan hias ini yang paling populer sampai saat ini. Sampai disebut ada ikan arwana yang memiliki jenis sendiri, yaitu ikan arwana super red. Ikan hias seperti ini banyak yang mengatakan akan tidak pernah menurun para peminatnya. Selain itu, ada mitos yang beredar di masyarakat sampai sekarang yaitu bila memelihara ikan arwana pemiliknya akan diberikan kelancaran rezeki.

Ikan hias air tawar ini mempunyai nama latin Scleropages sp. Banyak sebutan unik untuk nama ikan arwana ini, diantaranya ikan arwana super red, ikan payang, naga, khayangan, silok, kalasa, siluk dan kalasa. Ikan hias ini termasuk dalam golongan ikan purba karena telurnya hampir mirip dan besarnya seukuran telur burung puyuh. Selain itu, termasuk ikan yang mempunyai ukuran tubuh besar bisa mencapai 1 meter kurang.

Ikan arwana banyak dijumpai di perairan air tawar kalimantan dan papua. Namun, sekarang sudah banyak sekali orang yang membudidayakan ikan hias air tawar ini. Karena ikan hias ini banyak sekali peminatnya dan memiliki harga yang lumayan tinggi.

Baca juga: 10 Jenis-Jenis Ikan Arwana Termahal dan Paling Bagus beserta Gambarnya

4. Jenis Ikan Hias Louhan

jenis ikan hias aquarium

kaskus.co.id

Ikan louhan dulu sangat populer di Indonesia. Sangat banyak yang sebelumnya belum bernah memelihara ikan hias, akhirnya mencoba untuk memelihara ikan dan ikan yang dipelihara adalah ikan louhan. Banyak orang secara tiba-tiba menjadi pencinta ikan hias. Hal tersebut karena sangat terkenalnya ikan louhan pada saat itu.

Hal yang membuat ikan hias air tawar ini terkenal yaitu warnanya yang cantik. Selain itu, terkadang kombinasi warna sisik ikan louhan bisa membentuk seperti sebuah tulisan. Dan benjolan yang ada dikepalanya membuat daya tarik tersendiri bagi ikan louhan ini. Semakin besar benjolannya, makan semakin mahal harga ikan louhan ini. Jenis ikan louhan seperti penguasa lautan dan sedikit agresif, serta termasuk dalam tipe ikan hias hias karnivora.

Baca juga: 7 Jenis Ikan Louhan Termahal dan Terbesar di Dunia

5. Jenis Ikan Hias Mas Koki

jenis jenis ikan hias

pixabay.com

Selanjutnya jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dan paling populer di Indonesia yaitu ikan mas koki. Ikan hias ini termasuk dalam keluarga ikan mas. Ikan ini pertama kali dikenal di negara Cina sebagai ikan hias masyarakat Cina. Tetapi, ikan ini dipopulerkan oleh masyarakat Jepang. Masyarakat Jepang mengembangkan ikan mas koki menjadi banyak variasi warna dan bentuk yang jauh lebih cantik dari sebelumnya.

Gerakan ikan mas koki yang lucu ini akibat bentuk badannya yang penuh, namun tetap seimbang. Hal tersebut membuat jenis ikan hias ini menjadi buruan yang paling banyak digemari oleh pecinta ikan hias.

6. Jenis Ikan Hias Discus

jenis jenis ikan hias air tawar

pixabay.com

Discus itu bukannya alamat website online ya? Yah entahlah, yang jelas ikan hias air tawar yang bernama discus ini sangat cantik dengan bentuk tubuhnya yang menyerupai pipi manusia. Ciri khas yang menjadi aksen ini justru membuat ikan hias ini menjadi high class, karena ternyata ikan discus ini termasuk dalam jenis ikan hias yang tergolong mahal disesuaikan dengan warna serta ukurannya.

Baca juga: Jenis dan Harga Ikan Discus Termahal yang Menarik Pecinta Ikan Hias

7. Jenis Ikan Hias Koi

jenis ikan hias air tawar dan harganya

pixabay.com

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang paling populer dari masa ke masa. Ikan hias air tawar ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1820-an di Jepang. Ikan hias ini termasuk hasil dari persilangan beberapa strain ikan mas denga warna merah dan putih. Ikan hasil persilangan tersebut dikenal dengan nama ikan koi. Persilangan ikan terus dilakukan dan saat ini sering kita jumpai ikan koi dengan berbagai variasi warna yang sangat menarik. Pada saat muda ekornya tidak terlalu lebar dan pas setelah dewasa ekornya akan semakin melebar.

Jenis Ikan hias air tawar ini sangat cocok dipelihara di kolam yang cukup luas. Karena daya tarik dari ikan koi ini adalah warna-warni ikan yang sangat cantik dan terlihat indah bila dilihat dari atas kolam. Selain itu, ikan hias ini juga membutuhkan banyak ruang untuk bergerak.

Kerennya bila kamu ingin bermain dengan ikan koi tersebut, maka berilah pakan tepat pada saat ikan tersebut lapar. Dalam hitungan detik ikan-ikan koi akan berbondong-bondong menyerbu pakan ikan tersebut.

Baca juga: Jenis-Jenis Ikan Koi Termahal dan Terbaik

8. Ikan Oscar

jenis ikan hias air tawar kolam

mancingalam.blogspot.com

Dan jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dan paling populer di Indonesia yaitu ikan oscar. Ikan hias ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak disukai para pencinta ikan, baik dalam negeri maupun luar negeri.

ikan hias air tawar albino

www.flickr.com

Jika diperhatikan, ikan oscar sangat mirip dengan ikan yang biasa kita konsumsi yaitu ikan gurame atau nila. Bentuknya yang lebar serta siripnya yang menjadikan ikan hias ini sangat mirip dengan ikan gurame. Tetapi, ada hal yang membedakan dari kedua ikan ini, yaitu warna yang dimiliki ikan oscar lebih bervariasi dan kombinasi warna-warnanya jauh terlihat lebih indah dari pada ikan gurame. Selain itu, kombinasi warna sisik ikan oscar ini terlihat seperti batik yang menghiasi tubuhnya. Juga ada ikan oscar albino atau putih pucat dengan garis totol-totol orange, ataupun berwarna putih polos.

<b>Jenis</b> - <b>jenis Ikan</b> Redfin - Insomnia Notes

Posted: 27 Aug 2015 05:50 PM PDT

Ikan Redfin
Ikan Redfin
Ikan Redfin, nama tersebut merupakan nama yang familiar didengar untuk nama ikan ini dikalangan pecinta ikan hias utamanya ikan hias untuk aquascape, sebutan tersebut merujuk pada warna sirip ikan ini yang berwarna merah menyala (red = merah, fin = sirip).

Ya, ciri tersebut memang terlihat menonjol dari ikan ini, dengan tubuh yang terlihat minimalis dan hanya terdiri dari dua warna tentunya warna sirip yang merah menyala akan mudah tertangkap mata atau eyecatching dan mudah menjadi pusat perhatian.

Indahnya sirip yang terlihat mencolok ditambah dengan keindahan dan kegesitan tariannya didalam air tentunya akan memikat para pecinta ikan hias untuk memeliharanya, apalagi ikan redfin ini mempunyai peran yang sangat penting dalam menjaga kebersihan aquarium/aquascape karena ikan ini senang menjelajah seluruh isi aquarium untuk memakan sisa remah-remah pakan/cacing kering yang berserakan di aqurium.

Gerakannya yang gesit dan cenderung senang berada di semua bagian aquarium mulai dari bagian  atas (permukaan aquarium), tengah, dan bawah (dasar aquarium) membuatnya cocok menghiasi aquarium kita. semi agresif

Ikan redfin ini terdiri dari beberapa jenis, berikut adalah jenis-jenis ikan redfin yang biasa dijadikan ikan hias penghuni aquarium/aquascape : 

Red-finned Shark
Redfin Shark
1. Redfin Shark (Ephalzeorhynchus frenatus), meskipupun namanya mengndung kata "shark" yang bererti hiu, ikan ini jauh dari kata menyeramkan dan agresif, malah ia merupakan ikan pendamai dan tidak mengganggu jenis ikan lain, ia hanya terlihat sering kejar mengejar dengan sesama redfin lainnya dimana aksi kejar-kejaran ikan ini diaquarium biasanya menjadi atraksi tersendiri yang dipertontonkan ikan ini.

Redfin Shark ini pada dasarnya merupakan ikan dasar yang berasal dari Sungai Mekong, Thailand. Ikan ini bersifat omnivora dalam artian ia memakan segala, mulai dari lumut yang tumbuh diaquarium, cacing kering, cacing sutera, sampai sisa-sisa tubuh ikan lain yang telah mati di aquarium. Warna tubuhnya yang gelap justru semakin memperjelas dan mempertegas warna sirip merahnya, dengan ukuran tubuhnya yang relatif kecil dibanding ikan dan bersifat pendamai lain ikan ini cocok untuk dipelihara secara berkelompok dengan ikan sejenisnya di dalam satu aquarium


redfin albino
Albino Redfin Shark
2. Albino Redfin Shark, ciri ikan redfin albino ini hampir sama dengan ikan redfin shark diatas namun yang membedakan adalah warna tubuhnya, sesuai dengan namanya "albino" maka tubuhnya berwarna putih kekuningan. Dengan sirip yang berwarna merah menyala ikan ini jadi berwarna merah putih (seperti bendera Indonesia saja ya).

Ikan ini dengan ikan redfin shark sangat jamak dijumpai di toko-toko ikan hias, biasanya ia ditempatkan tidak jauh dari tank yang menyimpan ikan redfin sahrk, malah kadang keduanya disatukan dalam satu tank/aquarium.

Harganya kedua ikan ini tidak begitu mahal, namun tetap akan memberi keindahan tersendiri bagia aquarium/aquascape sobat. Di mulut ikan redfin shark dan redfin shark albino ini terdapat sungut (kumis) yang berfungsi sebagai alat detektor makanan dengan prinsip sensor sentuhan. Ikan redfin shark albino ini menurut admin mempunyai kelebihan jika dibanding dengan ikan redfin shark biasa, kelebihannya adalah ia mempunyai keunikan tersendiri yaitu matanya yang merah akan semakin merah menyala saat tersinari lampu aquarium. 

Redfin rainbow
Rainbow Redfin Shark
3. Rainbow Redfin Shark, atau redfin shark pelangi ini bentuknya sama dengan redfin shark dan redfin shark albino, bentuknya memanjang dan melancip hampir mirip peluru, ikan ini berjuluk pelangi karena tubuhnya yang gelap seperti redfin shark mempunyai variasi seperti hitam kebiruan, kadang tampak keemasan. Moncongnya menajam dengan sngut berkumis pendeteksi makanan.

Redfin shark rainbow jantan memiliki tubuh lebih tipis dibandingkan dengan yang betina dengan rentang hidup rata-rata berkisar antara 4 sampai 6 tahun. Ikan ini memiliki garis hitam dari sungut sampai ke matanya, ini menjadi ciri khas yang membedakan jenis ikan redfin rainbow dengan jenis ikan redfin lainnya

Berbagai sumber menyebutkan ketiga jenis ikan redfin ini berasal dari Asia Tenggara. Ikan-ikan ini akan merasa nyaman jika dipelihara dalam aquarium dengan suhu pemeliharaan antara 26-28° C dengan pH 7,5 dan kekerasan 10° dH.

Walaupun termasuk ikan pendamai dan tidak suka menyerang ikan lain, namun sifat aslinya adalah ikan semi agresif dalam artian ia bisa menyerang ikan lain untuk suatu hal, misal untuk mempertahankan diri atau mempertahankan wilayahnya. Ikan ini sangat senang berada diantara kayu-kayu, batu ataupun sela-sela tumbuhan jadi sangat cocok untuk ditempatkan kedalam aquascape/taman air.


Image By : akuariumhiasku.blogspot.comt - ikanhias6.blogspot.com

Inilah 10 <b>Jenis</b>-<b>Jenis IKAN</b> ARWANA Termahal beserta Gambar Ikan <b>...</b>

Posted: 07 Oct 2015 12:00 AM PDT

gambar jenis jenis ikan arwana termahal4.bp.blogspot.com

Ikan arwana merupakan salah satu ikan hias air tawar yang populer bagi para pecinta ikan hias. Ikan ini memiliki daya tarik yang sangat kuat untuk dipelihara. Karena ikan arwana ini memiliki warna sisik yang sangat cantik. Nama latin Ikan Arwana adalah Scleopages sp. Sering disebut juga dengan ikan naga (dragon fish), barramundi, saratoga, pla tapad, kelesa, siluk, kayangan, peyang, tangkelese atau arowana.

Terdapat sebuah mitos di masyarakat jika memelihara ikan arwana, bisa mendatangkan keberuntungan dan dipercaya bisa menjaga rumah dari arwah pengganggu. Tetapi ini hanyalah mitos belaka yang beredar di masyarakat. Di sisi lain, ikan arwana memang sangat cantik dan memiliki banyak jenisnya.

Ikan arwana biasa hidup di rawa-rawa yang tersebar di asia tenggara. Di indonesia ikan ini tersebar di sekitar Irian dan Kalimantan. Ikan arwana memiliki bentuk tubuh yang unik dan indah. Bentuknya yang memanjang dan ramping menyerupai pisau. Selain itu, ikan cantik ini juga mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu dua buah sungut yang berada di bibir bawahnya. Sungut tersebut berguna sebagai sensor getar untuk mengetahui posisi mangsa. Gerakan renang ikan ini juga sangat anggun dan sisik-sisiknya yang berkilau semakin menambah indah.

Baca juga: Makanan Ikan Cupang Bernutrisi Tinggi yang Bagus untuk Pertumbuhan

10 Jenis-jenis Ikan Arwana Termahal dan Paling Bagus beserta Gambarnya

Beberapa jenis ikan arwana telah sangat populer di Indonesia dan tidak sedikit juga para pecinta ikan hias mempunyai ikan ini di rumahnya. Tetapi, banyak orang yang masih belum mengetahui jenis-jenis ikan arwana.

Ada banyak jenis ikan arwana yang ada di seluruh dunia. Kita akan lihat 10 jenis-jenis ikan arwana termahal dan paling bagus berserta gambar ikan arwana yang harus Anda ketahui.

1. Jenis Ikan Arwana Super Red / Arwana Merah

Jenis Ikan Arwana Super Red / Arwana Merah

duniaq.com

Ikan arwana super red atau arwana merah adalah ikan arwana yang berasal dari Indonesia. Jenis ikan arwana ini lebih mudah ditemui di daerah Kalimantan Barat seperti di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum.  Tetapi, saat ini ikan arwana super red sangat mudah ditemui karena jenis ikan arwana ini banyak dikembangbiakkan oleh para pecinta ikan arwana.

Ikan arwana merah memiliki empat jenis yaitu merah cabe (Chilli Red), merah orange (Orange Red), merah darah (Blood Red), dan merah emas (Golden Red). Keempat jenis itu dinamakan super red arwana atau ikan arwana merah tingkat pertama. Meskipun, dalam perkembangannya yang dimaksud dengan super red arwana lebih cenderung mengarah pada warna merah cabe dan merah darah. Sedangkan, warna merah orange dan merah emas disebut super red tingkatan paling rendah.

Sesuai dengan namanya arwana ini mempunyai warna merah pada sirip, ekor, dayung dan sungut. Saat mencapai ukuran sekitar 25 cm ring akan mulai nampak, tetapi belum mengeluarkan warna merah. Warna merah di badan akan mulai keluar saat ikan berumur sekitar 3-4 tahun. Ring pada arwana adalah warna mengkolap di pinggir sisiknya

Tetapi para pecinta ikan arwana sering kali menggunakan suatu trik agar mempercepat keluar dan pertumbuhan warna merah. Seperti dengan melakukan tanning, pemberian pakan yang bagus atau dengan menempatkan ikan di kolam yang terkena sinar matahari langsung.

Baca juga: Jenis-jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal di Dunia

2. Jenis Ikan Arwana Cross Black Golden / X Black Golden

Jenis Arwana Cross Black Golden

4.bp.blogspot.com

Jenis ikan arwana cross back golden atau x black goledn berasal dari Malaysia. Sebenarnya merupakan salah satu dari jenis ikan arwana golden. Setelah dewasa ikan ini akan muncul ring yang melingkar melewati punggung sehingga diberi nama x back. Warna pada jenis ikan arawna ini bermacam-macam, mulai dari blue base, purple base, silver base dan gold base.

3. Jenis Ikan Arwana Red Tail Golden / Golden Red

 Jenis Arwana Red Tail Golden

imgbuddy.com

Jenis ikan arwana red tail golden merupakan salah satu jenis golden yang berasal dari Indonesia, khususnya Pekan Baru Sumatera. Ikan arwana ini sifatnya lebih agresif dari cross black golden. Seperti halnya X Cross Black Golden, ikan ini juga mempunyai keragaman warna dasar seperti blue base, green base dan gold base. Arwana ini bisa tumbuh lebih besar dari pada cross black golden.
Kekurangan dari jenis ikan arwana ini adalah warna sisik pada umumnya tidak dapat sampai melewati punggung dan hanya sampai pada level sisik ke 4 (dihitung dari bawah badan ke atas). Harga ikan arwana ini lebih murah dari super red, namun ikan arwana ini tetap mempunyai kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

Baca juga: Jenis dan Harga Ikan Discus Termahal yang Menarik Pecinta Ikan Hias

4. Jenis Ikan Arwana Silver / Arwana Brazil

Jenis Ikan Arwana Silver / Arwana Brazil

duniaq.com

Jenis ikan arwana silver adalah ikan arwana yang paling sering kita jumpai. Karena jenis ikan arwana ini biasanya dijual dengan harga yang terjangkau. Tetapi jika jenis arwana ini telah berukuran besar sangat indah untuk di pandang.

Jenis ikan arwana ini berasal dari Brazil, tetapi sekarang sudah dapat dikembangbiakkan di Indonesia. Ikan arwana ini memilki bentuk tubuh yang sangat berbeda dengan jenis ikan arwana lainnya. Arwana ini memmmpunyai bentuk tubuh yang panjang dan sirip yang panjang pula, mulai dari bagian tengah badan sampai ujung ekor membuat kesan yang sangat anggun saat berenang. Arwana ini dapat tumbuh sampai 50-60 cm.

Belakangan beredar kabar bahwa jenis ikan arwana ini telah ada dengan warna platinum silver (warna silvernya menyerupai warna platinum dan merata di seluruh tubuhnya).

Baca juga: 7 Jenis Ikan Louhan Termahal dan Terbesar di Dunia

5. Jenis Ikan Arwana Banjar

Jenis Ikan Arwana Banjar

duniaq.com

Ikan arwana banjar adalah ikan arwana yang memiliki bentuk kepala yang membulat dengan mulut. Jenis Ikan arwana ini dapat disebut sebagai jenis dari arwana merah tingkat dua dan diketahui bukan dari strain murni ikan arwana merah. Ikan arwana ini mempunyai warna sirip orange pucat, ekornya berwarna kuning atau orange. Bila dilihat secara sepintas, ikan arwana banjar mirip dengan ikan arwana merah muda. Sehingga, para pecinta ikan arwana baru tidak jarang terkecoh dengan kemiripan yang dipunyai keduannya.

Baca juga: Jenis-Jenis Ikan Koi Termahal dan Terbaik

6. Jenis Ikan Arwana Jardini / Arwana Irian

Jenis Ikan Arwana Irian / Jardini Arwana

duniaq.com

Jenis ikan arwana jardni sebenarnya berasal dari Australia. Tetapi, ikan arwana ini lebih sering ditemukan di sekitar sungai kabupaten Merauke sampai provinsi Papua. Oleh sebab itu, jenis ikan arwana ini disebut juga ikan arwana irian.

Ikan arwana jardini sebenarnya ada dua jenis warna, yaitu warna dasar lebih gelap dan yang lebih terang. Ikan yang mempunyai warna dasar lebih gelap merupakan scleropages jardini dan yang mempunyai dasar lebih terang adalah scleropages leichharti.

Ikan arwana jardini adalah jenis ikan arwana yang cukup unik. Ikan arwana yang biasa disebut juga jardini arwana ini mempunyai warna dasar kecoklat-coklatan dengan binti-bintik keemasan pada bagian tengah sisiknya, bagian kepala, bagian sirip, dan bagian ekornya.

7. Jenis Ikan Arwana Golden Pino / Arwana Hijau / Green Arwana

Jenis Ikan Arwana Golden Pino / Arwana Hijau / Green Arwana

duniaq.com

Ikan arwana golden pino adalah jenis ikan arwana yang bisa kita temui dibeberapa negara Asia seperti Indonesia (tepatnya di Kalimantan), Malaysia, Thailand dan Kamboja.

Ikan arwana yang biasa disebut juga arwana hijau ini memiliki warna di badan lebih dominan warna hijau semi perak. Sirip ekornya memiliki warna kombinasi antara abu-abu kehijau-hijauan dengan bentuk kepala dan mulutnya lebih besar dan membulat bila dibandingkan dengan jenis ikan arwana lainnya.Ikan arwana hijau ini tidak mempunyai ring, namun arwana ini mempunyai keindahan tersendiri dengan warna hijaunya yang cerah.

Baca juga: 10 Jenis-Jenis Ikan Arwana Termahal dan Paling Bagus beserta Gambarnya

8. Jenis Ikan Arwana Black Golden

Jenis Ikan Arwana Black Golden

duniaq.com

Ikan arwana black golden adalah jenis ikan arwana yang bisa kita temukan di daerah Malaysia seperti daerah Bukit Merah, Johor, Trengganu dan Perak. Arwana black golden ini adalah salah satu dari jenis ikan arwana golden. Warna ikan arwana ini sesuai dengan namanya yaitu memiliki warna emas yang dibalut dengan sisik tebal yang berwarna hitam. Arwana black golden sulit sekali untuk didapatkan. Sehingga, jenis ikan arwana ini harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan jenis ikan arwana lainnya.

9. Jenis Ikan Arwana Afrika / African Arwana

Jenis Ikan Arwana Afrika / African Arwana

duniaq.com

Ikan arwana afrika adalah jenis ikan arwana yang berasal dari daerah Afrika bagian timur seperti Kamerun, Senegal dan Gambia. Ikan arwana ini memiliki bentuk tubuh yang hampir menyerupai ikan arwana silver. Tetapi, terdapat sedikit perbedaan antara ikan arwana afrika dengan ikan arwa silver yaitu bentuk kepala ikan arwana afrika lebih kecil dari pada ikan arwana silver.

Baca juga: 18 Jenis Ikan Guppy Termahal dan Tercantik yang Pecinta Ikan Hias Harus Tahu

10. Jenis Ikan Arwana Arapaima Gigas

Jenis Arwana Arapaima Gigas

4.bp.blogspot.com

Ikan arwana arapaima gigas adalah ikan air tawar terbesar di dunia. Ikan kerabat arwana ini, pada saat dewasa dapat mencapai panjang lebih dari 3 meter, dengan berat sampai dengan 200 kg. Mereka termasuk dalam ikan yang bernapas dengan mengambil udara langsug dari atmosfer. Oleh sebab itu, ikan ini harus muncul ke permukaan setiap 5-20 menit sekali, tergantung pada ukurannya. Ikan muda, biasanya muncul dipermukaan setiap 5 menit sekali, sedangkan ikan dewasa muncul setiap 18-20 menit sekali.

Arawana arapaima hanya ditemukan di Amazon dan sistem sungai Essequito. Seperti halnya ikan arwana di kita, mereka termasuk dalam daftar satwa langka yang dilindungi olah CITES, IUCN dan dilindungi dengan undang-undang di Guyana. Di habitatnya, Arwana arapaima adalah sumber pakan bagi penduduk setempat. Sampai bulan Desember 2001, populasi mereka diperkirakan kurang dari 850 ekor di wilayah Hutan Iwokara pada ekosistem lahan basah Rupununi. Arawana arapaima mempunyai lidah sepanjang kurang lebih 15 cm pada saat dewasa dan betulang, permukaannya kasar dan sering digunakan oleh penduduk setempat sabagai amplas atau kikir untuk menghaluskan permukaan kayu.

Pada saat air dilingkungan ikan arwana ini menyusut dan kadar oksigen menurun, arapaima akan menghirup udara langsung dari atomosfer. Dan jika air di lingkungannya kering, ia akan menggulungkan diri membentuk bola, dan membenamkan diri dalam lubang sampai air kembali datang.

Demikian 10 jenis-jenis ikan arwana termahal dan paling bagus beserta gambar ikan arwana yang sering di buru oleh para pecinta ikan hias dan ada juga yang membeli ikan hias arwana ini untuk menolak arwah atau hal-hal lain yang mereka percaya. Namun saya kagum dengan keindahannya saja, tidak percaya dengan penolak arwah dan lain-lainnya.

Semoga bermanfaat.

Baca juga: Inilah Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara dan Paling Populer Di Indonesia

24 comments:

  1. Terima kasih gan infonya sangat membantu sekali. ditunggu artikel selanjutnya
    VIMAX |
    OBAT PEMBESAR PENIS |
    ALAT BANTU SEX |
    VIAGRA |
    CELANA HERNIA |
    ALAT BANTU SEX |
    SEX SHOP |

    ReplyDelete
  2. Itu klo dipelihara di aquascape bisa gak gan...? Apa kagak merusak?

    ReplyDelete
  3. JANGAN MENUNDA KESEMPATAN UNTUK MENJADI JUTAWAN
    Gabung Sekarang Juga !!! Jangan mengaku jagonya main poker & domino kalau belum bermain di POKER TOYOTAQQ.
    HUB KAMI LEWAT:
    Livechat WWW.TOTOTAQQ.COM
    BB : 2BE327EC
    Gabung Di Sini, Lebih Banyak Menangnya !!!

    ReplyDelete
  4. Wah Ikan nya Bagus yah Gan
    MANTAP!!!
    Numpang promosi juga yah gan


    Agen poker online

    Sakong Online

    Situs Poker Terpercaya

    ReplyDelete
  5. Thanks infonya, jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2MBC6vZ

    ReplyDelete
  6. Buat member Poker Online Uang Asli yang aktif di mari pula jutaan yang senantiasa online buat melaksanakan aktivitas berjudi di mari tiap harinya. Sehingga jangan takut buat memperoleh lawan yang balance dengan keahlian kamu. Tempat mainnya pula bersih serta dipastikan pihak bandar tidak turut campur ataupun pihak yang lain. Seluruhnya disediakan buat para member yang formal bergabung saja.

    ReplyDelete
  7. I really like this article ,, if there is also a good chance you can play to our place here Syair Togel thank you very much

    ReplyDelete
  8. Hi Kak,

    Perkenalkan saya merlyn dari situs hl8 ingin mengajak anda untuk berkerjasama dengan kami perihal affiliasi hl8 disini anda bisa mendapatkan komisi sebesar 40% setiap bulannnya dari member yang anda bawa ke website kami.


    apabila anda tertarik silahkan hubungi kami di affiliate@hl8asia.com

    Terima kasih,
    Merlyn

    ReplyDelete